6 Manfaat Bermain Game yang Perlu Diketahui

6 Manfaat Bermain Game yang Perlu Diketahui - Blog Mas Hendra

Kali ini saya mau sharing artikel mengenai manfaat bermain game. Alhamdulillah, semenjak Allah "ngasih" dua buah smartphone ASUS, yakni ASUS ZenFone Max Pro M1 dan ASUS ZenFone Max M2 dari dua kompetisi blog yang berbeda, aktivitas bermain game di smartphone semakin meningkat. Apalagi kedua smartphone ini memang digadang-gadang sebagai salah satu smartphone gaming dengan performa yang baik.

Dari kecil saya memang suka sekali bermain game, mulai dari Dingdong, Nintendo, PS1, PS2 hingga perangkat Xbox keluaran Microsoft.

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih, kini bermain game bisa juga dilakukan di smartphone, meski dengan segala keterbatasannya, ukuran layar yang lebih kecil dibanding console game. Kita juga bisa memilih dan mengunduh berbagai game favorit, mulai dari permainan balapan, teka-teki, perang, strategi hingga permainan yang ngeselin banget, kayak Cat Mario. Semuanya bisa diunduh, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Bermain game memang bisa menimbulkan kecanduan dan hal negatif lainnya. Tapi tunggu dulu, jangan hanya melihat dari satu satu sisi saja. Ternyata bermain game juga bisa memberikan beberapa efek positifnya loh. Apa sajakah manfaat bermain game? Berikut point-pointnya : 

6 Manfaat Bermain Game - Blog Mas Hendra

MAMPU MERANGSANG SYARAF
Bermain game tentu dilengkapi dengan perangkat audio dan visual, agar pengalaman bermain game menjadi lebih seru. Tapi tahukah kalian, kalau ternyata kemampuan auido-visual tersebut mempunyai efek merangsang kinerja sel-sel syaraf yang akan meningkatkan daya konsentrasi.

MENINGKATKAN DAYA PENGLIHATAN
Ketika kita bermain game, lensa dan syaraf mata akan terbiasa mengikuti objek yang bergerak cepat dalam game, sehingga membuat mata menjadi terbiasa memetakan objek secara cepat.

MENINGKATKAN GERAK REFLEKS
Saat kalian memainkan game genre action, akan membutuhkan reaksi yang cepat, sehingga akan membuat tubuh terbiasa untuk merespon rangsangan secara cepat.

MELATIH KESIAGAPAN FISIK
Beberapa jenis game tertentu justru mengajak pemainnya untuk bergerak aktif secara fisik, seperti gaem audition online atau AyoDance.

MEMBUAT AWET MUDA
Aktivitas fisik dan mental sekaligus perasaan senang saat bermain game, membuat lebih sehat dan segar secara fisik maupun psikis.

MEMBANTU MENGURANGI TINGKAT STRESS
Ketika bermain game, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang akan membuat kalian merasa lebih santai sekaligus sarana untuk melepaskan ketegangan.

Jadi kesimpulannya guys, bermain game sebaiknya hanya sesuai dengan kebutuhan saja. Artinya, kalian bisa bermain game sebagai bentuk hiburan semata untuk membantu mengurangi ketegangan atau menurunkan tingkat stress, sebelum kecanduan bermain game.

Nah demikian artikel tentang manfaat bermain game yang perlu diketahui. Semoga bisa memberikan manfaat untuk semuanya.

You May Like This :

13 comments

Mas Hendra, pak suami di rumah masih main games di handphone.. iya buat pelepas stress jg. Saya perbolehkan, terus dijadiin artikel 😁
Mau nyobain asus juga jadinyaa

Wahahahaha, saya baru tau manfaat gaming bang :))

Kalau saya mah buat ngisi waktu luang aja mas

mas, btw ajarin dong ikutan kompetisi blog nya dimana?

Ahaaaayyyy *toss* dulu dooonk hehehe. Setuju sama semua yang ditulis di pos ini! :D

@Rafi : Bisa ikutin IG nya Blog Rumahan. Atau blog JEJAKBIRUDOTCOM, untuk mendapatkan informasi lomba blog mas

Kalau saya lebih untuk senang-senang dan hiburan saja mas dan sepertinya sudah dapat ke-6 manfaat itu :)

kalo saya game udah seperti makan sehari-hari, bisa pusing kalo jauh dari hape :D

@Digital Poin : Saya juga hanya untuk hiburan semata, jangan sampe ketagihan deh

@Khanif : Nah jangan sampe kayak gini

Wah sudah lama nggak berkunjung ke sini. Bener Mas bermain games itu harus sesuai kebutuhan dan sikon ya. Jangan sampe istri lagi riweuh ngurusin anak ama kerjaan rumah, sedangkan bapaknya lagi sibuk main games. Bukannya bantuin. Kan kesel jadinya *curhatan para ibu2 ini 😂😂😂

@Bunda : Colek aja paksunya mba, hehehe... Main game juga gak bagus kalo berlebihan.


EmoticonEmoticon