5 Cara Sederhana Agar Mendapat Pekerjaan Lewat LinkedIn

5 Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan Lewat LinkedIn - Blog Mas Hendra

Mencari pekerjaan secara online, ternyata tidak hanya bisa dilakukan melalui situs khusus pencari kerja, tapi juga bisa melalui jejaring sosial, yakni LinkedIn. Jejaring sosial yang satu ini memang berbeda dari sosial media yang lainnya, karena pengguna saling berinteraksi satu sama lain dengan memiliki tujuan yang sama, yakni pengembangan karir.


Karena ruang lingkupnya seputar dunia kerja, maka pengguna bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang diinginkan seputar lowongan pekerjaan. Karena banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melalui LinkedIn. Kalau memang demikian, kenapa Anda tidak mencoba mencari kerja dan mengembangkan karir lewat LinkedIn.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, berikut 5 tips yang bisa Anda coba agar mendapat pekerjaan lewat LinkedIn :

5 Cara Sederhana Agar Mendapat Pekerjaan Lewat LinkedIn - Blog Mas Hendra

1. PASTIKAN PROFIL ANDA AVAILABLE
Melalui profil yang Anda simpan di LinkedIn, atur keterangan bahwa Anda sedang terbuka atau tersedia untuk mencari kerja. Anda bisa mengaturnya lewat profil LinkedIn dan mengganti profilnya menjadi tersedia.

2. RUTIN MEMPERBARUI HEADLINE
Setelah Anda mengubah profil LinkedIn menjadi tersedia, berikutnya adalah rutin memeriksa kembali headline di profil LinkedIn Anda. Pastikan Anda memperbarui headline secara rutin agar memudahkan rekruiter memeriksa profil Anda, sehingga ketika nama Anda diketikkan di mesin pencari, headline ini akan muncul. Headline mengacu pada posisi pekerjaan Anda atau bidang kerja Anda.

3. LENGKAPI PENGALAMAN KERJA
Agar kesempatan mendapatkan pekerjaan terbuka lebar, sebaiknya lengkapi semua kolom yang ada di LinkedIn. Dengan demikian kesempatan untuk mendapatkan perhatian dari para rekruiter semakin besar. Jika masih ada kolom yang kosong atau belum diisi, bukan tidak mungkin rekruiter akan melewati profil Anda. Tapi jika lengkap, mereka akan dengan mudah mencari profil dan Anda akan dihubungi.

4. IKUTI PERUSAHAAN YANG MENARIK BAGI ANDA
Ikuti perusahaan yang sekiranya menurut Anda menarik atau setidaknya yang paling Anda minati, sehingga akan menarik perhatian dari HRD sebuah perusahaan. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan informasi seputar lowongan kerja terbaru. 

5. AKTIF DI LINKEDIN
Terakhir adalah cobalah aktif di LinkedIn dengan meningkatkan personal branding, seperti meninggalkan komentar positif di unggahan akun lain, membagikan informasi-informasi penting dan bermanfaat. Dengan begini, rekruiter akan tertarik untuk melihat profil Anda dan bukan tidak mungkin akan memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda cari.


Mencari pekerjaan, baik secara online ataupun offline, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi tidak ada salahnya jika Anda menerapkan ke-5 cara sederhana diatas untuk mendapatkan pekerjaan lewat LinkedIn.

Bagaimana, apakah Anda tertarik mencobanya?

Semoga bermanfaat.

11 comments

Punya linkedin tapi nggak terawat.. Ternyata penting juga yaa.. Sapa tau dapat job dr linkedin

Baru tahu saya manfaat lain dari LinkedIn ini. Makasih informasinya....

@Nizam : Saya juga punya LinkedIn, jarang ditengok. Coba maksimalkan aja mas, siapa tau dapat job dari sana.

Jaman sekarang sih enak cari kerja banyak sarananya seperti Linkedin...sayang kalau tdk dimanfaatkan

sangat sepakat jika medsos linkedin dijadikan salah satu alternatife mencari peluang kerja yang diinginkan....sayangnya kita emang kudu punya keahlian khusus juga sih...soalnya mamang udah aktif sejak kemunculannya...ngga pernah dapet kerjaan juga dari linked...soalnya nggak pernah nyari juga sih...hehe

Punya LinkedIn, tapi gak lagi cari kerja sih hahaha.
Tapi tetep saya perbaiki data2nya, lumayan buat share link blog haha

@Dwi : yup memanfaatkan peran sosial media untuk mencari kerja, zaman now perlu itu!

@Mang Lembu : mamang mah pemberi kerja aja

@Reyne : sosial media untuk berbagai keperluan ya mba,

aku gunakan cuma buat shared postingan kang


EmoticonEmoticon