Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asus ROG Phone 3, Smartphone Gaming Idaman Para Gamer

ASUS ROG Phone 3

Sudah sekitar 4 bulan, saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Sebenarnya ada rasa bosan juga kalau terlalu lama di rumah. Tapi mau bagaimana lagi, saat pandemi seperti sekarang ini, aktivitas di luar rumah pun dibatasi, terutama aktivitas yang tidak penting. Tapi demi keamanan dan kenyamanan bersama, jadi ya saya nikmatin saja.

Untuk mengurangi rasa bosan, biasanya saya bermain game di Zenfone Max Pro M1. Smartphone ini merupakan keluaran ASUS yang saya gunakan untuk membantu meringankan pekerjaan digital sehari-hari sekaligus memenuhi hobi saya, yakni bermain game. Meski bukan termasuk dalam jajaran smartphone gaming, tapi performanya cukup baik dan lancar ketika digunakan bermain game.

Manfaat Positif Bermain Game
Saya kenal game sudah dari zaman dingdong masih seharga 50 perak per sekali main. Sebagai penggila game, saya juga pernah membeli Nintendo, PS1, PS2 dan XBox untuk bermain game-game favorit. Biasanya saya bermain game bareng keluarga dan juga teman-teman. Tapi sayang, konsolnya sudah rusak semua. Mau service juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nah semenjak Android hadir, secara perlahan game-game yang sebelumnya hanya bisa dimainkan di konsol dan PC, kini bisa juga dimainkan di smartphone Android. Malah jauh lebih menyenangkan, karena lebih praktis, bisa main game di mana saja dan tinggal install game yang diinginkan di Play Store.

Bagi kebanyakan orang, bermain game terkadang dipandang negatif, karena dinilai tidak memberikan bermanfaat sama sekali. Sebenarnya bermain game tidak selamanya negatif, selama tidak berlebihan dan Anda melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. 

Berikut adalah beberapa manfaat bermain game yang perlu Anda ketahui :

Manfaat Positif Bermain Game

Butuh Smartphone Gaming yang Andal
Selain aplikasi penunjang, ada juga beberapa game yang sudah berhasil saya install, di antaranya adalah GTA San Andreas, Plants VS Zombies, Minecraft dan PUBG. 

Ke-4 game tersebut, kecuali Minecraft, merupakan game yang membutuhkan kapasitas memori yang cukup besar. Terutama PUBG yang dimainkan secara multiplayer serta membutuhkan koneksi internet yang stabil dan andal. Terkadang membuat ponsel saya agak ngelag.

Bermain Game di Hape ASUS ZenFone Max Pro M1
Mencoba bermain PUBG di ASUS ZenFone Max Pro M1

Sebenarnya masih banyak game favorit lainnya yang belum saya install, seperti MObile LegendsCall of Duty : Mobile, Mortal Combat, BreakneckFree Fire, Modern Combat 5, Real Racing 3 dan Asphalt 9: Legends. Tapi apa daya, ponsel saya sudah terlalu banyak aplikasi, apalagi game-game tersebut memiliki grafis yang tinggi dan memori yang besar. Kalau dipaksakan, nantinya malah ngelag. Apalagi saya juga sering sekali multitasking di smartphone.

Yang bisa saya lakukan paling hanya uninstall aplikasi atau game yang sudah jarang digunakan. Pengennya sih upgrade smartphone yang spesifikasinya lebih gahar, biar saya bisa install dan main semua game favorit saya, tanpa takut ngelag.

Tapi kira-kira smartphone merek apa yang paling recommended dan lancar untuk bermain game? Anda penasaran kan, yuk baca terus ulasannya sampai selesai. 😊

8 ALASAN KENAPA MEMILIH ASUS ROG PHONE 3
Sebagai pengguna smartphone keluaran ASUS, yang sudah terbukti tangguh, saya tetap akan memilih smartphone gaming dari ASUS lagi. Kali ini pilihan jatuh pada ASUS ROG Phone 3 sebagai smartphone gaming idaman saya. Apalagi setelah melihat video review-nya yang berseliweran di Youtube, jadi tambah kepincut deh. ROG merupakan kepanjangan dari Republic of Gamers.

Saya suka dengan desainnya yang gagah, kokoh dan memiliki karakter yang khas. Ditambah layarnya yang lega plus suaranya yang menggelegar. Dari sisi kameranya juga oke. Dan yang paling penting adalah dapur pacunya yang tangguh dan memang dirancang khusus untuk gaming.

FYI, smartphone ini melanjutkan kesuksesan seri ROG Phone 2 sebelumnya yang memang khusus dihadirkan untuk para penggemar mobile gaming, para profesional gamer atau buat mereka yang ingin menikmati sensasi smartphone performa tinggi dengan fitur yang tidak ada pada smartphone flagship biasa.

