Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 5 Jenis Mata Uang Kripto Paling Populer

Jenis Mata Uang Kripto Paling Populer

Seperti dilansir dari laman Bisnis.Tempo.co, telah terjadi lonjakan harga aset kripto Ethereum (eth) yang mana nilainya melampaui Bitcoin. Jika dikonversikan ke rupiah, eth to idr nilainya bisa tembus US$ 3.054 atau sekitar Rp 44 juta (perkiraan nilai tukar Rp 14.428 per dolar AS). Angka tersebut meningkat sebesar 1.400 persen dibanding posisi tahun lalu.

Tidak sedikit para investor memperkirakan jika posisi Bitcoin tidak akan tergeser sebagai mata uang kripto paling populer. Namun faktanya, Ethereum mampu menembus angka yang sangat fantastis, sehingga membuat Ethereum sempat menjadi sorotan perhatian dunia, selain Bitcoin.

Lantas, apakah hanya Bitcoin dan Ethereum saja yang paling populer di dunia? Sebenarnya masih ada jenis mata uang kripto yang juga sama-sama populer. Sebelum membahas lebih jauh jenis mata uang kripto paling populer, mari kita cari tahu terlebih dulu pengertian dari uang kripto itu sendiri.

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Uang Kripto?

Cryptocurrency atau kita mengenalnya dengan sebutan uang kripto terdiri dari dua suku kata, yakni cryptography yang artinya kode rahasia dan currency yang berarti mata uang. Jadi uang kripto adalah mata uang virtual yang dilindungi oleh sebuah kode rahasia.

Sederhananya, uang kripto merupakan mata uang yang dilengkapi dengan sandi-sandi rahasia yang cukup rumit yang berfungsi untuk melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini.

Berbeda dengan mata uang konvensional, mata uang kripto menggunakan kriptografi sebagai jaminan perlindungan keamanan. Metode kriptografi sendiri digunakan untuk melindungi informasi serta saluran komunikasi melalui penggunaan kode. 

Apa Itu Mata Uang Kripto

Metode kriptografi telah dikenal sejak zaman Perang Dunia II, di mana Jerman merupakan salah satu negara yang menggunakan kriptografi untuk mengirim kode-kode rahasia agar tidak mudah terbaca oleh pihak musuh.

Agar penggunaan mata uang kripto tidak mudah dimanipulasi, maka digunakanlah metode kriptografi, sehingga transaksi mata uang kripto tidak bisa dipalsukan.

Biasanya pencatatan setiap transaksi yang terjadi terhadap mata uang kripto berpusat di dalam sebuah sistem yang biasa disebut dengan teknologi blockchain

Jenis Mata Uang Kripto Paling Populer Saat Ini

Perlu Anda ketahui, hingga tulisan ini dimuat terdapat lebih dari 10 ribu jenis mata uang kripto yang diperdagangkan. Namun di Indonesia sendiri ada setidaknya 229 aset kripto yang telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Berikut adalah 5 mata uang kripto paling populer atau setidaknya memiliki kapitalisasi pasar terbesar dalam dollar AS (informasi ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan pasar valuasi) :

1. Bitcoin

Urutan pertama masih dipegang oleh Bitcoin sebagai mata uang kripto pertama yang hadir dengan nilai kapitalisasi atau valuasi pasar terbesar di dunia. Hingga saat ini, total valuasi pasar Bitcoin telah mencapai angka US$ 1.1 triliun. 

2. Ethereum

Sebenarnya, Ethereum adalah sebuah perangkat lunak berbasis jaringan blockchain yang dapat diakses secara bebas (open source), di mana aplikasi tersebut memiliki aset kripto yang disebut ether. Nilai kapitalisasi Ethereum sendiri di pasar berkisar US$ 500 miliar, kurang dari setengah ukuran Bitcoin.

3. Koin Binance

Koin digital terpopuler ketiga adalah koin Binance yang memiliki kapitalisasi pasar lebih dari US$ 96 miliar. Binance sendiri mengoperasikan pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia. 

4. Tether

Tether dianggap mirip "crypto-dollar", di mana nilainya harus dipertahankan dengan cara yang sama seperti dollar AS secara fisik. Namun hal ini masih menuai kontroversi, apakah Tether memiliki cadangan yang cukup untuk mendukung semua koin digitalnya. Nilai kapitalisasi Tether sendiri berkisar US$ 73 miliar.

5. Solana

Daftar nomor lima dipegang oleh Solana yang telah menjadi pemenang terbesar dari cryptocurrency teratas ini selama satu tahun dengan nilai keuntungan mencapai 10.000 persen. Nilai kapitalisasi pasar mencapai angka US$ 65 miliar.

Memilih e-Wallet Bitcoin Terpercaya

Dukungan teknologi yang terus berkembang dan internet yang semakin memadai, membuat kita semakin mudah melakukan pertukaran mata uang digital. Tidak heran jika saat ini investasi uang digital semakin diminati oleh masyarakat. 

Meski saat ini ada banyak sekali e-Wallet exchange untuk melakukan jual beli Bitcoin, akan tetapi kita tidak boleh asal-asalan dalam memilih e-Wallet untuk menukarkan mata uang digital. 

Salah satu yang bisa Anda pilih adalah Rekeningku sebagai exchange marketplace yang tepat untuk melakukan transaksi jual beli Bitcoin dan mata uang kripto lainnya. Anda bisa langsung bertransaksi melalui aplikasi di ponsel maupun melalui website.

Rekeningku memiliki beberapa keunggulan, di antaranya bebas biaya penarikan, deposit & withdraw 24/7 serta telah terdaftar dan diawasi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Sumber referensi :

[money.kompas.com] - Kripto: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Aturannya di RI

[bisnis.tempo.co] - Mengenal Ethereum Lebih Jauh, Uang Kript yang Lonjakan Harganya Salip Bitcoin

[newssetup.kontan.co.id] - 5 Mata Uang Kripto Paling Populer Saat Ini, Degecoin dan Shiba Inu Tak Masuk Daftar

2 komentar untuk "Mengenal 5 Jenis Mata Uang Kripto Paling Populer"

  1. Hemm, aku baru paham tentang kayak gini padahal udah ramai banget. Ternyata mata uang virtual, masih kurang paham sih. Tapi, waw baru tahu kalau ada 229 macam uang kripto di Indonesia. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya dan terima kasih atas kunjungannya...

      Hapus