Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yamaha Fazzio Siap Bersaing dan Diekspor ke Mancanegara

Ada sebuah kabar menarik dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), yang mana Yamaha telah siap mengekspor motor hybrid kelas 125 cc 'made in Indonesia' ini ke mancanegara. Yamaha Fazzio artinya telah siap memulai debutnya di pasar global di Indonesia.

Antonius Widiantoro, selaku Manager Public Relations, YRA & Community PT YIMM mengatakan bahwa Yamaha masih fokus memenuhi permintaan pasar dalam negeri.

Spesifikasi Yamaha Terbaru Fazzio Hybrid
Image : yamaha-motor.co.id

Ia juga menambahkan bahwa PT YIMM dipercaya principal Yamaha Jepang untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor Yamaha di pasar global. Meski telah siap secara produksi, tetapi pihaknya sedang menunggu izin principal serta permintaan dari negara lain.

"Tetapi harus tau Yamaha itu kan global factory, artinya itu kan global factory, artinya kita punya kemampuan supply kepada negara lain jika diminta negara lain, tetapi untuk saat ini kita fokus untuk memenuhi demand domestic-nya dulu. Tetapi dari segi global factory siap, kalau memang dibutuhkan, demand-nya ada, kita siap supply," ujar Anton seperti dilansir dari Detik.com.

Beberapa tipe sepeda motor Yamaha telah diekspor ke lebih dari 45 negara di 5 benua, seperti Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Perancis hingga beberapa negara di Asia, Australia dan Afrika. Tipe tersebut adalah Xmax, Nmax, Lexi, Aerox, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, MX-King dan beberapa model lainnya.

Spesifikasi Yamaha Fazzio

Produk Yamaha selalu membawa keunggulan, baik dari segi desain maupun mesin. Seperti yang diusung oleh Fazzio sendiri telah dilengkapi teknologi hybrid dan termasuk ke dalam keluarga baru Yamaha, yaitu Classy Yamaha. Produk terbaru setelah memproduksi keluarga Maxi.

Beberapa fitur keren yang disematkan adalah lampu LED, speedometer digital, smart key alias key-less dan double hook carabiner. Selain itu juga terdapat fitur Yamaha Motorcycle Connect yang bisa terhubung ke ponsel melalui aplikasi Y-Connect. Fitur serupa juga telah disematkan di All New Aerox dan All New Nmax serta R15 Connected.

Yamaha Fazzio Hybrid
Image : yamaha-indonesia.co.id

Melalui aplikasi Y-Connect, pengguna bisa melakukan beberapa hal, seperti update notifikasi telepon dan pesan, mengetahui lokasi parkir, rekomendasi perawatan (Engine Oil dan Battery/Accu), konsumsi bahan bakar serta notifikasi malfunction.

Motor bertenaga 125 cc ini telah dilengkapi dengan teknologi elektrikal yang bisa menambah daya dorong penggerak. Selain itu ada juga teknologi Blue Core Hybrid yang dilengkapi dengan dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin dan tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start (EPAS).

Dengan teknologi tersebut, membuat mesin motor jadi lebih bertenaga dan halus, terutama saat pengendara membawa penumpang, barang dan jalan yang menanjak.

Tidak hanya itu saja, fitur keren lainnya adalah One Push Start yang bisa membuat mesin cepat menyala. Lalu ada fitur Stop & Start System yang bisa mematikan mesin secara otomatis saat motor diam selama lima detik.

Beralih ke kapasitas bahan bakar, motor ini telah dilengkapi dengan tangki seluas 5,1 liter, dengan kapasitas bagasi 17,8 liter yang diklaim terbesar di kelasnya. Hal ini bisa menampung lebih banyak barang bawaan.

"Dalam kondisi normal baterai atau aki berfungsi untuk menghidupkan motor. Setelah hidup, daya baterai akan diisi kembali oleh SMG. Pada mesin Fazzio Hybrid, electric power assists start yang berasal dari daya baterai berfungsi untuk membantu tarikan awal mesin pada 3 detik pertama, dengan menggabungkan dua sumber tenaga, yaitu mesin dan EPAS," ungkap Yamaha dalam persentasinya melalui Kompas pada Senin (17/01/2022).

Semoga artikel tentang spesifikasi Yamaha Fazzio bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan, terutama bagi penyuka otomotif.

2 komentar untuk "Yamaha Fazzio Siap Bersaing dan Diekspor ke Mancanegara"

  1. Wah ini mah keren banget style-nya, klasik tapi keren dan elegan. Hemm, modelan vespa cuma ini yang versi modern.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mba. Semakin ke sini model motornya semakin stylish, mengikuti tren yang berkembang...

      Hapus