Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak 5 Tips Memilih Asuransi Kendaraan yang Tepat

Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Musibah bisa menimpa siapa saja dan di mana saja, bahkan di jalan raya sekalipun saat Anda berkendara. Selain berhati-hati dan disiplin dalam berkendara, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menambahkan proteksi diri, seperti membeli asuransi jiwa maupun asuransi kendaraan.

Perlu Anda ketahui, kendaraan merupakan salah satu aset berharga yang memiliki value yang cukup tinggi. Hal ini membuat sebagian orang merawat dan melindungi aset tersebut sebaik mungkin. Salah satunya dengan cara membeli produk asuransi kendaraan.

Salah satu fungsi dari asuransi kendaraan adalah untuk memberikan perlindungan dan menjamin Anda dari berbagai kemungkin yang terjadi, misalnya risiko banjir, bencana alam, huru-hara, kecelakaan atau kebakaran. Berbagai kejadian tersebut tentu saja tidak bisa diprediksikan bukan?

5 Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Asuransi juga sebagai bentuk ikhtiar dalam memberikan perlindungan serta antisipasi dari berbagai macam hal yang mungkin saja bisa merugikan finansial Anda saat terkena musibah. 

Asuransi Kendaraan

Memilih asuransi kendaraan memang sebaiknya dengan teliti. Nah, sebelum Anda membeli asuransi mobil, sebaiknya simak tips memilih asuransi kendaraan berikut ini :

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih asuransi kendaraan, sebaiknya ketahui secara detail kondisi kendaraan Anda. Caranya adalah dengan mengecek bagian mobil secara keseluruhan, mulai dari kondisi mesin, kondisi bodi kendaraan, usia kendaraan dan hal-hal lainnya yang menjadi pertimbangan.

Dengan menerapkan langkah di atas, memudahkan Anda dalam memilih jenis asuransi kendaraan yang tepat. Anda juga perlu memahami, bahwa ada dua jenis asuransi pada kendaraan :

  • Asuransi All Risk atau Comprehensive

Jika Anda memilih asuransi jenis ini, hampir seluruh risiko yang terjadi dengan kendaraan Anda akan dijamin, baik itu kecelakaan besar maupun kecelakaan kecil.

  • Asuransi total loss only (TLO)

Jenis asuransi TLO hanya akan menjamin kerusakan pada kendaraan milik Anda di atas 75 persen saja. Ini berarti kerusakan kecil yang Anda alami tidak akan dijamin oleh asuransi.

2. Sesuaikan dengan kondisi bujet

Anda tentu ingin memberikan perlindungan yang terbaik untuk kendaraan Anda, dengan memilih asuransi terbaik dengan premi yang terbaik pula. Namun Anda perlu mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan finansial Anda.

Jangan sampai Anda memaksakan untuk membeli premi yang mahal dan terbaik, tetapi Anda tidak mampu untuk membayar premi setiap bulannya. Selain bisa menimbulkan masalah di kemudian hari, hal ini juga akan membuat rencana keuangan Anda berantakan.

3. Cari tahu benefit yang diberikan

Sebelum Anda membeli asuransi kendaraan, sebaiknya ketahui dulu apa saja benefit dan layanan yang diberikan. Namun biasanya, ada beberapa jenis layanan yang bisa Anda pertimbangkan, misalnya layanan contact center, layanan darurat 24 jam hingga kemudahan proses klaim.

Dengan mengetahui jenis benefit dan layanan yang Anda dapatkan, Anda bisa berkendara dengan lebih tenang. Karena pada dasarnya setiap orang menggunakan asuransi adalah untuk membantu mengurangi beban risiko yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

4. Cari tahu risiko yang dijaminkan

Penting bagi Anda untuk mengecek risiko apa saja yang dijaminkan. Caranya dengan membaca polis secara seksama dan detail. Biasanya di dalam polis dicantumkan poin apa saja yang akan dijamin oleh pihak asuransi.

Jangan sungkan untuk bertanya secara detail jika ada poin yang belum Anda pahami. Hal ini penting dilakukan agar tidak timbul masalah baru di kemudian hari. Seperti yang tertuang pada ketentuan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 1 (satu).

5. Pilih layanan perusahaan asuransi yang tepat

Tips yang satu ini penting untuk Anda terapkan, agar Anda tetap aman selama berasuransi. Salah dalam memilih perusahaan asuransi, membuat Anda mengalami banyak kerugian, baik waktu maupun finansial. Selektif dalam memilih adalah prioritas bagi Anda.

Seperti kita ketahui, saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan layanan asuransi, yang mana akan membuat Anda cukup bingung dalam memilih produk asuransi yang tepat untuk Anda.

Sebelum membeli produk asuransi untuk kendaraan Anda, cari tahu terlebih dulu reputasi perusahaan tersebut. Selain itu pastikan juga bahwa perusahaan asuransi yang Anda pilih telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah melihat track record dari perusahaan tersebut dengan cara mencari informasi kapan perusahaan tersebut telah berdiri dan melihat ulasan atau testimoni melalui media sosial atau website perusahaan.

Cari Informasi Perusahaan Asuransi Lewat Lifepal

Mencari informasi akurat seputar perusahaan asuransi memang tidaklah mudah. Apalagi saat ini ada begitu banyak perusahaan asuransi. Tentu akan membuat Anda bingung bukan? 

Sebagai solusinya agar tidak bingung lagi, Anda bisa langsung mengunjungi website www.lifepal.co.id.

Lifepal merupakan sebuah platform online marketplace asuransi yang memudahkan Anda dalam memilih asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. 

Hingga saat ini, Lifepal telah bekerja sama dengan lebih dari 40 perusahaan asuransi di Indonesia, dengan produk asuransi yang beragam, di antaranya asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi motor, asuransi mobil dan asuransi syariah.

Melalui Lifepal, pengunjung juga bisa membandingkan produk asuransi yang satu dengan yang lainnya, sehingga Anda bisa mendapatkan asuransi terbaik dengan harga termurah. Selain itu juga tersedia fitur kalkulator untuk menghitung berapa kredit yang ideal, sehingga sesuai dengan kondisi keuangan.

Setidaknya terdapat dua produk asuransi yang bisa Anda pilih untuk kendaraan Anda, yakni Mega Insurance dan Asuransi Mobil ACA.

Mega Insurance

Mega Insurance telah berdiri sejak 1956 dan dikelola oleh PT Asuransi Umum Mega. Mega Insurance telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor 5634/MD1986 tanggal 29 Maret 1986. Dan telah terdaftar secara resmi sebagai anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Asuransi Mobil ACA

Asuransi mobil ACA hadir dengan pilihan polis All Risk yang akan menanggung semua jenis kerusakan, seperti baret, penyok dan kerusakan besar. Selain itu juga tersedia polis Total Lost Only (TLO) yang akan mengganti kerusakan total saja.

Demikian 5 tips memilih asuransi kendaraan yang bisa Blogmashendra.com bagikan. Mudah-mudahan tips di atas bisa membantu Anda yang masih belum tahu bagaimana mendapatkan produk asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Simak 5 Tips Memilih Asuransi Kendaraan yang Tepat"