Atasi Gejala Mata Kering Dengan Insto Dry Eyes

Obat Tetes Mata Insto

Belum lama ini, aktivitas saya agak sedikit terganggu dan akibatnya bekerja pun menjadi kurang fokus. Hal ini disebabkan karena kedua mata saya bermasalah. Awalnya mata terasa sepet, pegel, perih dan kemerahan. Kadang disertai rasa gatal. Tidak hanya itu saja, sewaktu saya melihat cahaya matahari di luar rumah, mata saya jadi agak sedikit sensitif. Pokoknya mata terasa kurang nyaman untuk diajak beraktivitas sehari-hari.


Untuk mengurangi rasa gatal di mata yang sering timbul, seringkali saya mengucek mata sampai lupa diri. Karena saking asyiknya, aktivitas ini malah membuat kondisi mata saya bertambah gatal. Ternyata mengucek mata saat terasa gatal bukan solusi yang tepat guys.

Mengucek mata hanya akan membawa kuman dan bakteri yang menempel di tangan ikut masuk ketika kita mengucek mata. Apalagi kalau kita kita tidak cuci tangan terlebih dulu, sudah bisa dipastikan kuman dan bakteri yang menempel di tangan juga ikut andil akan memperburuk kondisi mata loh. Bahkan bisa menyebabkan infeksi.

Sebelum membaca lebih jauh bagaimana pengalaman saya sewaktu terkena gejala mata kering, yuk kita cari tahu dulu apa saja yang menjadi penyebab gejala mata kering.

KENALI PENYEBAB MATA KERING
Untuk mendapatkan informasi secara detail, biasanya saya selalu mencari artikel melalui internet, apa yang menjadi penyebab mata gatal dan kemerahan. Ternyata menurut informasi, beberapa masalah kesehatan pada kedua mata yang saya alami merupakan gejala mata kering, suatu kondisi di mana mata tidak mendapat pelumasan yang memadai dari air mata. Kondisi ini membuat mata tidak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata.

Penyebabnya biasanya karena produksi air mata berkurang, entah karena usia sudah tua, penyakit tertentu (diabetes, rheumatoid arthritis, lupus, skleroderma, sindrom Sjogren dan gangguan hormon tiroid), konsumsi obat-obatan tertentu dan kerusakan kelenjar air mata karena radiasi atau karena operasi laser mata.

Kalau membaca penyebab yang ditulis di atas, usia saya 37 tahun, perasaan belum tua-tua amat, hehehe. Terus karena konsumsi obat-obatan tertentu, sementara saya lagi gak minum obat apapun. Lalu karena radiasi atau operasi, nah ini apalagi, saya gak pernah melakukan operasi apapun.

Akhirnya sampai pada penjelesan berikutnya. Ternyata ada beberapa aktivitas yang disinyalir menjadi penyebab mata kering (air mata lebih cepat menguap). Mungkin kalian juga melakukan aktivitas yang sama bukan?

Kalian penasaran aktivitas apa saja yang biasa saya lakukan, sehingga kedua mata saya bermasalah? Berikut pengalaman saya :

1. Mata Sering Terkena Paparan Angin
Ini pelajaran penting bagi kalian yang sering naik motor tanpa memakai pelindung mata, seperti kacamata atau memakai helm dengan bagian kaca menutupi wajah.

Setiap saya berangkat kerja ke kantor, saya selalu naik motor dalam waktu yang cukup lama, yakni 1-1,5 jam. Terkadang karena situasi tertentu, kaca helm sengaja saya buka biar view terlihat lebih jelas, terutama di malam hari, karena lampu kendaraan dari arah berlawanan maupun dari kaca spion motor cukup silau.

Hasilnya sudah bisa ditebak, paparan angin, asap kendaraan dan juga debu langsung mengenai mata saya. Secara reflek, saya selalu mengucek mata karena mata saya kelilipan debu.

FYI, debu yang berterbangan biasanya membawa partikel-partikel kecil yang membawa dampak kurang baik bagi kesehatan mata. 

Tidak hanya bisa menyebabkan mata iritasi saja, tapi paparan angin yang langsung mengenai wajah, bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit bell's palsy.

2. Terpapar AC Dalam Waktu yang Cukup Lama
Kantor di tempat saya bekerja selalu menggunakan AC selama beroperasi. Mau tidak mau kondisi ini membuat mata saya terus terpapar AC dalam waktu yang cukup lama, yakni sembilan jam bekerja.

Tidak hanya di kantor saja, saat cuaca cukup panas, saya juga seringkali menyalakan AC. Apalagi kedua anak saya sering kegerahan kalau siang hari.

Meski udara dari AC terasa sejuk dan membuat kita nyaman, tapi ternyata guys, hembusan angin dari AC bisa membawa dampak kurang baik bagi kesehatan mata. Apalagi kalau langsung mengenai badan kita. Kalau terlalu lama kena hembusan AC, bisa membuat kulit kering, termasuk mata.

Hembusan angin AC disinyalir menjadi salah satu penyebab sindrom mata kering. Hal ini disebabkan ketika udara bersirkulasi melalui ventilasi atau kipas langit-langit, hal tersebut akan menyebabkan air mata menguap lebih cepat.

3. Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer
Pekerjaan saya sebagai receptionist menuntut saya untuk selalu berada di depan komputer, mulai dari menerima reservasi, membalas email tamu hingga menyusun berbagai laporan. 

Selain itu, ketika hari libur, saya terbiasa ngeblog menggunakan laptop dalam waktu yang cukup lama, karena ngeblog sudah menjadi hobi saya, maka saya selalu keasyikan di depan laptop selama berjam-jam.

Tahukah kalian, kalau kita terlalu lama menatap layar komputer atau laptop, ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan. 

Dalam ilmu medis, ada beberapa penyakit yang mengintai, seperti mata tegang, penglihatan kabur, penglihatan ganda, mata kering dan merah, nyeri pada leher dan bahu serta sensitif terhadap cahaya.

Pasalnya, sewaktu kita bekerja di depan komputer atau laptop, kita cenderung jarang berkedip dan harus fokus pada satu titik terus menerus dalam waktu cukup lama. Mata kita bergerak maju-mundur dan kanan-kiri saat menatap layar. Mata akan bereaksi cepat terhadap setiap perubahan gambar di layar, sehingga dapat memproses apa yang kita lihat. Semua aktivitas ini membutuhkan banyak tenaga dari otot mata.

4. Terlalu Sering Menatap Layar Smartphone
Sebagai seorang bloger, selain menggunakan laptop, saya juga menggunakan smartphone untuk mendukung aktivitas blogging, mulai dari aktif di sosial media, blog walking dan share artikel ke sosial media. 

Tidak hanya buat ngeblog saja, saya juga sering menonton video dan bermain game di smartphone.

Tanpa saya sadari, menatap layar smartphone terlalu lama, ternyata bisa menyebabkan otot mata menjadi tegang dan mata kering, karena mata kesulitan untuk memproduksi air mata. 

Bahkan menurut guru besar sosiologi kesehatan Harvard, Profesor Steven Gortmaker melakukan sebuah studi dan menjelaskan bahwa layar smartphone memiliki sinar biru yang dapat merusak retina mata bila organ penglihatan tersebut terpapar dalam waktu cukup lama.

Lalu bagaimana solusinya?

SEGERA OBATI MATA KERING DENGAN INSTO DRY EYES
Setelah saya tahu apa penyebab masalah pada mata saya, saya langsung teringat dengan obat tetes mata merk Insto, karena jujur saja, brand ini sudah sangat familiar bagi saya dan juga di tengah masyarakat.

Obat Tetes Mata Insto - Blog Mas Hendra

Kalau sakit mata pasti ingatnya bilang beli Insto, karena merk ini sudah lebih dulu ada di tengah masyarakat. 

Berhubung mata saya terasa sepet dan pegel, produk yang saya beli adalah Insto Dry Eyes berwarna biru. Harganya sangat terjangkau, yakni hanya Rp 14.500 di Indomaret. Insto juga sudah tersedia banyak di mini market, super market, apotek dan toko obat. Pemakaiannya juga sangat mudah, cukup diteteskan pada mata, dan mata dikedip-kedipin sedikit supaya obatnya dapat masuk meresap ke dalam mata.

Alasan Memilih Obat Tetes Mata Merk Insto - Blog Mas Hendra

Semenjak saat itu, saya menyarankan kepada istri untuk selalu stock Insto di rumah. Untuk mencegah sewaktu-waktu mata saya bermasalah lagi. Apalagi aktivitas yang saya lakukan setiap harinya, beresiko gejala mata kering akan kambuh kembali. Tapi sekarang saya tidak perlu khawatir lagi semenjak sedia Insto di rumah.



Sebelum saya menutup artikel ini, berikut adalah tips-tips yang bisa kalian coba terapkan untuk mengatasi gejala mata kering, agar kondisi mata tidak bertambah parah :


Nah itu tadi pengalaman saya sewaktu kena sindrom mata kering. Jadi kalau kalian mengalami gejala-gejala seperti, mata kering, mata sepet, mata pegel, mata perih dan mata lelah, jangan tunda lagi segera obati dengan Insto ya guys. Dengan Insto, by mata kering!

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

14 comments

Mata kering emang mengganggu banget kalo gak segera diatasi. Apalagi kalau lagi banyak kerjaan. Pasti bikin gak nyaman

Insto dry eyes bener-bener andalan para pekerja konten yg setiap hari bertatapan dengan gadget. Sayapun sedia insto dirumah

insto ini sudah legend banget sejak saya kecil dulu , btw saya sudah follow juga bang makasih

mantap mas bro, emang ya paling bagus itu mencegah. tapi kalo di zaman now kayaknya sulit ya karena laptop dan smartphone itu udah jadi kebutuhan.

salam blogger dan salam HOKI

@Aminnatul : Nah betul banget Mba, makanya selalu sedia Insto, jaga-jaga kalo sindrom mata kering kembali menyerang

@Diary Novri : Perlu banget sedia Insto bagi seseorang yang memang aktivitasnya sering ndadepin gadget, kayak bloger, receptionist dan lainnya

@Abd Kadir Rusdi : Brand legen Insto ini Kang

@Alfian Hoki : Maka dari itu penting banget mengetahui cara menjaga kesehatan mata serta cara mengatasi sindrom mata kering, biar penanganannya tepat

Infonya bermanfaat banget. Saya itu sering banget ngabisin waktu seharian di layar laptop dan layar ponsel. Mata kering udah jadi hal biasa. Mungkin nanti bisa saya coba menggunakan Insto Dry Eyes ini.

@Handayat : Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa sedia Insto supaya sindrom mata kering bisa diatasi dengan cepat

Pekerjaan sehari-hari menuntut aku di depan laptop dan hape terus menerus. Mata jadi pegel, lelah, akhirnya penglihatan dan aktovitas jadi terganggu. Insto emang membantu sekali, dan praktis dibawa kemana2.

@Desy : pastinya harus stock dong Mba Desy, biar sewaktu-waktu mata pegel, bisa segera diatasi

Aku pun selalu bawa si kecil ini di dalam tas bang, hehehe praktisss dan murah yess untuk melumaskan mata

@Joe Candra : Kita semua butuh yang praktis bukan?


EmoticonEmoticon