12 Cara Ngabuburit Paling Seru. Bikin Puasa Tidak Terasa!

12 Cara Ngabuburit Paling Seru - Blog Mas Hendra

Istilah 'ngabuburit' mendadak ngetrend ketika bulan Ramadhan tiba. Arti ngabuburit sendiri berasal dari bahasa Sunda. Kata 'burit' artinya Sore atau menjelang Petang. Jadi ngabuburit berarti kegiatan menunggu atau menghabiskan waktu menjelang sore hari. Biasanya aktivitas ini kerap dilakukan saat bulan puasa tiba. Istilah ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.


Ada banyak hal yang bisa dilakukan seseorang untuk menunggu waktu berbuka, sehingga waktu berpuasa menjadi tidak terlalu terasa. Lalu aktivitas apa saja yang bisa dilakukan? Nah bagi Anda yang masih bingung gimana cara ngabuburit seru saat bulan puasa, atau ingin mencoba aktivitas ngabuburit dengan cara yang berbeda, berikut 12bcara yang bisa Anda lakukan untuk menunggu waktu berbuka :


1. Fokus dalam beribadah
Jangan dilupakan, bulan puasa merupakan momen tepat untuk meningkatkan ibadah dan lebih fokus untuk introspeksi diri. Dengan demikian ketenangan jiwa pun akan Anda peroleh, apalagi setiap amal perbuatan baik akan dilipatgandakan.

2. Nonton film
Menonton film kerap dilakukan sebagian orang ketika menunggu waktu berbuka. Setelah menyelesaikan rutinitas harian, Anda bisa menunggu waktu berbuka dengan memutar koleksi DVD film favorit atau kalau mau lebih seru lagi, Anda bisa mengajak teman-teman untuk bersama-sama nonton film ke bioskop. 

3. Bermain game
Aktivitas yang satu ini memang sering membuat lupa waktu, apalagi game jenis misi, seperti GTA, karena semakin dibuat penasaran. Bermain game juga kerap dilakukan orang ketika mengisi waktu luang atau untuk sekedar melepas penat setelah lelah bekerja dan beraktivitas. Cobalah bermain game bersama teman ketika menunggu waktu berbuka, dijamin waktu berpuasa semakin tidak terasa.

4. Beraktivitas (bekerja) seperti biasa
Ingat, puasa bukan waktunya untuk bermalas-malasan, justru saat berpuasa, sebaiknya tetap beraktivitas seperti biasa agar tubuh tetap sehat. Kalau kita hanya tidur-tiduran dan bermalas malasan, waktu akan terasa sangat lama, berbeda kalau kita bekerja atau beraktivitas seperti biasa, maka waktu akan berjalan tidak terasa. Nah Anda bisa melakukan rutinitas harian seperti biasa ketika bulan puasa, sehingga aktivitas puasa tidak terasa.

5. Jalan-jalan
Mungkin banyak yang setuju jika jalan-jalan atau refreshing adalah obat paling ampuh untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Anda bisa mencoba untuk jalan-jalan bersama keluarga atau teman-teman ke tempat favorit atau mencoba mengeksplore tempat baru. Lakukan aktivitas jalan-jalan sewajarnya saja, mengingat aktivitas ini cukup menguras tenaga. Mungkin waktu yang paling pas adalah menjelang sore hari, agar dekat dengan waktu berbuka puasa.

6. Memasak
Anda bisa bereksperimen mencoba beragam resep untuk membuat menu makanan favorit, seperti kue bolu, pasta atau lainnya. Aktivitas ini juga kerap dilakukan sebagian orang, tidak peduli pria atau wanita. Cobalah untuk mulai membuat menu masakan favorit untuk berbuka puasa.

7. Berkebun
Ingin melakukan ngabuburit yang tidak biasa? Anda bisa mencoba merapikan sebagian tanaman di pekarangan rumah atau menata taman yang sudah mulai berantakan. Anda juga bisa mengajak si kecil agar aktivitas berkebun menjadi semakin seru.

8. Membaca
Salah satu aktivitas paling murah dan produktif adalah membaca. Anda bisa membaca berbagai buku mulai dari novel, majalah, koran atau dari blog di internet. Atau ingin lebih berpahala? Anda bisa mencoba membaca Al-Qur'an lengkap dengan terjemahannya.

9. Creative time
Manfaatkan waktu sebaik mungkin saat puasa. Daripada hanya bermalas-malasan saja, sebaiknya Anda mulai menajamkan sisi kreativitas dan hobi yang Anda miliki. Bagi yang hobi ngeblog, Anda bisa mulai menulis beberapa artikel bermanfaat. Atau bagi Anda yang hobi membuat dan mengedit film, bisa mulai mencoba mengambil gambar di sekitar. Mengapa tidak dicoba untuk memulainya?

10. Bersih-bersih
Anda bisa memanfaatkan waktu ngabuburit untuk bersih-bersih rumah. Mulailah dari hal yang ringan dengan mengatur ulang tata letak furniture. Bukankah dengan suasana baru, Anda akan memperoleh mood yang lebih baik?

11. Ikutan bazaar Ramadhan
Tidak sedikit yang mengadakan amal bazaar selama bulan Ramadhan. Anda pun bisa ikutan untuk berkontribusi didalamnya, sehingga waktu berpuasa menjadi tidak terasa karena kesibukan yang Anda lakukan.

12. Olahraga ringan
Selama bulan puasa kesehatan tubuh juga perlu diperhatikan. Anda bisa memanfaatkan waktu ngabuburit dengan olahraga ringan, seperti bersepeda, jalan-jalan sore atau yoga. Dengan demikian, akan membuat tubuh Anda jauh lebih bersemangat dan lebih sehat.

Bagaimana dengan ke-12 cara diatas? Sangat perlu dicoba bukan? Yuk mulai sekarang manfaatkan waktu ngabuburit dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat seperti diatas.

Demikian artikel tentang 12 cara ngabuburit paling seru yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

14 comments

Ngabuburit saya sampai saat ini bekerja sama bacaa mas. . wkwkw kangen ngabuburit beli bukber sama gorengan kaya pas masih di surabaya hehehe btw tfs mas , , lamaa banget ndak main kesini. hehhee

yang diatas tuh paling bagus mas hendra

Kalau saya lebih banyak ngabisin waktu ngabuburit dengan ngambil foto sama buat video aja mas. Lumayan ngelatih skil walau cuman modal hape doang.

Bulan puasa harus tetap produktif ya mba, makasih sudah berkunjung ke blog ini

Wah jadi ingat udah lama gak ke Bazaar Ramadhan hehehe. Thank youuus Hendra

Ini bermanfaat mas Bimo, daripada malas-malasan, malah akan membunuh waktu produktif kita...

Semoga bermanfaat mba. Makasih sudah berkunjung

Ngabuburit sambil jualan itu baru asyik...nggak terasa dapat duit lagi

Yup, kalo bisnisman pasti memanfaatkan momen ngabuburit dengan sebaik mungkin. SEmoga laris manis mas Dwi

ngabuburitnya berusaha semoga ibadah tahun ini lebih baik, seperti sholat jamaahnya

Aamiin, semoga bisa terwujud ya mas Agus

Sebenernya saya pengin berolahraga sambil ngabuburit, tapi track jogging nya di pake buat berdagang pasar malem hiks hiks

Cari jogging track jalur lainnya mas, atau bisa memilih jenis olahraga ringan lainnya


EmoticonEmoticon