Mari kita simak, beberapa alasan kenapa saya memilih ASUS ROG Phone 3 :

1. POWERFUL SNAPDRAGON 865 PLUS
Qualcomm Snapdragon 865 Plus
Performa merupakan hal paling utama untuk ponsel gaming sekelas ROG Phone 3 ini. Itulah sebabnya mengapa ROG Phone 3 merupakan smartphone ultimate gaming pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang masuk dalam segmen Snapdragon Elite Gaming

Apa itu Qualcomm Snapdragon Elite Gaming?
Qualcomm Snapdragon Elite Gaming merupakan langkah optimalisasi dalam meningkatkan performa hardware  dan software untuk mobile gaming. Selain itu memiliki fitur teknologi canggih dalam hal visual, performa dan fitur audio yang menambah pengalaman bermain game ke level selanjutnya.

Keunggulan Teknologi Qualcomm Snapdragon Elite Gaming

- Memaksimalkan performa game
Jelas, kualitas grafis jadi hal paling penting dalam mobile gaming. Maka dari itu, Qualcomm Snapdragon Elite Gaming menghadirkan fitur tampilan paling canggih dari True HDR10+ yang memungkinkan output warna hingga 1 miliar warna dengan dynamic range (rentang dinamis) yang luas. Dan juga Physical Based Rendering (PBR) yang membuka akses untuk game berkualitas desktop pada perangkat mobile.

- Teknologi Game Q-sync
Game Q-sync dibuat dan dirancang untuk memastikan frame rate sesuai dengan yang dihasilkan oleh game engine, sehingga mampu menjalankan game berat beresolusi tinggi dengan lancar.

- Update Driver
Gamer dapat melakukan update driver agar bisa terus mengikuti penambahan fitur dan optimalisasi setiap waktu. Gamer perlu mengunduh driver terlebih dulu dari Google Play Store.

- Adaptive Audio
Kombinasi aptX Adaptive Audio dan Qualcomm Aqstic Audio akan menyesuaikan suara agar tetap optimal dan selaras meski menggunakan teknologi wireless ketika bermain game.

- Mengurangi Latency
Perangkat yang menggunakan Snapdragon Elite Gaming menawarkan fitur pendukung untuk menghilangkan layar statis dan stutter dengan Game Jank Reducer v1.0 yang secara signifikan mampu memotong jank hingga 90%.

- Game XR
Pemain dapat menghubungkan perangkat ke 4K TV out put secara nirkabel sehingga pemain dapat melihat permainan dengan warna dan kontras yang luar biasa dari sebuah TV 4K.

Qualcomm Snapdragon 865 Plus

Berbeda dengan Snapdragon 865 biasa yang hanya menghadirkan clock speed 2.96 GHz, Snapdragon 865 Plus hadir dengan performa yang jauh lebih baik serta memiliki 
clock-speed yang lebih tinggi, mencapai 3.1 GHz pada prosesor Kryo 585.

ROG Phone 3 dibekali dengan RAM berteknologi LPDDR5 hingga 16 GB serta memori internal hingga 512 GB dengan tipe UFS 3.1 (Universal Flash Storage) yang memiliki kinerja lebih cepat dibanding dengan jenis eMMC, dan 15% lebih baik dibanding media simpan UFS 3.0. Meski tidak tersedia slot memori eksternal, tapi pengguna tidak perlu khawatir untuk meng-install banyak game dan juga aplikasi (multitasking) yang dijamin akan tetap lancar.

Snapdragon 865 Plus sudah dibekali dengan Snapdragon X55 5G Modem-RF System untuk dukungan jaringan 5G secara global serta Qualcomm AI Engine generasi ke-5 yang mampu meningkatkan kualitas kamera, audio dan tentunya pengalaman gaming pada smartphone yang jauh lebih lancar.

Bahkan pada hasil benchmark yang dikeluarkan oleh situs GSMArena, ROG Phone 3 menempati peringkat pertama pada AnTuTu v8. Skor ini mengalahkan para kompetitornya di kalangan smartphone high-end.

Hasil Pengujian AnTuTu Benchmark

ROG Phone 3 tentu saja memiliki performa yang sangat powerful, berkat dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus. Lalu apa saja keunggulannya? Simak infografis berikut :

Keunggulan Qualcomm Snapdragon 865 Plus

2. MENDUKUNG REFRESH RATE HINGGA 144Hz
Refresh Rate Hingga 144Hz

ROG Phone 3 telah dibekali dengan layar beresolusi AMOLED Full HD+ (1080 x 2340 piksel) dengan aspek rasio 19.5 dan kartu grafis GPU (Graphic Processing Unit) dari Adreno 650. Kinerjanya jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Rendering grafis pada GPU ini memiliki kinerja 25% lebih kencang dan memiliki efisiensi daya 35% lebih baik.

Perpaduan antara prosesor Snapdragon 865 Plus dan GPU Adreno 650 menghasilkan nilai refresh rate yang sangat baik untuk ukuran layar smartphone, yakni 144Hz. Dengan angka setinggi ini, pengguna jelas akan merasakan sensasi bermain game yang luar biasa. Bahkan pergerakan karakter yang ada dalam game akan terasa begitu alami seperti sebuah objek nyata yang bergerak di depan mata. Selain itu juga memberikan pengalaman menonton yang lebih istimewa.

