5 Hal yang Bisa Menghambat Aktivitas Ngeblog Plus Solusinya

5 Hal yang Bisa Menghambat Aktivitas Ngeblog Plus Solusinya - Blog Mas Hendra

Hobi yang satu ini memang memberikan banyak manfaat bagi mereka yang menekuninya. Berawal dari hobi menulis, aktivitas ngeblog bisa berkembang menjadi sebuah bisnis yang cukup menjanjikan, tentu saja harus dibarengi dengan konsistensi tinggi dan kerja keras untuk mencapainya. Tapi kembali lagi ke tujuan awal ngeblog yang dilakukan oleh setiap orang, tentu berbeda, ada yang hanya sekedar iseng menulis curhatan hingga memonetisasi blog dengan maksimal.


Mengelola blog memang tidak semudah melupakan mantan (karena membalikan telapak tangan sudah terlalu mainstream), tapi juga tidak sulit-sulit amat. Artinya siapapun bisa melakukannya, asal ada kemauan yang kuat untuk menjalaninya. Meski demikian, mengelola blog bukan berarti tidak pernah menemui kendala atau hambatan. Ada saja hal-hal yang disinyalir sebagai "penghambat" aktivitas ngeblog.

Hal ini adalah wajar dan bisa menimpa blogger manapun, bahkan yang sudah bertahun-tahun terjun ke dunia blog sekalipun pernah mengalaminya. Apa sajakah poin-poin tersebut? Simak ulasannya berikut ini :

1. MALAS
5 Hal yang Bisa Menghambat Aktivitas Ngeblog Plus Solusinya - Blog Mas Hendra
Rasa malas menjadi penghambat segala aktivitas, termasuk urusan ngeblog. Rasa malas tentu menurunkan semangat ngeblog. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, bukan tidak mungkin blog pun akan terbengkalai dan berimbas pada menurunnya pengunjung, karena blog kurang ter-update dengan artikel yang fresh. Sementara pengunjung menyukai artikel-artikel terbaru di blog.

Bagaimana cara menyiasatinya?
👉 Pertama, kalian harus menyusun resolusi dan menentukan target atau goal yang jelas. Susun resolusi ngeblog dengan jelas dan tepat, dengan demikian kalian akan berusaha sekuat tenaga untuk mencapainya. Misalnya target tahun ini bisa update blog 3 hari sekali. Jika target pertama sudah tercapai, maka kalian bisa meningkatkan target selanjutnya menjadi lebih baik lagi, misalnya update blog setiap hari.

Atau kalian juga bisa menyusun  target untuk meningkatkan penghasilan ngeblog dengan lebih baik lagi melalui perbaikan konten, belajar infografis, meningkatkan branding blog, hingga mempelajari teknik SEO.

👉 Kedua, kalian harus membiasakan untuk disiplin soal waktu, termasuk urusan ngeblog sekalipun. Buat jadwal ngeblog yang teratur, dengan demikian kalian akan terbiasa untuk melakukannya. Jika memang tidak bisa update artikel sesuai jadwal, buatlah punishment atau hukuman. Ibarat orang kalau telat datang bekerja, pasti akan mendapatkan punishment dari atasan bukan?

👉 Ketiga, berikan reward untuk diri sendiri ketika kalian berhasil mencapai target atau resolusi. Ibarat sebuah perusahaan yang berhasil mencapai target, tentu akan ada reward untuk para pegawainya. Pemberian reward ini bisa membangkitkan kembali gairah ngeblog yang sempat menurun, bahkan dengan sendirinya rasa malas pun akan berkurang (karena rasa malas adalah sifat dasar manusia dan tidak bisa dihilangkan).

2. KEHABISAN KUOTA INTERNET
5 Hal yang Bisa Menghambat Aktivitas Ngeblog Plus Solusinya - Blog Mas Hendra
Kehabisan kuota internet sering dialami oleh sebagian blogger. Hal ini bisa menjadi penghambat aktivitas ngeblog, karena untuk mengelola dan menerbitkan artikel diperlukan koneksi internet. Cara menyiasatinya pun cukup mudah. Manfaatkan kuota sebaik mungkin untuk maksimal digunakan ngeblog. Hindari terlalu sering membuka website yang bisa menyedot kuota, seperti misalnya menonton video di YouTube. Kalian juga bisa memanfaatkan berbagai promo yang ditawarkan oleh masing-masing operator selular.

3. KONEKSI INTERNET SERING BERMASALAH
5 Hal yang Bisa Menghambat Aktivitas Ngeblog Plus Solusinya - Blog Mas Hendra
Koneksi internet yang sering bermasalah pasti akan membuat aktivitas ngeblog menjadi terhambat, apalagi ketika dikejar deadline, tantu akan membuat kalian ketar ketir plus galau. Kualitas jaringan masing-masing operator selular di setiap daerah berbeda-beda. Kalian bisa memilih operator selular yang sinyalnya paling kenceng di tempat kalian tinggal. Sinyal yang kuat dan stabil, akan membuat koneksi internet kenceng ketika ngeblog. 

