Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Tau Kenapa Harga iPhone Mahal? Ini Alasannya!

Alasan Mengapa Harga iPhone Lebih Mahal - Blog Mas Hendra

Mungkin sebagian besar dari Anda bertanya-tanya, kenapa harga iPhone lebih mahal dibanding smartphone lainnya. Sementara kalau jatuh pun pasti akan rusak juga bukan?. Ya meski saat ini lokasi service iPhone mudah ditemui di mana-mana, salah satunya service iPhone Bandung, tapi bukan berarti iPhone milik Anda tidak akan pernah rusak.

Terlepas dari itu semua, sambil ditemani secangkir teh manis hangat plus kueh bolu pisang, saya tertarik untuk menulis artikel tentang penyebab mahalnya harga iPhone dibanding harga smartphone lainnya. 

Ketika Anda akan membeli smartphone baru, pasti mikir dua kali dong, ketika memutuskan untuk membeli iPhone karena harganya yang relatif lebih mahal dibanding smartphone lainnya. Dan untuk itulah artikel ini dibuat, karena rasa penasaran saya yang mencuat ke permukaan.

Seperti yang saya kutip dari website Sinyaliti.com, Tim Cook (CEO Apple), bilang kalau dia sering banget melihat banyak pihak membongkar iPhone dan memperkirakan sendiri berapa biaya produksi smartphone tersebut. Tapi, dia juga bilang, tidak ada satu pun dari upaya pembongkaran iPhone tersebut mengungkap berapa biaya produksi iPhone.

Terus, om Cook ini cuma bilang tidak ada satu pun yang mendekati biaya pengembangan dan produksi satu unit iPhone. Artinya semua perkiraan yang mencuat, meleset!

Bahkan, jika diasumsikan biaya lain-lain sebesar 30% (dari harga jual) ditambah dengan biaya produksi yang mencapai angka Rp. 6,6 jutaan untuk iPhone XS Max, maka Apple masih tetap untung besar saat menjual sebuah iPhone XS Max.

Tidak heran, mengapa Apple berada di posisi teratas sebagai perusahaan terkaya di dunia.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (25/10/2018), Apple merupakan perusahaan yang sangat disiplin dan tidak langsung mengimplementasikan inovasi terbarunya dalam produk barunya, seperti pada kebanyakan smartphone Android.

PEMIKIRAN YANG MATANG, UNTUK HASIL (KEUNTUNGAN) YANG MAKSIMAL
Apple lebih memilih untuk menunggu teknologi yang dikembangkan agar lebih matang, lalu berlanjut ke implementasi dan produksinya. Inilah yang membuat harga iPhone menjadi mahal, sehingga mendatangkan keuntungan yang jauh lebih tinggi dibanding perusahaan lainnya.

Meski demikian, agar tetap mampu bersaing di pasaran, Apple mau tidak mau harus mulai agresif menghadirkan inovasi baru mereka ke perangkat flagship terbarunya.

Sebagai contoh, kemampuan TrueDepth kamera yang digunakan untuk Face ID pada iPhone terbarunya, yang sebelumnya sudah dikenalkan pada iPhone X, hingga layar OLED yang hadir pada dua sisi iPhone paling anyar. Padahal layar OLED sudah digunakan oleh Samsung sejak bertahun-tahun yang lalu.

Biar bagaimanapun, ketika perangkat iPhone masih memakai layar LCD, harga iPhone tetap mahal. Hal inilah yang mendorong estimasi biaya produksi iPhone semakin tinggi.

Dalam grafik di bawah ini misalnya, harga produk-produk Apple sangat tinggi, padahal biaya pembuatan atau material produksinya lebih rendah.
Apple iPhones End Price vs. Bill of Materials - Blog Mas Hendra

Hal inilah yang membuat konsumen harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli perangkat iPhone.


Diprediksi, kemungkinan besar, ini juga yang membuat produsen lain dengan harga diatas US$800 melakukan hal yang sama.

Demikian artikel tentang mengapa harga iPhone lebih mahal. Semoga bisa bermanfaat ya.

43 komentar untuk "Mau Tau Kenapa Harga iPhone Mahal? Ini Alasannya!"

