6 Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi Bagi Tubuh

Ketika mendengar makanan sehat, apa yang terlintas di pikiran Anda?? Makanan organik atau jenis makanan mahal?! Seperti kita ketahui, tidak sedikit orang yang langsung mendeskripsikan bahwa makanan sehat hanya dapat dijumpai di restoran mewah dan mahal. Tentu saja pandangan ini keliru, karena pada kenyataannya, makanan sehat dapat diperoleh dengan cara yang mudah serta harga terjangkau.


Sebelum kita mengetahui manfaat makanan sehat dan bergizi bagi tubuh, kita ketahui terlebih dulu pengertian dari makanan sehat dan bergizi serta kandungan yang wajib ada didalamnya.

Baca juga artikel lainnya : Mengatur Pola Makan yang Baik



Makanan sehat dan bergizi adalah makanan yang mengandung gizi yang seimbang, kaya akan serat dan zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh serta bermanfaat bagi tubuh Anda. Selain itu, makanan sehat juga harus bebas dari bahan-bahan yang dapat membahayakan tubuh, seperti pemanis buatan, pengawet dan pewarna.

Dilihat dari kandungannya, makanan sehat adalah makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, protein dan lemak tak jenuh. Pada dasarnya lemak memiliki peranan penting bagi tubuh, hanya saja takarannya yang perlu dibatasi.
Makanan sehat dan bergizi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari oleh tubuh sebab ada begitu banyak manfaat yang dirasakan oleh tubuh, sehingga mampu untuk menjaga kesehatan organ tubuh, tulang dan juga otot. Tanpa memandang usia, mengonsumsi makanan yang sehat merupakan hal yang sangat penting, bahkan sebaiknya kebiasaan ini dimulai sejak usia dini.




Setiap hari, tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang yang terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, air, mineral serta berbagai vitamin lainnya, guna menjaga kesehatan tubuh Anda, sehingga dapat menunjang aktivitas sehari-hari dengan lancar dan prima.

Mengapa zat-zat tersebut diatas begitu penting bagi tubuh? Berikut adalah infografis penjelasannya :



Selain menerapkan pola hidup yang sehat, tubuh juga butuh asupan nutrisi yang tepat dengan cara rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Pola hidup sehat selalu mengedepankan asupan buah dan sayuran serta sumber protein yang tinggi, sehingga dapat membantu penyerapan zat gizi yang lebih optimal. Dan berikut adalah 6 manfaat makanan sehat dan bergizi bagi tubuh yang perlu Anda ketahui :

💚1. MENINGKATKAN SISTEM IMUN DALAM TUBUH 💚
Jika Anda ingin meningkatkan sistem imun dalam tubuh, mulai sekarang perhatikan menu makanan yang Anda konsumsi. Untuk mewujudkannya, sebaiknya Anda mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup bagi tubuh. Mengapa demikian? Karena buah dan sayuran memiliki khasiat serta banyak vitamin yang terkandung didalamnya, sehingga akan membentuk sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik. Salah satu jenis vitamin yang penting untuk dikonsumsi adalah vitamin C.

Vitamin C ditemukan pada beragam jenis buah-buahan, seperti jeruk, mangga, strawberry dan buah kiwi. Sayuran yang mengandung vitamin C juga dipercaya akan menyehatkan tubuh serta menghindarkan Anda dari berbagai penyakit.

💚 2. MEMBUAT TUBUH TERASA LEBIH SEGAR 💚
Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh, rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga dipercaya mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar. Dengan demikian, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas setiap hari dengan lancar tanpa merasakan lelah yang berarti.

Selain itu, kondisi tubuh yang selalu dalam keadaan sehat dan segar, maka akan meningkatkan produktivitas harian Anda.


💚 3. MENURUNKAN BERAT BADAN 💚
Mengonsumsi beragam buah dan sayuran menjadi makanan yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Selain menyehatkan dan bergizi, mengonsumi buah-buahan dan sayuran mengandung kalori rendah dan bebas lemak sehingga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Cara ini dinilai cukup ampuh dalam upaya program penurunan berat badan, selain itu juga tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

💚 4. MENCEGAH DAN MENGOBATI PENYAKIT KANKER 💚
Kanker menjadi salah satu mesin pembunuh mematikan di dunia. Pada tahun 2012 lalu, menurut catatan WHO, setidaknya kanker tercatat sebagai salah satu dari 20 macam penyakit yang paling mematikan di dunia. Dan diperkirakan dalam 20 tahun ke depan, jumlah pengidap kanker bisa meningkat hingga mencapai 70%. 

Untuk mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh, Anda bisa mencoba untuk rutin mengonsumsi buah dan sayuran yang dipercaya mampu untuk memperbaiki sel-sel di dalam tubuh. Terutama jenis buah-buahan yang berwarna ungu dan merah. Buah ini mengandung lycopene (likopen) dan anthocyanin (antosianin) dalam jumlah yang cukup tinggi. Kedua zat ini memiliki khasiat antioksidan yang kuat. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ karena berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh.

Buah-buahan yang baik untuk mencegah sel kanker adalah  tomat, delima, anggur, berry (strawberry, blueberry, cranberry, raspberry dan jenis berry lainnya), buah naga, nanas dan sirsak.

💚 5. MENGENDALIKAN TEKANAN DARAH DALAM TUBUH 💚
Sebuah laporan kesehatan yang dikeluarkan oleh National Heart, Lung and Blood Institute pada tahun 2002 dan 2003 silam, memberikan saran bahwa penyesuaian gaya hidup dapat membantu mencegah dan mengobati hipertensi. Para ahli sepakat bahwa  langkah pertama yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Ketika tekanan darah Anda tinggi, Anda berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung, gagal ginjal, stroke dan berbagai penyakit serius lainnya. Zat yang dipercaya ampuh untuk menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh adalah potasium atau disebut juga kalium. 

Potassium merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang mengandung potassium cukup tinggi. 

Dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung potassium tinggi, akan membantu untuk menyeimbangkan tekanan darah di dalam tubuh, sehingga tekanan darah akan selalu stabil. Berikut adalah jenis buah dan sayuran yang mengandung potassium cukup tinggi :




💚 6. MELANCARKAN PENCERNAAN 💚
Rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga mampu membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan kandungan serat di dalam makanan sehat dan bergizi membantu melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh, sehingga buang air besar pun menjadi lebih lancar. 

Oleh karenanya, bagi seseorang yang sulit untuk buang air besar, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi serat yang terkandung di dalam buah dan sayuran agar feses menjadi lunak dan mudah untuk dikeluarkan (BAB menjadi lancar).


Jangan korbankan kesehatan Anda hanya karena padatnya aktivitas dan kesibukan dengan mengonsumsi sembarang makanan, seperti makanan cepat saji (junk food). Beralihlah dengan menerapkan gaya hidup sehat, dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.


Yuk mulai dari sekarang biasakan hidup sehat dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi bagi tubuh, serta rutin berolah raga.

Semoga bermanfaat.

Referensi :

kesehatanmanusiadotcom
hellosehatdotcom
halosehatdotcom
alodokterdotcom

You May Like This :


EmoticonEmoticon