4. GADGET RUSAK
5 Hal yang Bisa Menghambat Aktivitas Ngeblog Plus Solusinya - Blog Mas Hendra
Beberapa blogger bahkan pernah mengalami kerusakan pada gadget yang biasa mereka gunakan untuk menulis artikel. Hal ini menyebabkan aktivitas ngeblog akan terhambat untuk beberapa saat. 

Sementara perangkat diservice, kalian bisa menyiasatinya dengan menulis secara offline, yakni di sebuah buku. Langkah ini untuk menjaga ide-ide atau inspirasi yang ada di kepala biar tidak hilang begitu saja. Kan sayang ide menulis sudah numpuk di kepala, tapi hilang begitu aja karena perangkat untuk menulis sedang rusak.

5. KEHABISAN IDE
5 Hal yang Bisa Menghambat Aktivitas Ngeblog Plus Solusinya - Blog Mas Hendra
Karena berbagai hal, seorang blogger juga bisa kehabisan ide atau inspirasi untuk menulis. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, maka lama kelamaan akan muncul rasa malas untuk melanjutkan aktivitas ngeblog.

Maka solusinya kalian bisa mencoba mengunjungi blog-blog lainnya atau blogwalking untuk mendapatkan ide segar atau bisa juga refreshing keluar rumah ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. Biasanya di luar sana ada begitu banyak inspirasi yang bertebaran. "THE INSPIRATION IS OUT THERE!"


💙💙💙💙💙

Jujur saja, ke-5 hal diatas pernah saya alami, makanya saya share di sini, siapa tau bisa bermanfaat. Tapi bukan berarti tidak ada solusinya bukan?. Semua ada jalan keluarnya, selama kita mau berusaha untuk mencari dan mengubahnya, agar aktivitas ngeblog yang kita lakukan bisa berjalan lancar kembali.


Demikian artikel tentang 5 hal yang bisa menghambat aktivitas ngeblog plus solusinya. Semoga bisa menambah semangat kita untuk ngeblog. 

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

21 comments

Ketik artikel dulu di ms. word setelah selesai dan siap diupload tinggal dicopypaste diblog supaya hemat kuota. Kadang-kadang saya melakukan itu hehe.

Malas rasanyaa masih penghambat utama ngeblog wkwkw rasanya bisa malas banget meskipun lg banyak ide, hiksss uda mulai balik rajin nulis lagi inii semogaa istiqomah, aamiin

@Dwira : Nah ini cara paling mudah menghemat kuota ya. Praktekin aaah

@Lucky : Semoga bisa lebih rajin lagi ya mba. Semangat!!

nomor 1, sy gak punya jadwal nge-blog. menulis pun sesempatnya saja. kadang ada ide, tapi eksekusinya lamaaaaa banget. ya karena malas itu mas. ckckckck..

Kalau saya sih nulis bebas saja kalau mau sering posting, penting ga penting buat tulisan seperti mereview warung kecil yang sederhana

Kalau saya kendalanya karena capek saja mas...kalau yang lainnya sih bisa saya atasi..tapi meski demikian tiap hari selalu didepan komputer minimal 2-3 jam.

Kyny yg no 5 itu deh penghambat utama...bha ha ha

Padahal ya mas, kalau misal kehabisan ide, kita bisa nulis tentang poin 1, 2, 3 dan 4 wahahahahaha...

Kalau soal ide, selalu ada bahkan sampai menumpuk. Kehabisan kouta hal yang biasanya menghambat dalam menulis artikel.

Hai apa kabar mas hendra? Bagi tips dong supaya blognya bisa lulus google adsense hehehe soalnya blogku msh belum lolos nih.. terima kasih sebelumnya ;D

@Rafi : Berarti biang keroknya adalah rasa malas. So, hilangkan dulu rasa malasnya, baru deh aktivitas ngeblog bisa lancar kembali

@Agoes : Setiap blogger punya caranya sendiri agar bisa posting setiap hari ya mas Agoes, walau hanya berupa review kecil-kecilan. Meski begitu, siapa tau aja bisa bermanfaat untuk pembaca loh...

@Dwi : Saya gak perlu nambahin point capek di atas kan ya?? Hehehe

@HENI Aja : Nomor 5 bisa diatasi dengan sering blogwalking ke blog lainnya

@Djangkaru : Wah patut lah bisa update setiap hari

@Retno : Hai mba Retno. Alhamdulillah baik... saya BEWE balik deh

Kalau barusan dapat ide segar pas pegang hp langsung tulis di aplikasi Note. Meski hanya sekedar tulis judulnya aja udah terkunci. Jadi aman dan ide nggak akan lari kemana-mana lagi. Akibatnya tulisan saya jadi banyak yg numpuk tapi bingung kalau di posting tiap hari pada bosen nggak yaa kok tulisan saya lagi yang nongol di grupnya blogger.

@Dita : Ya kalo tema artikel yang ditulisnya beragam, ya biasanya gak bosan, tapi siapa tau aja pembaca menyukainya... Begitu ada ide, langsung catat ya Dita

Nah kalau saya ini paling sering: MALAS. Luar biasa dulu malasnya saya bisa sampai setahun baru update blog hahaha. Rugi sih, karena banyak ide menguap begitu saja. Insha Allah perangi malas ini bakal terus berlanjut.


EmoticonEmoticon