  1. artinya Iphone gak pernah terburu buru lah ya dalam memproduksi jenis terbarunya, sebab sebelum lauching produk baru, mereka memastikan dulu perkembangan teknologinya secara matang, biar setelah meluncur punya sesuatu yang bisa dibanggakan oleh pembelinya... memang sampai saat ini belum mampu eike belum iphone :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, intinya mereka sangat hati-hati dan punya banyak pertimbangan sebelum meluncurkan produk terbaru iPhone. Terima kasih atas kunjungannya...

      Hapus
  2. Oh begitu to alasannya mengapa harga iPhone lebih mahal di pasaran hehehe. Semoga kelak bisa memiliki iPhone mas. Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiiin, semoga kesampaian deh bisa punya iPhone terbaru ya Mas

      Hapus
  3. Oh jadi ini alasannya kenapa harga aipon itu mihil bingit 🤪

    Gak heran sih, mereka kan jual kualitas. Merek yang mereka bawa juga udah gak perlu diragukan lagi. Jadi ya wajar kalau harga satu unit iphone setara satu harga motor 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar banget sih dihargain segitu, kualitasnya sebanding dengan harganya sih ya Mba

      Hapus
  4. Dannnn dari dulu saya tidak berani memasukkan iPhone ke dalam daftar belanjaan. Lhaaa nabungnya butuh waktu agak panjang, hehehe... Tapi saya salut punya teman yang punya pake iPhone ganti-ganti terus setiap ada keluaran baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya berani masukkin iPhone ke daftar belanjaan Mba, tapi belinya yang gak berani, hehehe

      Hapus
  5. Jujur saja, saya dulu bertanya-tanya juga,, Mas Hendra. Kok Iphone mahal sekali. Pas lirik punya teman, layarnya hanya 3,5 inci, padahal punya saya sudah 5,5 inci. Terus banyak orang beranggappan, ngapain mahal-mahal, fungsinya sama. Padahal tetap berlaku, ada harga ada rupa. Sekarang saya jadi tau jawabannya. Itu karena persiapan Iphone dalam mengeluarkan produk jauh lebih lama ya, Mas. Agar lebih matang dan hasilnya maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BTW, Mas Bams bertanya sama siapa dah?? Betul sekali Mas, mereka gak main-main setiap mengeluarkan produk barunya. Kualitas is nomor siji

      Hapus
  6. Berarti yang membuat Iphone selama ini cukup tinggi adalah biaya pengembangan teknologi yang benar benar matang sebelum sampai ke tangan konsumen rupanya

    BalasHapus
  7. Iphone ini selalu based on technology ya. Memang harganya jadi lebih mahal, taoi mereka mengedepankan kualitas untuk keberlangsungan brand jangka panjang.

    Aku pernah punya Iphone tapi nggak lama, setelah itu dijual Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang sekali iPhone-nya dijual Mba, padahal banyak yang pengen punya iPhone ini, hehehe

      Hapus
  8. iphone selalu memikirkan produk dalam jangka panjang, jadi para pemakai bisa menggunakan beneran sampe puas dan memang dipastikan hardwarenya bisa longlasting cocok dengan softwarenya. kece!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Apple selalu memperhatikan kualitas jangka panjang untuk para penggunanya.

      Hapus
  9. Berarti mahal di risetnya ya Kak. IPhone terkenal kameranya yg tajam ya. Banyak yang suka, jadi beli IPhone macam mau beli kamera.
    Itu sebabnya disayang-sayang, bukan dijatoh-jatohin sih...Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, risetnya mahal untuk mendapatkan kualitas yang bagus

      Hapus
  10. Jadi iPhone bener2 nunggu pengembangan teknologinya sampai sempurna ya. Tentu butuh biaya yg nggak sedikit. Pantesan harga iPhone lumayan mahal

    BalasHapus
  11. Misalnya udah mau keluar produk baru, Apple pun gak akan banting harga ya makanya produk yang satu ini konsisten banget deh ya harga juga fitur2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski harganya mahal dan di atas rata-rata, orang-orang tetap akan membelinya, soalnya kualitasnya sudah terbukti.

      Hapus
  12. Tadi baru ngobrol ma istri kok bisa kamera iPhone tuh bisa beberapa langkah di depan ketimbang pesaing. Pernah dengar dari Youtuber yang suka jualan foto dia pakai iPhone 5s aja masih mumpuni buat membidik gambar bagus padahal bertahun-tahun ketinggalan dari versi baru. Inovatof sih yg jelas dengan kualitas built-in yang ciamik. Harga mahal juga mungkin karena gengsi kali ya. Jadi mupeng beli iPhone, eh cari hadiah lomba blog aja ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga impian punya iPhone bisa terwujud ya om, meski dari lomba blog sekalipun

      Hapus
  13. semenjak aku baca buku S Jobs karya Walter Isaacson, aku jadi paham kenapa iPhone dan semua produk apple sangat berkelas dan saat ini bahkan sebagai nilai "sosial" seseorang.
    karena ego Jobs yang mau apple itu "sempurna"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sekarang impiannya terwujud yah, rata-rata produk Apple itu memang berkualitas untuk jangka panjang...

      Hapus
  14. pepatah ada harga ada rupa tuh emang bener ya maaaas.. Soalnya dah terbukti juga produk iphone kadang memang lebih awet dibandingkan produk lain.. Dan yang paling nggak ngeboongin sih, image applenya yang juga ngebuat harganya lebih mahal kayanya yaaa.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, kualitas yang andal harus dibayar dengan mahal. Hasilnya pun gak main-main

      Hapus
  15. Oh jadi begitu ya mas mengapa harga Iphone melangit gitu. Etapi emang worth it lah, soalnya teknologinya juga oke banget kok. Aku aja pengen banget punya Iphone, etapi belum tercapai nih, masih kumpulin cuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Worth it banget lah, ada harga, ada kualitas.

      Hapus
  16. Saya sama sekali belum pernah membeli iphone hingga sekarang karena belinya saja masih mikir dalam hati ah mungkin bukan user iphone sya ini. Namun iphone memang hp top teratas hinnga sekarang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nyobain iPhone punya adik saya, agak keder sih, tapi smooth banget.

      Hapus
  17. Saya gak pakai Iphone sih. Tapi saya pakai produk Apple yang lain, yaitu Macbook. Yang saya rasakan itu, jika misalnya dibandingkan dengan laptop lain seharga sama, rasanya produk Apple itu performanya bagus banget, seperti misalnya manajemen memorinya.
    Mungkin riset yang luar biasa dan penggunaan OS yang memang khusus dibuat untuk Apple yang jadi performanya bagus banget.
    Di Iphone mungkin juga begitu.
    Jadi wajar saja harganya lebih mahal karena biaya riset yang luar biasa besar dari Apple

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini nih, kualitas dan kepuasan pelanggan nomor satu. Itu yang dipikirkan Apple

      Hapus
  18. hoo alasannya gitu ya, salah satunya apa apa dipikirkan matang matang dulu biar gak terburu buru
    btw iphone itu memang mahal & kayaknya brandingnya berhasil, saya juga pengen tapi skipp dulu lah soalnya mahal haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dipikirkan dulu secara matang untuk jangka panjang ke depan, jadi gak terburu-buru menelurkan suatu produk baru

      Hapus
  19. Meski gak pakai iPhone, saya selalu suka baca artikel tentang iPhone. Kakak saya di rumah nih kan pakai iPhone, jadi sesekali saya coba juga gimana sih hp tersebut. Ternyata emang cakep sih, wajar kalau mahal. Baik dari segi tampilan, fungsi, keamanan, dan lainnya..iPhone emang juara~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya iPhone gak main-main setiap produksi produk terbaru mereka. Soalnya mengutamakan kualitas jangka panjang

      Hapus
  20. Iphone mahal setara dengan segala fitur yang ditawarkannya ya. Produk iPhone cocok untuk yang pemakaian dalam jangka waktu lama, karena memang begitulah produk ini di desain, mengutamakan kualitas dan mobilitas penggunanya.

    BalasHapus
  21. Aku belum berani masukin iPhone ke daftar calon kalo lagi butuh beli hp baru, soalnya harganya gak kejangkau, hehe. Tapi emang sih iPhone tuh berkelas, ada harga ada kualitas. Keren sih, gak buru2, namun hati2 & matang garap produknya.

    BalasHapus
  22. kirain mahal karena brandingnya
    ternyata memang ada proses panjang hingga menunggu teknologi benarbenar matang di balik harga mahal tersebut

    BalasHapus
  23. Kupengin punya IPhone ini, tapi nanti kalau bener ada rezekinya haha. Ku tanya temen kenapa pakai Iphone, katanya UInya enak dan juga kamera kalau bikin story nggak pecah, sbg konten kreator katanya iphone bener2 buat investasi gitu

    BalasHapus