Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tingkatkan Bisnis Online Bersama AVANA


Di era serba digital saat ini, selain bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup, sebagian besar masyarakat memutuskan untuk menjalani bisnis online. Banyak dari mereka yang berani untuk terjun ke dunia bisnis online, bahkan bagi yang belum berpengalaman sekalipun. Apalagi banyak yang menilai jika bisnis online dianggap lebih menjanjikan dibanding bisnis konvensional.


Bisnis online dinilai banyak mendatangkan keuntungan yang besar, namun dengan modal yang relatif kecil. Padahal jika tidak dibarengi dengan strategi yang tepat serta knowledge seputar bisnis online, maka besar kemungkinan bisnis online yang kita jalani tidak sesuai dengan ekspektasi. Bahkan bisnis online yang baru saja kita rintis seumur jagung, akan merugi dan akhirnya malah gulung tikar. Sangat disayangkan bukan?

5 Alasan Mengapa Memilih Memulai Bisnis Online
Sebelum kita memutuskan untuk memulai bisnis online, tentu saja kita harus mempersiapkan segala sesuatunya agar bisnis yang kita rintis dapat berjalan dengan lancar, sehingga bisa menjaring pembeli lebih banyak dan memperoleh keuntungan seperti yang diharapkan.

Nah sebelum saya membahas lebih jauh mengenai bagaimana strategi yang tepat untuk memulai bisnis online, mari kita simak dulu 5 alasan mengapa kita memilih memulai bisnis online, berikut ini :


1. Pengguna internet yang semakin meningkat
Seperti kita ketahui, jumlah pengguna internet di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Menurut situs Kumparan, riset yang dirilis pada akhir Januari 2020 menyebutkan jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 175,4 juta orang, sementara total jumlah penduduk Indonesia sekitar 272,1 juta. Dibanding tahun 2019 lalu, jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat sekitar 17 persen atau sekitar 25 juta pengguna.

Ini berarti waktu yang tepat untuk memasarkan produk secara online. Makanya tidak heran jika banyak orang memutuskan untuk memulai bisnis online, karena kebutuhan akan internet semakin tinggi. Seseorang akan sukses menjalani bisnis online tentu berbanding lurus dengan seberapa banyak orang yang menggunakan internet. Semakin banyak yang menggunakan internet, maka peluang untuk bisnis online pun semakin lebar.

2. Lebih mudah dan praktis
Alasan berikutnya yang banyak dipilih adalah bisnis online itu lebih mudah dan praktis. Apalagi hampir seluruh aspek kehidupan ini tidak lepas dari internet. Bisnis online juga tidak memerlukan sebuah tempat khusus untuk memasarkan produk. Cukup hanya melalui website, aplikasi maupun sosial media, siapapun bisa untuk memulai jualan online.

3. Biaya operasional lebih kecil
Ketika kita memasarkan produk secara offline, tentu saja kita membutuhkan sebuah tempat khusus untuk memasarkan produk yang ingin kita jual. Belum lagi kita juga harus menyediakan karyawan untuk membantu manjalani bisnis tersebut. Dan berbagai sarana lainnya guna mendukung bisnis offline tersebut.

Bandingkan dengan bisnis online, di mana kita tidak perlu menyiapkan tempat khusus untuk berjualan, cukup melalui internet saja, maka Anda sudah bisa memulai bisnis online. Itulah yang membuat bisnis online ini memiliki jumlah biaya operasional yang cenderung lebih kecil dibanding bisnis konvensional.

4. Lebih mudah dalam promosi
Kita semua sepakat bahwa salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah promosi. Dengan promosi yang tepat sasaran, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan pun semakin terbuka lebar. Meski promosi sama-sama dibutuhkan dalam berbisnis, namun cara promosi untuk bisnis online dinilai lebih mudah untuk dilakukan dan bisa dilakukan tanpa batasan waktu (bisa kapan saja). Berbeda dengan bisnis konvensional yang cenderung memiliki batasan waktu dalam melakukan promosi.

5. Modal yang sedikit
Alasan berikutnya adalah modal yang digunakan untuk bisnis online cenderung lebih sedikit dibanding bisnis konvensional. Artinya kita tidak memerlukan modal yang banyak untuk mempromosikan produk yang kita jual secara online, mungkin hanya dengan bermodalkan komputer, internet dan listrik, kita sudah bisa untuk memulai menjalani bisnis online.

Strategi Dalam Bisnis Online
Satu hal yang sangat penting untuk kita terapkan ketika ingin memulai bisnis online adalah menentukan strategi yang tepat. Dengan demikian bisnis online yang kita jalani dapat menjaring jumlah pembeli yang banyak serta bisa mencapai target keuntungan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Jika saja kita mengabaikan langkah untuk menentukan strategi yang tepat, bisa saja berakibat fatal terhadap bisnis online yang kita jalani. Produk yang kita jual pun tidak laku di pasaran.


1. Foto produk yang jelas
Kualitas foto produk yang kita posting, tentu akan mempengaruhi minat beli masyarakat. Masyarakat cenderung akan memilih produk dengan kualitas foto yang beresolusi tinggi, cerah dan menarik. Jadi pastikan kita memasukan elemen foto produk yang terbaik. Dalam hal ini ada beberapa tips yang bisa kita coba terapkan :

- Foto yang kita cantumkan dalam media pemasaran merupakan foto produk yang sebenarnya (bukan palsu)
- Cantumkan foto dengan kualitas tinggi dan terbaik

2. Publish di waktu yang tepat
Tahukah Anda bahwa ada waktu-waktu tertentu yang dianggap waktu paling tepat untuk mem-posting konten di sosial media? Bahkan termasuk bisnis online. Biasanya pelaku bisnis online yang jam terbangnya sudah tinggi, akan paham mengenai waktu yang dianggap "mujarab" untuk melakukan posting.

Berikut adalah waktu-waktu terbaik bagi Anda untuk memasarkan produk Anda di sosial media :







3. Gunakan kalimat yang singkat, jelas dan padat
Saat publish produk ke sosial media, sebaiknya hindari untuk menuliskan caption yang bertele-tele. Gunakan kalimat yang singkat, jelas dan padat agar lebih menarik minat calon pembeli. Satu hal yang penting adalah selalu menuliskan fakta yang menarik tentang produk yang kita pasarkan di internet.

4. Manfaatkan sosial media
Jangan lupa manfaatkan sosial media untuk memasarkan produk yang kita jual. Sebagaimana kita ketahui, kekuatan sosial media memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap bisnis online yang kita jalani. Semakin tepat langkah kita dalam memanfaatkan strategi pemasaran di sosial media, maka peluang untuk menjaring calon pembeli pun semakin terbuka lebar.

Ubah Sosial Media Anda Menjadi Toko Online Berkelas dengan AVANA
Salah satu strategi dalam pemasaran online adalah dengan memanfaatkan keberadaan sosial media yang kita miliki. Apalagi saat ini jumlah pengguna sosial media semakin banyak saja, tentu ini merupakan angin segar bagi para pelaku bisnis online.

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu bagaimana caranya memaksimalkan sosial media untuk membantu meningkatkan bisnis online, agar produk yang kita pasarkan laris manis.

Jika kita ingin meningkatkan bisnis online dengan memanfaatkan sosial media, kita bisa mencobanya di www.avana.id. AVANA merupakan Platform Social Commerce yang dapat mengubah sosial media menjadi toko online berkualitas sekaligus membangun website profesional secara instant.

AVANA bertujuan untuk memberdayakan bisnis dengan teknologi inovatif dan terus fokus untuk mengembangkan bisnis pelanggan.


Setidaknya terdapat tiga toko utama yang bisa kita dapatkan, yaitu Webstore, Facebook Store dan Messenger Store. Semuanya bisa kita kelola dengan mudah melalui satu dashboard AVANA. Pelanggan juga bisa langsung melakukan checkout tanpa harus meninggalkan laman toko online tersebut.

3 Keunggulan AVANA
Sistem pengelolaan AVANA sangat mudah dan tidak ribet. Kita tidak harus jago coding atau memiliki skill di bidang IT, karena siapapun bisa memiliki toko online dan hanya butuh waktu tidak kurang dari 5 menit saja untuk membuka toko online impian.


1. 3 Toko dikelola dari 1 dashboard
Toko online milik Anda dapat dikendalikan hanya di satu dashboard saja, mulai dari upload produk, kelola stock barang hingga mengatur promosi. Anda hanya perlu sekali upload di dashboard AVANA, maka secara otomatis akan tampil di 3 toko online milik kita. Walaupun pelanggan Anda berasal dari 3 toko sekaligus, semua orderan yang masuk bisa dimonitor di dashboard AVANA dengan cepat.

2. Sistem pembayaran terintegrasi
Anda tidak perlu lagi ribet memikirkan bagaimana pelanggan transfer uang. Sistem pembayaran AVANA didukung oleh kurang lebih 10 akun bank di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan AVAPay, sistem pembayaran dari AVANA yang juga akan mempermudah pengelolaan proses transaksi pelanggan kepada Anda.

3. Kurir terpercaya
Seberapa jauh jarak Anda dengan pelanggan, produk Anda tetap bisa dikirim melalui kurir yang tersedia di sistem AVANA. Ongkos kirim yang bisa diatur sendiri dan ada juga yang sudah ditetapkan oleh kurir.

Fitur Utama AVANA untuk Membantu Bisnis Anda Berkembang
Untuk memudahkan Anda dalam mengelola toko online milik Anda, AVANA telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan andal, sehingga toko online Anda dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga bisa menjaring lebih banyak lagi pembeli melalui jualan di Sosial Media, jualan di Website, jualan di Messenger dan jualan secara Offline.


Cara Bikin Toko Online dengan Mudah di AVANA
Untuk membuat toko online di AVANA itu mudah banget, siapapun bisa. Tidak perlu ahli IT atau yang jago coding. Anda bisa membuat toko online dengan menggunakan akun Facebook atau akun Google.

Saya pun mencoba untuk membuat toko online dengan login menggunakan akun Facebook. Lalu selanjutnya tinggal mengisi nama toko, alamat email yang aktif, nomor ponsel dan lainnya. Lalu klik "create".



Saya termasuk orang yang aktif menggunakan Facebook, baik untuk kepentingan silaturahmi online, mencari informasi, berbagi artikel blog hingga mencoba peruntungan dengan jualan online melalui Facebook.





Beruntung banget saya bisa menemukan website AVANA ini, sehingga proses untuk membuat toko online pun menjadi lebih mudah.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk meningkatkan bisnis online milik Anda bersama AVANA? Jika memang jawabannya iya, maka Anda harus memikirkan strategi selanjutnya dengan bergabung bersama pelaku bisnis lainnya di AVANA. Sudah saatnya bisnis Anda berkembang dan maju dengan memaksimalkan sosial media.

Semoga bermanfaat.

50 comments for "Tingkatkan Bisnis Online Bersama AVANA"

  1. Saya sudah lama ingin berjualan online
    Belum menemukan jenis produk yang lengkap
    sedangkan semua medsos itu saya punya semuanya

    ReplyDelete
  2. Di era serba online seperti sekarang ini, sayang banget ya kang kalo kita tidak memanfaatkannya untuk berbisnis online. Avana bisa jadi pilihan untuk memulai bisnis secara profesional.

    ReplyDelete
  3. Wah asyik nih mengelola bisnis dengan Avana ya
    Terbantu sekali kita mulai dari promo, transaksi sampai pengirimannya
    Boleh juga dicoba nih

    ReplyDelete
  4. Semakin maju perkembangan teknologi semakin maju juga kreatifitas manusia mengembangkan bisnis termasuk salah satunya dengan adanya Avana ini ya k. Penjual jadi makin untuk dan tenang berbisnis, pembeli pun makin dimanjakan dengan adanya teknologi baru dari Avana. Sukses Avana

    ReplyDelete
  5. @Djangkaru Bumi : Sudah saatnya Anda mencoba peruntungan jualan online di sosmed melalui AVANA....

    ReplyDelete
  6. @Arni : Cobalah, siapa tau jadi pebisnis sukses berkat AVANA

    ReplyDelete
  7. @Hujan di Jendela : Makasih sudah berkunjung Mba Hujan di Jendela...

    ReplyDelete
  8. @Maman : Betul banget Kang, AVANA sudah memberikan jalan, tinggal kitanya aja yang mau memaksimalkan sosial media untuk toko online.

    ReplyDelete
  9. Itu ,,, bisa langsung otomatis terhubung dengan toko di facebook ya?

    Perlu dicoba nih,,,,

    ReplyDelete
  10. @Rin Muna : Yoi Mba, bisa langsung connect

    ReplyDelete
  11. Sepertinya perlu dicoba ya si avana ini. Jadi penasaran dg integrasi medsosnya

    ReplyDelete
  12. @Admin : bolehlah langsung dicoba Mas

    ReplyDelete
  13. Wah patut dicoba nih, bagus untuk jualan buku sekalian promo mengani buku-buku terbaru.

    ReplyDelete
  14. @Kokoh : wah sama dong, saya juga jualan buku nih,

    ReplyDelete
  15. Wah.. Keren nih Avana. Sepertinya memang harus dicoba oleh para pebisnis online. Bisa banget buat jualan apapun.

    ReplyDelete
  16. Iya, skrg ni banyk bgt yg sukses usaha di medsos, ada yg over order malah
    AVANA ini menarik, saya fikirkan dulu mau jual apa hehe

    ReplyDelete
  17. @Kopiah Putih : Betul Mas, kalo punya produk, mending coba jual di sosmed kita lewat AVANA

    ReplyDelete
  18. @Kakilasak : Siap komandan, kalo udah dapat ide mau jualan apa, langsung aja ke AVANA

    ReplyDelete
  19. Saya pengin sih jualan online, tapi masih belum punya barang yang mau di jual apa, soalnya bisanya ngeblog terus kaya gini,

    ReplyDelete
  20. @Berbagai Info : Banyak kok produk yang bisa dijual online Bang. Tinggal kita coba bergerak manfaatin sosmed dengan AVANA

    ReplyDelete
  21. Menggunakn Platform avana ini, semakin memudahkan penjual online memasarkan produknya ya. Apalagi tidak perlu tahu coding sudah bisa punya toko online

    ReplyDelete
  22. Kita ngeblog aja sekarang lebih dari 70 persen visitornya udah mobile. Ya kalo mau jualan juga gampangnya lewat platform online yg memanfaatkan media sosial, seperti Avana ini ya mas. Peluang laris manisnya dagangan kita lebih besar.

    ReplyDelete
  23. Pengen bisnis online tetapi maunya seperti punya toko sendiri,brand sendiri lebih baik memilih avana ya ,karena udah dibuatkan web store brand kita sendiri.

    ReplyDelete
  24. @Andi : Betul Mas, semakin mudah saja ya punya toko online saat ini

    ReplyDelete
  25. @Mutia : Yess exactly Mba. Smartphone memudahkan kita untuk memaksimalkan toko online, sayang banget kalo gak dimanfaatin

    ReplyDelete
  26. @Innaberkicau : Nah iya ini tepat sekali. Boleh dicoba Mba...

    ReplyDelete
  27. Benar sekali, di era digital ini peluang untuk bisnis online memang layak di coba. Terlebih memang banyak pengguna internet, jadi memudahkan kita untuk memasarkan produk. ..

    Wah avana ini keren ya, mampu mengubah media sosial menjadi toko online. Layak di coba nih. ..

    ReplyDelete
  28. @Sulis : Betul banget, era digital semakin banyak pengguna internet dan sosmed, kini saatnya kita penetrasi memanfaatkan sosmed untuk berbisnis

    ReplyDelete
  29. emang avana salah satu toko online yang oke punya nih, enggak salah kalo punya online shop dan ditaruh di avana ini. pasti bikin penjualan lebih baik. cocok untuk para enterpreneur ini.

    ReplyDelete
  30. Ada banyak keuntungan dan kemudahan dari hadirnya Avana membuat bisnis on line jadi terlihat mudah dan tidak sulit

    ReplyDelete
  31. inovasi keren sih dari avana jadi win win solution ukm yang mau branding dan mendapat jaminan keamanan bagi calon pembelinya

    ReplyDelete
  32. @Steffi : Yup tepat sekali Mba. Kalo punya sosmed dan ada produk yang mau dijual, bisa hubungi ke AVANA Mba...

    ReplyDelete
  33. @Shafira : Yess that exactly. Mau join gak?

    ReplyDelete
  34. @Kornelius Ginting : Iya Mas, mau jualan online jadi lebih mudah, apalagi cuma bermodalkan sosmed kayak Facebook,

    ReplyDelete
  35. Saya gaptek, ga ngeh coding..tapi pengin jualan online. Memilih AVANA merupakan solusinya ya...semudah ini ternyata. Apalagi di sini step-stepnya juga detil dijelaskan. Wah, bikin pengin coba bikin akun juga di AVANA!

    ReplyDelete
  36. Benar sekali, Mas. Bisnis online memberikan berbagai keuntungan bagi pebisnis, terutama dalam menghemat biaya dan memperluas jangkauan pasar. Apalagi ada AVANA yang bisa membuat toko online kita di media sosial menjadi lebih bagus dan menarik

    ReplyDelete
  37. Salah satu alasan utama memulai bisnis online, adalah jangkauan pemasaran yang sangat luas selama 24 jam.

    ReplyDelete
  38. Thank you infonya Kak. avana ya mau cobain ah, baru banget nih kayaknya apa saya nya aja yang lama baru tahu ya, ini macam marketplace laz, toped dan Shop itu kan? Sebagai pedagang online wajib nih dicobain Siapa tahu banyak rezeki di sana kan ya

    ReplyDelete
  39. AVANA sudah ngasih kemudahan buat jualan online di sosmed, ini artinya siapapun punya kesempatan yang sama untuk sukses

    ReplyDelete
  40. @Aisyah Dian : Jadi AVANA ini yang membantu kita membuat toko online via sosmed, bikin webstore juga loh. Silahkan dicoba Mba Dian

    ReplyDelete
  41. jiwa-jiwa berjualanku jadi terpanggil lagi nih ketika ada platform Avana buat bantu digital marketingnya jadi produk aku bisa banyak yg ngenalin dan berujung pada order

    ReplyDelete
  42. @Sofia : Langsung aja jualan online lagi Mba... Apalagi ada AVANA

    ReplyDelete
  43. wah, ada tempat baru lagi nih buat jualan online. thanks ya kak infonya, mau coba avana ah, semoga dapat banyak untung di sana

    ReplyDelete
  44. @Sitatur Rohmah : Iya Mba silahkan langsung dicoba

    ReplyDelete
  45. Ternyata masing2 medsos itu beda waktu terbaiknya, ya. Wahh jadi tahu saya.

    ReplyDelete
  46. @Nanik : Iya Mba, karena setiap kebutuhan dan aktivitas masing-masing orang berbeda, pun demikian dengan penggunaan sosmed juga sama.

    ReplyDelete
  47. @Masruhin : Silahkan dicoba Mas, siapa tau setelah jualan online di Facebook tambah hoki. Yekan!

    ReplyDelete
  48. @Fadli : Iya Mas, sekarang jualan online di Facebook jadi lebih mudah berkat AVANA...

    ReplyDelete
  49. @Arigetas : Gak terikat waktu, promosi bisnis online bisa kapan aja ya, terutama di waktu-waktu tertentu bisa posting di sosmed, biar lebih maksimal

    ReplyDelete
  50. Ternyata cukup mudah yaaa membuat toko online dengan AVANA. Rekomen banget nih. Aku mau kasih tahu temenku yang jualan online deh biar dia ngerasain manfaatnya langsung

    ReplyDelete

Berlangganan via Email