Manfaat Melihat Warna Hijau

Foto Sawah di Tegal - Blog Mas Hendra
Sejuknya melihat pemandangan sawah.

Setiap saya mudik, biasanya saya selalu menyempatkan untuk melihat pemandangan, baik berupa hamparan sawah yang hijau maupun pepohonan yang rimbun. Hal ini saya lakukan, karena teringat dengan sebuah penelitian yang mengatakan, bahwa manfaat melihat warna hijau akan memberikan efek yang dapat menyejukkan mata, meredam stress, mendatangkan rasa nyaman dan juga mengurangi tingkat ketegangan.


Atmosphere yang saya rasakan, meskipun sama-sama melihat tumbuhan hijau di desa maupun di kota (Jakarta) sangatlah berbeda. Jika di desa selain didominasi dengan pepohonan dan sawah yang berwarna hijau, udara yang dihasilkan juga jauh lebih sejuk dan dingin ketimbang di kota. Yang jelas alasannya sih karena udara di kota sudah bercampur dengan asap polusi yang berasal dari kendaraan maupun pabrik.


Pepohonan Rindang - Blog Mas Hendra

Kembali ke efek warna hijau, banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari efek spesifik dari tiap warna, salah satunya adalah Donald Lapore dalam “The Ultimate Healing System”, mengatakan bahwa warna hijau dapat menghadirkan keseimbangan, simpati dan ketakziman cinta. Selain itu warna hijau juga dapat membantu area hati terus stabil dengan menciptakan harmoni dan harapan,serta baik untuk relaksasi yang akan membantu menyeimbangkan emosi. (bundakonicaredotcom)

Itulah sebabnya, mengapa para pakar kesehatan menyarankan kepada para pekerja kantoran yang sering bekerja di depan layar monitor, agar rutin melihat objek jauh atau objek yang berwarna hijau, seperti pemandangan/tumbuhan berwarna hijau untuk mengurangi kelelahan pada mata.

Fungsinya adalah untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. Dan sebaiknya aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, setiap berapa menit sekali, agar mata selalu segar dan terjaga kesehatannya.

Nah itulah sebabnya mengapa tingkat stress orang kota lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang di desa, karena orang kota jarang sekali berinteraksi dengan objek yang berwarna hijau, yang menyebabkan perasaannya cenderung labil, emosi dan kurangnya relaksasi. Satu-satunya interaksi yang dilakukan dengan objek berwarna hijau hanyalah duit gajian, itupun langsung ludes. #eh…

Bagaimana mau rutin berinteraksi dengan tumbuhan berwarna hijau, pohon-pohon yang ada saja semakin berkurang dan taman kota sangat sedikit. Sementara pertumbuhan gedung-gedung perkantoran, Mall dan perhotelan meningkat dengan pesat.

Jadi buat teman-teman yang sering merasa stress, emosinya labil atau matanya sering lelah, sebaiknya sesekali memandangi objek yang berwarna hijau, seperti pepohonan atau sawah, agar dapat memberikan manfaat yang positif bagi mata dan juga tubuh.

Baca juga artikel menarik lainnya :
Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Tubuh

Demikian artikel tentang manfaat melihat warna hijau. Semoga bermanfaat buat kita semua.

You May Like This :


EmoticonEmoticon