10 Oleh-Oleh Khas Medan. Nomor Satu Bikin Nagih!

Pancake Durian Medan - Blog Mas Hendra
Ketika kita berlibur ke suatu tempat, rasanya kurang afdol jika kita tidak membawakan keluarga atau teman kita oleh-oleh khas dari daerah yang kita tuju. Apalagi Indonesia terkenal memiliki tempat wisata dengan sajian kuliner yang sangat beragam, tentu saja berbagai jenis oleh-oleh khas daerah tersebut memiliki keistimewaan dan keunikannya tersendiri.


Berbicara masalah oleh-oleh, kali ini saya ingin sharing tentang daftar oleh-oleh khas Medan yang sangat disayangkan untuk dilewatkan begitu saja ketika kalian berlibur ke Ibu Kota Sumatera Utara ini. Apalagi di sana banyak dijumpai kuliner khas Kota Medan yang sudah cukup populer. 

Nah bagi kalian yang masih bingung mencari oleh-oleh khas Medan, berikut daftar oleh-oleh paling terkenal seantero Nusantara :

1. MAIDANII PANCAKE DURIAN MEDAN
Maidanii Pancake Durian Medan - Blog Mas Hendra
Oleh-oleh yang pertama adalah pancake durian buatan Maidanii yang merupakan salah satu cafe pancake durian terpopuler di Kota Medan. Pancake durian Medan menjadi salah satu oleh-oleh khas Medan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Pancake Durian Maidanii tidak hanya menjual pancake rasa durian saja, tapi juga menyediakan beragam produk olahan durian, mulai dari daging durian beku, durian goreng, dimsum, ice pack dan makanan halal yang sudah tersertifikasi.


Maidanii Pancake Durian Medan - Blog Mas Hendra

Maidanii Pancake Durian dibuat dari buah durian pilihan asli Medan, yang memberikan kualitas terbaik dan harga terjangkau, serta packing yang tebal untuk menjamin produk yang kalian pesan sampai ke tempat dengan kondisi terbaik.

Maidanii Pancake Durian terletak di Jalan HM. Yamin No. 121, Medan. Kalian bisa melakukan order dengan menghubungi langsung melalui WA di nomor 0822-7427-0883.

2. BOLU MERANTI
Bolu Meranti Medan - Blog Mas Hendra
Bolu Meranti terkenal dengan rasanya yang lezat dan memiliki banyak varian rasa, mulai dari rasa coklat, keju, blueberry, nanas, moka dan kacang. Oleh-oleh khas Medan yang banyak diburu para wisatawan ini dibanderol cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp. 60.000 per kotak. Selain bolu gulung, Bolu Meranti juga menyediakan produk bolu gulung 3-in-1 yang terdiri dari rasa, keju, blueberry dan coklat.

3. MANISAN JAMBU AGUAN
Manisan Jambu Aguan Medan - Blog Mas Hendra
Siapa sangka olahan jambu biji bisa menjadi manisan yang segar, renyah dan nikmat. Apalagi jika ditambahkan dengan sambal rujak, maka rasanya dijamin tambah lezat. Bagi kalian penyuka manisan, jangan lupa mencicipi manisan jambu biji khas Medan yang satu ini.

Salah satu tempat manisan jambu yang populer adalah Toko Aguan yang terletak di Jalan Kruing No. 3D. Jika kalian ingin membawa manisan jambu sebagai oleh-oleh, sebaiknya membeli manisan dalam bentuk yang masih utuh segar agar mampu bertahan hingga tiga hari.

4. KOPI SIDIKALANG
Kopi Sidikalang Medan - Blog Mas Hendra
Masyarakat Sumatera Utara patut bangga dengan kopi Sidikalang yang sudah populer bahkan hingga ke luar negeri. Sidikalang merupakan wilayah pegunungan yang memiliki tanah subur, suhu udara yang sejuk dan curah hujan yang cukup, sehingga menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik.

Bagi kalian penggemar kopi, mungkin bisa membedakan rasa kopi antara Sidikalang dengan kopi lainnya. Rasanya memang lezat dan unik, bahkan mampu bersaing dengan kopi Brazil yang merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Urusan harga, kopi Sidikalang dapat dibeli dengan harga cukup terjangkau. Kalian bisa menemukan kopi Sidikalang yang banyak dijual di pasar tradisional, pasar swalayan hingga kedai-kedai kopi.

5. KACANG SIHOBUK
Kacang Sihobuk Medan - Blog Mas Hendra
Kacang Sihobuk berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Kacang Sihobuk cukup populer hingga ke penjuru negeri, karena memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Cara mengolah kacang Sihobuk dengan memasak kacang tanah yang dicampur dengan pasir (sangrai) ke dalam kuali besar hingga garing secara merata.

Kios penjual kacang ini banyak ditemui di jalan lintas Sumatera di kawasan Silangkitang. Tapi sekarang kalian tidak perlu repot mencari jauh-jauh, karena kacang ini bisa kalian temui di berbagai gerai pusat oleh-oleh dalam berbagai varian kemasan.

6. SIRUP BUAH MARKISA
Sirup Markisa Medan - Blog Mas Hendra
Oleh-oleh selanjutnya adalah sirup markisa yang menjadi minuman khas Medan. Kualitas sirup markisa Medan tidak perlu diragukan lagi, karena rasanya yang manis, lezat dan pastinya segar. Buah markisa banyak ditemui di Dataran Tinggi Karo, Berastagi, dan menjadi produk unggulan daerah tersebut.

Dari berbagai produk sirup markisa yang ada di pasaran, produk yang paling laris adalah Sirup Markisa Pohon Pinang dan Sarang Tawon. Merek ini memang sudah populer sejak lama dan mudah diperoleh di seluruh sudut kota.

7. TERI MEDAN
Teri Medan - Blog Mas Hendra
Rasanya kurang lengkap jika tidak membeli oleh-oleh yang satu ini. Bagi penggemar produk olahan ikan, ikan teri bisa menjadi alternatif yang tepat. Ikan teri merupakan makanan favorit masyarakat lokal dan bisa dijumpai di seluruh pasar tradisional di sini. Salah satunya adalah Pasar Sentral yang menjadi pusat pedagang ikan teri. Sementara produk yang sering dijual di setiap kios adalah jenis ikan teri tauge Medan dan ikan teri nasi Medan.

Kalian bisa memburu olahan teri yang cukup populer, yakni Teri Bajak Medan, agar lebih praktis. Ikan teri diolah dengan berbagai rasa, seperti sambal cabai merah dan cabai rawit, menjadi kemasan yang menarik. Oleh-oleh ini dijumpai di Toko Nusantara, Jalan T. Amir Hamzah No. 17. 

8. BIKA AMBON ZULAIKHA
Bika Ambon Zualikha - Blog Mas Hendra
Camilan yang satu ini memang sangat populer dan bisa dijumpai di berbagai sudut kota. Bika ambon dijual dengan beraneka rasa, salah satu yang paling populer adalah Bika Ambon Zulaikha yang beralamat di Jalan Mojopahit No. 62. Bika Ambon Zulaikha menjadi salah satu produk bika ambon paling populer dan paling diburu wisatawan karena memiliki rasa yang lezat, tekstur yang lembut dan terjamin halal.

Berbagai varian rasa bisa dijumpai, seperti keju, pandan, original, moka dan pandan keju. Kalian bisa membeli dengan harga terjangkau, mulai dari Rp. 35.000 untuk ukuran kecil yang bisa bertahan hingga empat hari.

9. SATE KERANG RAHMAT TOHA
Sate Kerang Rahmat Toha Medan - Blog Mas Hendra
Oleh-oleh yang satu ini cukup unik guys. Untuk mencicipi kelezatan sate kerang ini, kalian bisa mengunjungi langsung ke Sate Kerang Rahmat Toha di Jalan Gatot Subroto. Meski sederhana, warung ini menyediakan menu sate kerang yang lezat dan cukup populer di kalangan pencinta kuliner.

Uniknya, sate tidak dibakar layaknya sate ayam atau kambing. Potongan dagingnya juga besar dan tidak berbau amis karena menggunakan kerang segar. Untuk dijadikan oleh-oleh, maka sate akan dikemas menggunakan kardus khusus untuk memastikan sate bisa bertahan lebih lama dan lebih praktis dibawa ke dalam kabin pesawat. Sate Kerang Rahmat Toha menyediakan berbagai pilihan rasa, seperti pedas manis, pedas dan juga original.

10. LEMANG
Lemang Medan - Blog Mas Hendra
Lemang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan dan digulung menggunakan daun pisang. Pengolahannya cukup unik, bahan adonan dimasukkan ke ruas bambu lalu dibakar di atas bara api. Setelah siap disajikan, ketan tersebut berubah menjadi sangat pulen dan juga gurih, serta memiliki aroma yang khas. Agar lebih nikmat, bisa disantap saat masih hangat dan ditambahkan dengan tapai, selai srikaya atau durian.

Penjual lemang bisa dengan mudah dijumpai di sepanjang pinggir jalan, tepatnya di sekitar Jalan Flamboyan, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Bromo. Salah satu lemang yang populer adalah Lemang Flamboyan, yang paling banyak diburu oleh pencinta kuliner dan wisatawan. Jika masih tersimpan rapih di dalam bambu, lemang bisa bertahan hingga dua hari.

Demikian artikel tentang oleh-oleh khas Medan yang bisa dijadikan referensi, terutama bagi kalian yang merencanakan liburan ke Kota Medan. 

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

16 comments

Wahhh yang bolu meranti itu pasti setiap ada acara keluarga pasti selalu ada dirumah, rasanya enak baget dan lembut saat dimakaan. Ternyata oleh oleh dari medan ya, baru tau ak.. Terima kasih infonya wuehehe

@mas BEPE : Iya mas, saya juga baru tau bolu Meranti itu berasal dari Medan, ternyata sangat populer ya... Makasih sudah berkunjung

Wah pancake durian sm terimedan sambel itu kyknya maknyus loh 😋😋

@Heni : Sepertinya mba Heni. Kalo saya lebih suka pancake duriannya malahan

Sabar menanti kiriman pancake durian dari kang Hendra 😁

Saya pernah nyobain Bolu Meranti sih, dan enak banget parah rasanya hehe. SUKAAAAK wgwgwgw :D

Pancake Duriannya sepertinya layak untuk dicoba :D

Temenku orang medan kalo ke jogja juga kasih oleh2 sama kayak no 1 dan 2
pasti itu terus hahaha
jadi pengen cuma jauh deh masa harus beli online :D

@Maman : Saya juga sabar menanti kiriman pancake durian dari Maidanii, *eh....

@Febri : Saya belum nyobain nih, gimana dong

@aldhi : Sama nih, naksir Pancake duriannya nih... Kok temennya gak ngirim ke Depok ya

Teri Medan yang pernah saya cicipi, dan sepertinya itu menjadi ciri khas teman saya kalau pulang kampung. Nanti saya dikasih teri medan ini.

Mantab sekali infonya, kalau saya selalu pesen pancake durian rasanya memang bener-bener mantab setiap ada saudara pulang dari medan selalu bawa oleh2 pancake durian

@Djangkaru : Sepertinya lezat ya rasanya, tapi sayangnya saya belum pernah nyicipin

@Kurnia : Saya juga paling naksir pancake durian, hmmmm.... Udah kebayang rasanya gimana

Sering lihat pancake durian, tapi belum pernah coba. Kalau di sini biasanya dibawa dari Bali begitu, pengalaman temen. Saya sendiri belum pernah mencobanya karena saya mabuk kalau makan durian :D

@Tuteh : Saya juga beum nyobain mba Tuteh, hehehe... Wah padahal duren itu buah paling enak, menurut saya


EmoticonEmoticon