Mengenal Ekonomi Digital dan Manfaatnya Bagi Kesejahteraan Masyarakat

Mengenal Ekonomi Digital dan Manfaatnya Bagi Kesejahteraan Masyarakat - Blog Mas Hendra

Seperti Anda ketahui, saat ini kita tengah memasuki era digital, dimana segala hal yang memungkinkan dapat dikendalikan dari segala tempat melalui jaringan internet dengan menggunakan perangkat smarpthone. Hal itu semakin memudahkan mobilitas kita dalam kegiatan sehari-hari, termasuk dalam dunia bisnis, khususnya dalam bidang ekonomi kreatif, sehingga arah menuju ekonomi digital semakin kuat. Secara sederhana kita mengenal website, aplikasi, email, produk secara online hingga transaksi online.

Peluang ke arah ekonomi digital semakin tidak bisa dielakkan, ketika kita dihadapkan pada situasi dimana sejumlah produk lokal yang ada di seluruh Indonesia harus mampu bersaing di tingkat global. Agar nantinya produk yang dihasilkan oleh masyarakat memiliki daya saing dan berimbas pada peningkatan kesejahteraan perekonomian masyarakat itu sendiri.

Sebelum saya mengulas lebih jauh apa saja manfaat dari ekonomi digital bagi masyarakat, alangkah lebih baik jika kita mengenal lebih dulu apa itu ekonomi digital.

Meski pehamanan seputar ekonomi digital itu sangat luas, namun secara khusus dapat diartikan sebagai berikut : setiap aktivitas yang berfokus pada sektor ekonomi dan bisnis yang berbasis pada teknologi digital atau web dan berdampak pada perekonomian dengan harapan mampu meningkatkan keuntungan atau benefit.

Ekonomi digital diharapkan mampu membawa perubahan kehidupan masyarakat yang jauh lebih baik, bahkan keberadaannya dipercaya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing prdouk dan jasa, baik di level mikro maupun makro.

BAGAIMANA PENERAPAN EKONOMI DIGITAL DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK DITENGAH MASYARAKAT?
Di era serba digital saat ini, internet telah masuk ke berbagai bentuk kehidupan masyarakat. Dengan memanfaatkan web melalui jaringan internet, masyarakat dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti transaksi online, bisnis online hingga komunikasi satu sama lain.

Penerapan Ekonomi Digital Agar Dapat Berjalan Dengan Baik - Blog Mas Hendra

Dengan demikian, teknologi yang berkembang dan menyatu dalam sebuah ruang maya, sering disebut sebagai cyber-space, sebuah dunia atau tempat dimana orang saling berkomunikasi, "bertemu" dan melakukan berbagai aktivitas ekonomi dan bisnis.

Lantas bagaimana langkah yang tepat untuk menerapkan ekonomi digital di tengah masyarakat agar dapat berjalan dengan baik? Setidaknya perlu memperhatikan dua langkah utama berikut ini :

Infrastruktur dan Fasilitas yang Memadai
Ekonomi digital tidak dapat berjalan dengan baik jika tidak didukung dengan infrastruktur dan fasilitas yang memadai secara merata, hingga menjangkau daerah-daerah pelosok di seluruh wilayah Indonesia. Setidaknya ada tiga unsur yang sebaiknya diperhatikan, yakni infrastruktur, aplikasi dan konten.

Infrastruktur fisik yang meliputi jaringan kabel optik dan base transceiver station (BTS), spektrum frekuensi radio dan orbit satelit harus dikelola dengan baik agar ekonomi digital dapat berjalan dengan baik. Selain itu pengelolaan yang baik juga perlu diterapkan pada aplikasi, konten, perangkat serta SDM.

Dengan demikian akan tercipta jaringan internet yang baik, stabil dan merata di seluruh wilayah Indonesia, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses internet melalui aplikasi, konten dan perangkat yang ada. 

Apalagi saat ini ada sebuah program pemerintah Indonesia melalui Palapa Ring (jaringan serat optik nasional) dan peluncuran satelit yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2019, yang nantinya akan melayani kebutuhan internet cepat di seluruh wilayah Indonesia.

Sosialisasi
Sosialisasi juga perlu dilakukan kepada masyarakat tentang pentingnya ekonomi digital untuk perekonomian yang lebih baik. Langkah awal adalah mengenalkan aplikasi atau konten berbasis internet untuk melakukan berbagai aktivitas online melalui perangkat yang ada.

Pendekatan dilakukan secara bertahap oleh pihak-pihak terkait untuk mengenalkan aplikasi atau konten berbasis internet, sehingga nantinya masyarakat akan terbiasa menggunakannya secara nyaman.

Dengan demikian masyarakat diharapkan mampu mengelola roda perekonomian dengan baik, secara online maupun offline. Jika ini berjalan dengan baik, bukan tidak mungkin mampu meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat itu sendiri.

MANFAAT EKONOMI DIGITAL BAGI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
Jika penerapan ekonomi digital sudah berjalan dengan baik, lantas apa saja manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat? Bahkan jika masyarakat sudah menikmati manfaatnya, tentu saja akan berimbas pada perekonomian Indonesia yang jauh lebih baik lagi, sehingga produk-produk lokal mampu bersaing di tingkat global.

Manfaat Ekonomi Digital Bagi Kesejahteraan Masyarakat - Blog Mas Hendra

Berikut adalah beberapa manfaat ekonomi digital :

1. Mampu mendorong peningkatan yang positif dan berkesinambungan terhadap berbagai aktivitas ekonomi yang sudah ada sebelumnya.

2. Akibat perkembangan internet dan teknologi perangkat smartphone, ekonomi digital mampu mendorong perubahan pola pikir, baik secara individu maupun organisasi dalam pengambilan keputusan ekonomi dan bisnis.

3. Ekonomi digital juga mampu menyediakan akses untuk pengadaan barang dan jasa yang mendukung operasional usaha (bisnis) di sektor industri dan perdagangan.

4. Mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing produk dan jasa, baik di level mikro dan makro.

5. Mendorong pembangunan ekonomi global dan meningkatkan produktivitas industri yang sudah ada.

6. Meningkatkan penghasilan atau keuntungan sesuai dengan strategi yang digunakan.

7. Membuka pasar industri baru dalam rangka mencapai pertumbuhan jangka panjang.

BAGAIMANA PERKEMBANGAN EKONOMI DIGITAL DI INDONESIA?
Peningkatan yang cukup signifikan pada berbagai sektor ekonomi dan bisnis, mendorong pemerintah untuk menargetkan Indonesia menjadi pusat ekonomi digital di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Dari bisnis Fintech (Financial Technology) yang ada di Indonesia menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan. Nominal transaksi per populasi pada tahun 2014 sebesar US$ 56,98 (Rp. 747.000) dan untuk proyeksi transaksi di Indonesia pada tahun 2016 mencapai US$ 14,5 miliar (Rp. 190 triliun).

Sementara dari bisnis e-commerce yang ada di Indonesia menunjukkan angka peningkatan yang signifikan. Nilai nominal potensi transaksi di Indonesia mengalami peningkatan.

Pada tahun 2013 tercatat sebesar US$ 8 miliar (Rp. 104 triliun). Pada tahun 2016 tercatat sebesar US$ 20 miliar (Rp. 261 triliun). Dan pada tahun 2020 target sebesar US$ 130 miliar (Rp. 1.700 triliun).

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat infografis potensi ekonomi digital di Indonesia berikut ini :

Potensi Ekonomi Digital di Indonesia - Blog Mas Hendra

Semoga artikel yang mengulas tentang ekonomi digital dan manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat, dapat menambah wawasan Anda, khususnya di bidang ekonomi dan bisnis.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon