Ingin Klien "Betah" Kerja Sama Dengan Kita? Coba 8 Trik Berikut Ini!

8 Trik Agar Klien "Betah" Kerja Sama Dengan Kita - Blog Mas Hendra

Sebagai blogger, mungkin kalian pernah atau bahkan sering mendapatkan tawaran kerja sama (job) dari klien, baik berupa content placement (tanam backlink) maupun review. Hal ini lumrah dilakukan oleh blogger, untuk mencari penghasilan tambahan melalui internet. Kalau memang hasilnya menjanjikan, kenapa tidak?!


Tapi sebelum kalian memutuskan untuk menerima job dari klien, harap perhatikan term & condition-nya alias persyaratannya baik-baik. Setelah kalian menyanggupinya, lalu tentukan berapa besar rate atau tarif, apakah sudah sesuai atau belum. Ini penting juga loh, kalian gak mau kan sudah nyelesain job capek-capek sampai begadang, tapi bayarannya kecil alias tidak sesuai.


Mendapatkan job dari aktivitas ngeblog bukanlah perkara mudah, bahkan bagi seorang blogger yang sudah terjun ngeblog bertahun-tahun sekalipun. Semuanya butuh proses, mulai dari membangun blog menjadi sebuah brand, sehingga memiliki daya tarik yang kuat di mata klien. Karena seperti diketahui, klien memiliki kriteria sendiri dalam menentukan blog yang dianggap sesuai.

Maka dari itu, jika ada tawaran job yang datang menghampiri, sebaiknya dikerjakan secara profesional, sehingga klien merasa puas dan bukan tidak mungkin akan kembali melakukan kerja sama dengan kita di kemudian hari. Dengan demikian, blog kita akan disimpan di dalam database milik klien.

Lantas, apakah ada trik khusus untuk membuat klien agar tertarik untuk bekerja sama kembali dengan kita? Tidak ada salahnya jika kalian menerapkan trik sederhana berikut ini, siapa tau saja karena beberapa hal diantaranya membuat klien tertarik untuk melanjutkan kerja sama di kemudian hari.

Trik Agar Klien Betah Kerja Sama - Blog Mas Hendra

1. JALIN KOMUNIKASI YANG BAIK
Bersikap baik dan profesional dalam berkomunikasi dengan klien adalah kunci utamanya. Jangan sekali-kali bersikap arogan ketika menghadapi klien dalam hal negosiasi atau lainnya. Dengan mengedepankan attitude yang baik serta kooperatif, bukan tidak mungkin akan membuat klien menyukai kalian. Intinya adalah beri kesan pertama yang baik kepada klien.

2. TENTUKAN TARIF YANG SESUAI
Jangan lupa tentukan tarif yang dianggap sesuai untuk job yang diberikan klien. Jangan menetapkan tarif terlalu tinggi jika performa blog kalian masih standard, yang ada klien akan kabur. Tapi juga jangan terlalu rendah dalam menetapkan tarif, karena akan menjatuhkan harga pasaran kita sendiri nantinya. 

Jika besaran tarif sudah disepakati oleh kedua belah pihak, maka kalian bisa lanjut ke proses selanjutnya.

3. PERHATIKAN TERM & CONDITION
Setiap job pasti ada persyaratan yang diberikan oleh klien. Ikuti setiap detail persyaratan yang diminta, tapi juga tidak memberatkan kalian. Jika dirasa ada persyaratan yang masih belum jelas, jangan sungkan untuk bertanya kepada klien, agar mendapat informasi yang lebih akurat, sehingga kita bisa menyelesaikan job tersebut sesuai dengan ekspektasi klien.

4. SELESAIKAN JOB SEBELUM JATUH TEMPO
Jika memungkinkan, sebaiknya selesaikan job secepatnya sebelum jatuh tempo. Karena ada begitu banyak hal yang mungkin saja dapat menghambat kalian untuk menyelesaikan job tersebut, seperti masalah jaringan internet, urusan yang mendesak atau bahkan jatuh sakit.

Kalau memang kita tidak sanggup menyelesaikan job tersebut sebelum jatuh tempo yang diminta, sampaikan baik-baik kepada klien untuk mengajukan tambahan waktu untuk menyelesaikan job tersebut.

5. PERHATIKAN JUMLAH KATA YANG DIMINTA
Biasanya klien akan menentukan berapa jumlah minimal kata yang harus ditulis untuk job review (kecuali job content placement, karena artikel sudah disediakan dari klien). 

Usahakan untuk menulis artikel dengan jumlah kata melebihi permintaan klien, sehingga artikel yang kita tulis akan terlihat lebih berbobot dan profesional. Klien biasanya lebih tertarik dengan blogger yang rajin memberikan ulasan lengkap dan detail.

6. TAMBAHKAN GAMBAR DAN INFOGRAFIS
Jangan pelit untuk menambahkan infografis ataupun gambar untuk membuat artikel menjadi lebih menarik. Karena pembaca pada umumnya lebih menyukai artikel yang dilengkapi dengan tambahan gambar atau infografis. Sesuaikan gambar ataupun infografis dengan tema artikel yang akan direview, sehingga menghasilkan artikel yang lebih relevan.

7. JANGAN BAWEL SOAL PEMBAYARAN
Klien akan memberikan kita tenggat waktu atas pembayaran job yang kita selesaikan. Lamanya proses pembayaran berbeda-beda, tergantung kebijakan dari klien, ada yang cepat, ada yang 2 minggu sampai 1 bulan atau bahkan lebih dari 1 bulan dan lainnya.

Usahakan untuk jangan bawel menanyakan pembayaran kepada klien kalau memang masih dalam masa tenggat waktu (seperti yang sudah kalian sepakati di awal kerja sama).

Kecuali kalau memang pembayaran belum cair juga melebihi batas waktu yang ditentukan, kalian bisa menanyakan langsung kepada klien, tapi tetap menjaga komunikasi dengan baik.

8. JANGAN LUPA SHARE ARTIKEL DI SOSIAL MEDIA
Meski tidak diminta oleh klien, untuk menambah point plus di mata klien, sebaiknya share artikel job ke sosial media milik kalian. Selain mempromosikan blog, juga membantu memasarkan produk klien yang kita review di blog.

💛💛💛💛💛

Nah kalau kalian dapat job, jangan lupa ya untuk mencoba menerapkan ke-8 trik di atas, tapi juga harus dibarengi sama doa, usaha dan rajin sedekah, agar klien betah kerja sama dengan kita dan juga job-job terus berdatangan. Aaamiiin...

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

4 comments

Akan saya praktekan akhh... supaya job makin banyak berdatangan,...

Terimakasih berbagi imunya kang, sangat berguna buat blogger newbie seperti saya... :D

@Maman : Semoga bermanfaat ya kang. Saya juga masih dalam tahap belajar dan belajar terus kang.

Kalau urusan pembayaran sih saya percaya..jadi tunggu saja pasti nyampai, hanya 1-2 kasus saya harus mengingatkan karena belum juga dibayar pernah sampai 1 bulan.

@Dwi : Selama ini juga gak ada masalah dengan pembayaran mas, Alhamdulillah semuanya lancar sesuai dengan tenggat waktu yang dikasih mereka.


EmoticonEmoticon