Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, maka ketika orang tua kita sudah meninggal, kita senantiasa diwajibkan untuk mendoakan mereka agar selamat di akhirat. Sebagaimana hadits di bawah ini, doa seorang anak yang sholeh akan terus mengalir amalannya untuk orang tuanya yang sudah meninggal.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu berkata : Rasulullah bersabda, "Apabila manusia itu meninggal dunia, maka terputuslah segala amalnya, kecuali tiga, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim)

Berikut kumpulan doa yang bisa diamalkan oleh seorang anak untuk orang tua yang sudah meninggal.

1. Lafal doa pendek untuk mendoakan kedua orang tua

Dikutip dari nu.or.id, berikut doa yang bisa dibacakan seorang anak untuk kedua orang tuanya :

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya :

"Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Bacaan doa ini termasuk doa pendek yang umum dibaca sehari-hari setiap selesai shalat.

2. Doa untuk orang tua yang meninggal

Berikut doa untuk orang meninggal, yaitu untuk orang tua yang sudah meninggal :

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min adzaabin naar.

Artinya :

"Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka."

Jika yang sudah meninggal adalah Ibu (perempuan), maka lafadz 'hu' diganti menjadi 'ha' dan jika keduanya sudah meninggal, maka lafadz 'hu' diganti menjadi 'huma'.

3. Ditutup dengan doa sapu jagad

Mendoakan orang tua yang sudah meninggal sebaiknya ditutup dengan doa sapu jagad, salawat Nabi dan Surat Al-Fatihah sebagai berikut :

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ علَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ. اَلْفَاتِحَةْ …

Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin, wa ‘alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn. Al-Fatihah.

Artinya :

"Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha Suci Allah, Tuhan pemilik kemuliaan dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan salawat dan salam kepada Nabi Muhammad Shallalahu 'alaihi Wasallam, keluarga dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian Alam. (selanjutnya baca Surat Al-Fatihah)."

Itulah beberapa doa yang bisa diamalkan untuk orang tua yang sudah meninggal. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal"