Lebih Sehat dan Produktif Bersama Casio G-SQUAD

Lebih Sehat dan Produktif Bersama Casio G-SQUAD - Blog Mas Hendra

Sebagai seorang pekerja, selain dituntut untuk selalu menjaga produktivitas dalam setiap pekerjaan yang saya lakukan, juga harus didukung dengan kondisi tubuh yang selalu bugar, agar aktivitas yang saya lakukan sehari-hari dapat berjalan dengan baik dan lancar. Saya menyadari, kondisi tubuh yang kurang bugar, cenderung lebih rentan terkena berbagai macam penyakit. Hal ini, sudah pasti akan berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari.


Apalagi pekerjaan saya lebih banyak dihabiskan duduk di belakang meja mengutak-ngatik komputer. Nah pekerjaan macam ini nih yang biasanya lebih rentan terkena berbagai penyakit, karena memang kurang banyak bergerak. 

Bahkan menurut penelitian FINRISK Studies, menemukan bahwa orang yang hanya melakukan aktivitas ringan seperti duduk di depan meja, membaca buku dan menonton televisi tanpa bergerak secara rutin, berpeluang lebih besar untuk mengalami obesitas.

Dikutip dari laman Kemenkes, Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr Nila Farid Moeloek, Sp. M(K), mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk tidak malas bergerak dan menyarankan setiap orang untuk berjalan setidaknya 30 menit setiap hari.

Menjalani hidup sehat memang sangat penting, maka dari itu, saya mulai menerapkan pola hidup sehat serta rutin berolahraga, terutama ketika saya memiliki banyak waktu luang. Kalau tidak dimanfaatkan dengan berolahraga, kapan lagi saya bisa mendapatkan tubuh yang bugar?!. 

Sebelum berangkat kerja siang hari, pagi harinya saya manfaatkan waktu selama kurang lebih 30-40 menit untuk berlatih push-up, squat jump dan sit-up. Tapi ketika saya libur kerja, saya manfaatkan waktu luang untuk lari pagi dan bermain bulu tangkis. Jadi tidak ada alasan untuk tidak berolahraga bukan?!.


Manfaat Olahraga Bagi Tubuh - Blog Mas Hendra

Menurut rekan kerja saya yang berprofesi sebagai Personal Trainer di tempat saya bekerja, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjaga berat badan ideal, maka ketika berolahraga, sebaiknya mencatat dua hal berikut ini : 

1. Mencatat Berapa Jumlah Kalori yang Terbakar (Calories Counter)
Kalori merupakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh, agar bisa beraktivitas dan menjalankan fungsinya dengan baik.

Bagi yang sedang menjalani program diet sehat ataupun menjaga berat badan ideal, diperlukan perhitungan jumlah kalori yang tepat, baik kalori yang masuk ke tubuh, ataupun kalori yang sudah dibakar oleh tubuh melalui aktivitas yang dilakukan, salah satunya dengan berolahraga.

Ketika kita rutin berolahraga dan mencatat berapa jumlah kalori yang sudah dibakar, maka akan memudahkan kita untuk melacak aktivitas olahraga, sehingga memudahkan kita untuk mencapai berat badan ideal yang kita inginkan.

2. Mencatat Jumlah Langkah yang Sudah Dijangkau (Step Tracker)
Step Tracker bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana perubahan dan perkembangan yang terjadi, terutama bagi kita yang sedang menjalani program diet sehat, menjaga berat badan ideal serta menjaga agar tubuh tetap fit.

Jenis olahraga yang biasanya dilakukan adalah dan lari (jogging), karena dinilai lebih ampuh untuk membakar kalori dalam jumlah banyak.

Untuk memudahkan saya memantau aktivitas olahraga agar lebih maksimal, saya membutuhkan sebuah perangkat (gadget) untuk melengkapi aktivitas olahraga yang saya lakukan, seperti mencatat jumlah kalori yang dibakar, mencatat jumlah langkah, menghitung waktu mundur dan berbagai aktivitas lainnya.

Awalnya saya mengandalkan aplikasi pada ponsel pintar untuk memantau aktivitas olahraga yang saya lakukan. Saat ini, aplikasi tersebut cukup banyak ditemui dan bisa diunduh secara gratis.

Tapi cara ini dinilai kurang efisien, karena saya harus membawa ponsel kemana-mana ketika berolahraga. Apalagi ponsel saya berukuran cukup besar, tentu akan merepotkan saya untuk menyimpan ponsel tersebut di saku celana. Belum lagi jika ada panggilan masuk ke ponsel, akan sedikit mengganggu ketika saya menggunakan aplikasi tersebut.

Seiring berkembangnya teknologi, kini untuk memantau aktivitas olahraga yang kita lakukan, bisa dilakukan melalui jam tangan terutama jam tangan keluaran produk Casio. Inovasi canggih yang disematkan pada jam tangan G-SHOCK ini memadukan antara lifestyle, sporty dan fashion.


Di tahun 2018 ini, G-SHOCK yang genap berusia 35 tahun, bersama BABY-G meluncurkan serangkaian jam tangan yang dilengkapi dengan penghitung langkah dan penghitung kalori. Seri sport watch GBA-800 dan BSA-B100 ini diperkenalkan kepada masyarakat dengan nama G-SQUAD.

Dalam perjalanannya selama tiga setengah dekade, G-SHOCK selalu menghadirkan inovasi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Rangkaian jam tangan tangguh ini dibekali dengan usia baterai minimal dua tahun dengan menggunakan teknologi baterai konsumsi rendah milik Casio yang diimplementasikan dalam setiap G-SHOCK. 

Salah satu gebrakan terbaru dari G-SHOCK yang diperuntukkan bagi mereka yang menyukai gaya hidup sehat, fashionable dan menginginkan hidup yang lebih mudah.

Pada 6 Desember 2018 diadakan temu media bertema, 'Move or Lose' bersama Kemal Mochtar, MC sekaligus penyiar salah satu radio terkemuka di Jakarta. Lalu ada Nadira Diva, seorang ibu rumah tangga yang berhasil meningkatkan jumlah follower di Instagram hingga 90ribu dalam waktu dua tahun, karena rutin mengunggah video gerakan olahraga yang ia lakukan di rumah. Lalu ada juga Destria Ray, Business Relation Manager Casio Singapore Pte, Ltd, Jakarta Representative Office yang menjelaskan berbagai fitur yang dimiliki G-SQUAD.

Peluncuran Casio G-SQUAD - Blog Mas Hendra

Baru-baru ini, Kemal mengaku telah berhasil menurunkan berat badan hingga 55,8 kg selama satu tahun. Kemal juga mengakui begitu mudahnya menghitung langkah yang sudah dilakukan dengan menggunakan seri G-SQUAD. Apalagi dengan aplikasi G-SHOCK Connected, pengguna bisa melihat berapa jumlah kalori yang sudah dibakar, rute yang dilalui hingga mengunggahnya ke media sosial.


Lanjut Nadira Diva, ketika tubuh sehat, pikiran pun menjadi lebih segar dan pikiran tidak mudah stress serta kinerja otak pun menjadi lebih optimal. Bahkan ia mengaku tidak perlu khawatir jika jam tangan G-SQUAD terbentur apapun dan juga tidak perlu repot charge jam setiap hari. Intinya bagi Diva, G-SQUAD adalah partner dalam menjalani tantangan sehari-hari.

Untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari, mulai dari berolahraga, nongkrong, bekerja hingga traveling, memilih jam tangan G-SQUAD merupakan solusi paling tepat. Karena pengguna jadi terbantu dengan beragam fitur lengkap yang diusungnya. Dengan demikian G-SHOCK dianggap mampu memenuhi ekspektasi penggunanya, mulai dari penerapan gaya hidup sehat sekaligus fashionable.

Setidaknya terdapat 8 alasan mengapa saya memilih jam tangan G-SQUAD berikut ini :

1. PRODUK G-SQUAD TERBUKTI BERKUALITAS
Alasan pertama saya memilih G-SQUAD adalah karena produk keluaran Casio selalu memadukan antara kecanggihan teknologi serta ketangguhan yang baik.

Setiap konsumen, tentu menginginkan produk yang berkualitas tinggi. Kualitas merupakan faktor terpenting dalam menjamin kelangsungan kepercayaan konsumen dengan produk tersebut, serta mempengaruhi tingkat profitabilitas perusahaan. Hal inilah yang selalu dijaga dan dipertahankan oleh Casio hingga kini. 

Menurut saya pribadi, setidaknya Casio telah memenuhi apa yang disebut dengan dimensi kualitas produk :

Dimensi Kualitas Produk-Produk Casio - Blog Mas Hendra

2. DILENGKAPI FITUR CANGGIH
Jam tangan G-SHOCK dirancang dan direkayasa agar berbagai aktivitas olahraga jadi semakin menyenangkan, karena terhubung dengan aplikasi ponsel G-SHOCK Connected untuk memberikan akses ke beberapa fungsi yang mampu mendukung program latihan Anda.

Fitur Canggih Casio G-SQUAD GBA-800 - Blog Mas Hendra

Fungsi pendukung kesehatan dan kebugaran harian meliputi akselerometer 3 sumbu yang akan mencatat jumlah langkah Anda, pengatur waktu mundur yang memungkinkan Anda membuat hingga 20 kombinasi pengatur waktu yang masing-masing terdiri dari lima penghitung waktu, memori hingga 200 catatan putaran dan lainnya.

Selama terhubung dengan aplikasi ponsel G-SHOCK Connected, Anda dapat melakukan pengaturan untuk catatan hitungan langkah dengan 5 tingkat intensitas latihan yang tersedia, kalkulasi kalori dan target langkah.

👉 Step Tracker (Steps, Calories display)
Melalui fitur ini, Anda bisa memantau progres dan pencapaian latihan yang Anda lakukan melalui grafik. Anda juga bisa mencatat aktivitas latihan melalui kalender. 

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengikuti jejak latihan dan meningkatkan intensitas latihan dengan peta di smartphone.

👉 Workout Timer (Personalize Every Exercise)
Mulailah untuk mengatur timer dan atur waktu intensitas latihan yang Anda lakukan. Anda juga bisa memindahkan data latihan yang tersimpan di smartphone ke jam tangan dan mulailah berlatih untuk mencapai target atau progres yang diinginkan.

👉 Stopwatch (Easy Setting Target Time)
Fungsi stopwatch yang sudah diatur akan mulai menghitung mundur sesi latihan dan akan berbunyi "beep" ketika pengaturan waktu mulai tersetting. Kemampuan menggunakan aplikasi untuk membuat kombinasi pengatur waktu dan mengirimnya ke jam tangan, menyimpan data pengukuran stopwatch, menampilkan data dan lainnya, semua dipadukan untuk membantu Anda merencanakan dan mencatat latihan Anda serta membuat lebih efektif dan menyenangkan.

Fitur lainnya adalah koreksi pengaturan waktu otomatis berbasis aplikasi dan fitur lainnya untuk memberikan penunjuk waktu yang lebih efisien, serta lampu LED Ganda Otomatis untuk memfasilitasi aktivitas latihan di area dengan cahaya temaram.

Casing kecil model ini sangat cocok untuk penggunaan bergaya sporty. Sayap belakang di bagian dalam tali jam di bagian sambungan ke casing, bentuk cincin tali jam baru yang mencegah jam merosot, lebih banyak lubang pada tali jam lembut yang terbuat dari urethane, yang mampu menjaga kelenturan, bahkan setelah digunakan dalam waktu yang lama membuatnya pas dan nyaman dikenakan.

Desain ukuran sedang yang optimal untuk aktivitas lari dan latihan, Bluetooth®, tautan ke aplikasi ponsel serta banyak fitur lainnya membuat G-SQUAD adalah pilihan sempurna untuk penggunaan sporty.

3. HARGANYA TERJANGKAU
Harga Casio Seri G-SQUAD - Blog Mas Hendra
Sebagai jam tangan yang membawa fitur lengkap untuk mendukung aktivitas latihan program Anda, Seri G-SQUAD dihargai cukup terjangkau. Hingga akhir tahun 2018, di pasar Indonesia :

Seri GBA-800 (11 pilihan warna) dengan harga mulai dari Rp. 2.379.000
Seri GBD-800 (6 pilihan warna) dengan harga mulai dari Rp. 1.799.000
Seri BABY-G, BSA-B100 (6 pilihan warna) dapat diperoleh mulai dari Rp. 2.349.000

4. BATERAI YANG AWET
Pengalaman saya menggunakan jam tangan merk Casio, punya baterai yang awet, rata-rata hingga usia minimal 2 tahun atau bahkan lebih. Karena dilengkapi dengan teknologi penggunaan baterai konsumsi rendah dari Casio yang diimplementasikan dalam setiap G-SHOCK.

5. MODELNYA TRENDY DAN SPORTY
Model Jam Tangan Casio Trendy dan Sporty - Blog Mas Hendra
Yang paling saya suka dari jam tangan Casio adalah modelnya yang trendy, sporty dan tidak kaku, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai aktivitas dan kebutuhan. Jam tangan Seri G-SQUAD memiliki model yang sangat cantik serta desain yang kokoh, dengan lekukan-lekukan khas Casio, sehingga cocok untuk dipakai oleh siapa saja.

6. TERBUAT DARI MATERIAL BERKUALITAS TINGGI
Jam tangan Casio punya kualitas yang sangat baik, karena dibuat dari material berkualitas tinggi.


👉 Body/Bezel/Tali Dari Bahan Resin
Body jam tangan G-SHOCK dibuat dari bahan rubber yang kuat yang terdiri dari plastik dan resin. Material ini lebih mudah untuk ditambahkan ke berbagai warna lainnya. Itulah sebabnya jam tangan Casio biasanya sangat ringan, tapi meski begitu tetap kokoh.

👉 Bahan Pelapis Neobrite
Neobrite merupakan salah satu bahan pembuat lapisan pada jam tangan yang bisa menyerap cahaya dan bisa memberikan sedikit cahaya saat gelap. Ini artinya, jam tangan yang memiliki lapisan neobrite akan menyimpan sedikit cahaya dan bisa Anda gunakan sebagai sedikit penerangan saat gelap.

Dan kabar baiknya, pihak Casio menyematkan bahan neobrite di setiap produknya, termasuk seri G-SQUAD.

👉 Penutup Bagian Permukaan Jam Dibuat Dari Bahan Mineral Glass
Bagian kaca jam tangan Seri G-SQUAD dibuat dari bahan mineral glass tebal. Penggunaan material tersebut mampu membuat jam tangan tahan lebih banyak tekanan (water depth pressure) dengan menggunakan bahan kaca yang keras (hardened glass). 

Mineral glass yang bersifat keras dan dibuat dari bahan yang tebal memang kuat untuk penggunaan jam tangan model sport. Tapi mineral glass mudah tergores, retak dan sobek. Mineral glass juga mudah dipoles menggunakan bahan-bahan non-abbresive. 

7. BANYAK PILIHAN WARNA
Yang paling menarik dari Seri G-SQUAD adalah pilihan warnanya yang banyak, mulai dari warna biru muda, biru donker, jingga, kuning, hitam, putih dan lainnya. Sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan warna favorit.

8. LOKASI TOKO TERSEBAR DI KOTA-KOTA DI INDONESIA
Produk jam tangan Casio sudah banyak tersebar di beberapa kota di Indonesia, sehingga mudah ditemukan bagi Anda penggemar jam tangan merk Casio. Selain itu, Anda juga bisa membelinya secara online, baik melalui e-commerce terkemuka maupun melalui toko jam tangan online.

Sejak kecil saya suka banget pakai jam tangan. Bahkan sejak kelas tiga SD, bapak saya sudah membelikan saya jam tangan, meski bukan jam bermerk, tapi saya senang bukan main. Kelihatan wah dan lebih mudah melihat waktu sehingga secara tidak langsung, saya belajar untuk disiplin soal waktu.

Lalu seiring berjalannya waktu, setelah berganti-ganti merk jam, dari jam tangan yang merk biasa hingga akhirnya saya memutuskan untuk membeli jam tangan buatan Jepang, merk Casio model AE-1000W. 

Jam tangan seharga kurang dari 400ribu ini memiliki fitur yang cukup lumayan, meskipun bukan jam tangan sporty, tapi cukup membantu memudahkan aktivitas saya sehari-hari, mulai dari melihat waktu menjadi lebih mudah saat bekerja, memasang alarm, melihat waktu di dunia hingga bisa berfungsi sebagai timer.




Jam tangan ini juga punya fitur lampu untuk melihat waktu di tempat yang gelap atau ruangan yang kurang pencahayaan. Selain itu juga sudah anti air, jadi tidak perlu takut jam mati ketika diajak berenang atau untuk berwudhu.

Jam tangan ini cukup kuat dan tahan banting loh, terbukti jam tangan saya sudah jatuh dan terbentur berkali-kali. Berhubung kacanya terbuat dari mineral glass tebal, kacanya hanya baret-baret kecil. Sudah dua tahun lebih saya menggunakan jam tangan Casio ini, tapi masih berfungsi dengan baik hingga saat ini.


Nah sudah terbukti kan, kalau Seri G-SQUAD sangat cocok untuk Anda yang gemar berolahraga karena telah dilengkapi dengan fitur canggih untuk memaksimalkan program olahraga yang Anda lakukan, sehingga mampu mendukung hidup menjadi lebih sehat dan tetap produktif. Kini tidak ada alasan lagi bagi Anda jika sudah memiliki jam tangan dari G-SQUAD ini untuk malas berolahraga.

Kelebihan dari jam tangan ini juga banyak loh :
1. Baterainya mampu bertahan 2 tahun dan tidak perlu di-charge 
2. Jamnya tahan banting
3. Bisa tersambung langsung dengan aplikasi G-SHOCK
4. Bisa jadi reminder kalau kita jarang gerak atau kurang jalan
5. Bisa dijadikan phone finder kalau kita lupa naro ponsel dimana
6. Setiap tiba di negara lain, setting-an jamnya langsung berubah menyesuaikan negara tujuan
7. Ya itu tadi, harganya terjangkau, dengan fitur segudang

Harapan saya, semoga suatu saat nanti saya bisa memiliki salah satu jam tangan  Casio Seri G-SQUAD ini, selain untuk melengkapi koleksi jam tangan Casio saya, juga untuk mendukung aktivitas olahraga yang saya lakukan, guna menjaga produktivitas tetap terjaga dengan baik.


Sebelum mengakhiri tulisan ini, saya ingin berbagi tips sederhana untuk membantu meningkatkan motivasi dalam berolahraga, terutama bagi yang sedang menjalani program diet sehat, agar mencapai hasil yang maksimal, sehingga mampu menunjang berbagai aktivitas sehari-hari Anda lebih baik lagi dengan kondisi tubuh tetap bugar sepanjang hari.
Tips Meningkatkan Motivasi Berolahraga - Blog Mas Hendra

Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon