Grup Musik Religi, Sabyan Gambus, Kenalkan Shalawat Lewat Musik Kekinian

Grup Sabyan Gambus - Blog Mas Hendra

Jujur saja, mungkin saya agak ketinggalan dengan informasi grup musik religi yang satu ini. Padahal di jagat maya sudah cukup heboh. Malah saya baru dengar namanya saja dari tayangan di TV. Hmmmm, blogger kok kurang update, hehehe. Nah bagi Anda yang mungkin senasib dengan saya, yang belum mengenal grup musik religi ini, saya akan sedikit berbagi informasi mengenai grup musik religi Sabyan Gambus.

Mumpung masih di bulan suci Ramadhan, mungkin Anda ingin mendengarkan musik religi terbaru yang musiknya mirip-mirip musik gambus ala Timur Tengah, tembang-tembang dari grup Sabyan Gambus ini cocok sekali dinikmati di waktu senggang setelah melaksanakan berbagai ritual ibadah, seperti sholat dan membaca Al-Qur'an. Oh tentu saja, sholat serta membaca Al-Qur'an tetap diutamakan.

Kalau biasanya grup musik Indonesia cenderung lebih memilih aliran musik dari dunia barat dan Asia, seperti Korea, tapi grup musik Sabyan Gambus ini justru mengenalkan musik ala Timur Tengah. Tapi biar musiknya ala Timur Tengah, jangan salah guys, instrumen musiknya kekinian. Sehingga cocok didengarkan oleh anak-anak muda zaman now.

Musik gambus merupakan alat musik asal Timur Tengah yang bentuknya menyerupai kecapi. Alat musik tersebut biasanya berdampingan dengan gendang untuk menciptakan musik ala Timur Tengah.

Kalau di Indonesia, musik beraliran Timur Tengah dikenal juga dengan nama Qosidah. Sedangkan grup musik Sabyan Gambus mencoba memberikan sentuhan musik kekinian agar lebih dekat dengan pendengarnya.


Grup Sabyan Gambus - Blog Mas Hendra
Nama Sabyan Gambus sendiri sudah tidak asing lagi di jagat dunia maya. Grup musik asal Jakarta Timur ini kerap mengunggah cover lagu, baik di Instagram maupun YouTube. Grup Sabyan Gambus yang dikenal masyarakat luas melalui cover sholawat ini dibentuk pada tanggal 27 Januari 2015.

Grup musik Sabyan Gambus yang terdiri atas tiga personel dan tiga additional player kerap mengunggah hasil cover sholawat maupun lagu populer dengan aransemen khas Sabyan gambus melalui akun Instagram @sabyan_gambus.

Pada awalnya Sabyan Gambus memulai perjalanan karirnya dari grup pengisi pesta pernikahan. Mereka kerap tampil dari satu acara pernikahan ke acara pernikahan lainnya. Tapi siapa sangka, dari band pengisi acara pernikahan, mereka berkomitmen penuh untuk terjun ke musik religi yang konsen pada sholawat.

Sabyan gambus beranggotakan Ayus (keybordist), Wawan, Kamal (kendang), Tebe (biola), Anisa Rahman (vokalis 2) dan si imut Khoirunissa yang akrab disapa Nissa sebagai vokalis utama.

Kertertarikan Nissa kepada musik gambus, membuatnya mantap untuk bergabung dengan grup Sabyan. Menurut Nissa, musik gambus belum cukup populer di Indonesia, makanya Nissa dan Sabyan gambus mencoba mengenalkan musik gambus yang dipadukan dengan sholawat.

Kalau Anda penasaran, berikut beberapa sholawat yang suda cukup populer, seperti Deen Assalam, Ya Habibal Qolbi, Rohman Ya Rohman hingga cover lagu Qomarun, Ahmad Ya Habibi dikemas Sabyan dengan begitu indah.

Dan saya sendiri lagi suka banget lagunya yang berjudul "Ya Habibal Qolbi." Seperti apa lagunya? Berikut video klipnya :


Merdu banget loh lagunya! Iya kan??

Semoga bermanfaat.

14 comments

Saya Pribadi juga sangat suka lagu lagu dari Nissa, saya bela belain ke warkop hanya untuk download video video Khoirunnisa, saya paling suka yang lagunya ya Habibal Qolbi

Suara vokalisnya Masya Allah,luar biasa, tadi nonton di TV swasta, kata mereka, mereka sudah sejak 3 tahun yang lalu hehe

SElamat berpuasa Ramadhan bang semoga Amal ibadah kita diterima AAMIINNN

Saya juga suka yang Ya Habibal Qolbi

Iya mas, sejak 2015 lalu sudah terbentuk, dan sekarang bertambah matang saja

Selamat berpuasa juga ya mas, Aamiin

Emang keren Sabyan n Tim ya mas, melejit lagu-lagu shalawatnya. Moga makin banyak yang cinta Shalawat.

ini yang trending di youtube itu kan mas, lagunya bagus sih, coverannya juga. arti dari lagunya menyentuh, ak juga jadi suka dengan grup band ini,

Ya sayang videonya sudah dihapus jadi nggak bisa tonton tapi asik ya dengerin gambus kekinian

Semoga saja ya mas Rustam, biar adem denger sholawat

Iya betul mas,, ngetop di YouTube yah..

saya baru denger ada band seperti ini. beneran deh, kok saya kudet banget yah. Tadi mau play videonya kok gak bisa muat yah, malah isinya semut lagi perang, warnanya hitam putih.

SEmoga bermanfaat... Wah nanti coba saya cek


EmoticonEmoticon