FYI, semakin tinggi nilai refresh rate artinya akan semakin banyak gambar atau frame yang di-render setiap detiknya. Artinya tampilannya semakin baik. Jadi bisa dikatakan ROG Phone 3 mampu mengakomodir game-game yang memiliki grafik cepat dan terus menerus berubah dalam waktu singkat.

Kualitas Layar ROG Phone 3 Sudah 144Hz
Perbandingan refresh rate antara 60Hz dan 144Hz. Kualitas layar ROG Phone 3 lebih unggul berkat refresh rate 144Hz

Lalu apa saja keuntungan perangkat dengan refresh rate 144Hz bagi seorang gamer? Penjelasannya bisa Anda simak di infografis berikut :

Keunggulan Refresh Rate 144Hz

Selain telah dilapisi Gorilla Glass, layar pada ROG Phone 3 juga sudah tersertifikasi TUV Rheinland. Ini artinya ROG Phone 3 sangat layak dan memiliki kualitas yang bukan kaleng-kaleng, karena telah lulus uji kelayakan dari TUV Rheinland (perusahaan penyedia layanan pengujian, inspeksi dan sertifikasi global produk dan jasa industri).

ASUS juga membekali layarnya dengan akurasi warna Delta E <1. Ini merupakan tingkat akurasi warna tertinggi pada standar industri smartphone, monitor dan TV.


3. MONSTER 6000 mAh BATTERY
Kapasitas Baterai Jumbo 6.000 mAh

ROG Phone 3 dilengkapi dengan kapasitas baterai berukuran jumbo, yakni 6000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, pengguna bisa bermain game dengan durasi yang lebih lama. Pengguna juga tidak perlu khawatir kehabisan baterai, karena jika habis bisa diisi dayanya dengan cepat berkat teknologi ROG 30W HyperCharging.

Pengisian daya ini juga dipermudah dengan USB Type-C Power Delivery untuk pengisian dengan adapter USB-C secara fleksibel. Yang menarik, ROG Phone 3 memiliki 2 colokan, satu di bagian bawah dan sisanya di bagian samping.

Kapasitas Baterai Jumbo 6.000 mAh

Tidak cukup di situ saja, ASUS telah membekalinya dengan fitur Power Saving Technology yang dapat membatasi aplikasi yang tidak aktif dan memberikan penghematan daya hingga 67% lebih banyak. Pengisian daya 35 menit sudah mencapai 50%, satu jam mencapai lebih dari 80%, dan terisi penuh dalam waktu sekitar dua jam. Untuk ukuran baterai yang sangat besar, waktu yang dibutuhkankan terbilang singkat.

Untuk memperpanjang masa pakai baterai, ASUS telah menyediakan Menu PowerMaster, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kecepatan pengisian daya. Menu PowerMaster dapat ditemukan di bagian pengaturan.

4. KUALITAS SUARA YANG MEMUKAU
Kualitas Suara Memukau

Semua gamer tentu menginginkan kenyamanan saat bermain game di ponsel. Selain visual yang memukau, bermain game tidak akan menyenangkan tanpa suara yang menggelegar dan juga jernih. Nah di ROG Phone 3 ini, dijamin tidak akan mengecewakan karena telah dilengkapi dengan dual front speaker dengan kualitas suara yang nendang banget.

Kualitas suara ROG Phone 3 dinilai salah satu yang terbaik dari semua smartphone yang ada. Hal ini berkat dukungan Dirac (teknologi dari Swedia) yang telah disematkan ASUS. Keistimewaan Dirac adalah menyajikan kualitas suara yang menggelegar tapi tetap terdengar jernih dan jelas. Sementara fitur lainnya yang disematkan adalah fitur Game Mode yang memungkinkan pengguna untuk melacak keberadaan musuh dari arah datangnya suara.

Completely Immersive Sound

Lalu ada fitur audio keren lainnya yang disematkan ASUS, yakni teknologi noise-canceling quad-mic array yang bertugas untuk meredam kebisingan sekaligus mengoptimalkan ucapan serta menyaring noise di latar belakang untuk menghasilkan vokal sebening kristal

Dan terakhir ada fitur GameFX milik ROG Phone 3 yang menyajikan kualitas suara yang immersive dengan dual speaker yang menghadap ke depan. Dijamin, pengalaman menonton dan bermain game bakal menjadi lebih seru.

Anda bisa bayangkan, ke-4 fitur audio yang canggih disematkan menjadi satu di ROG Phone 3. Pastinya output suara yang dihasilkan sangat baik. Tidak hanya menggelegar, tapi suara juga akan terdengar tegas, jernih dan tidak sember.

5. DILENGKAPI 3 KAMERA YANG ISTIMEWA
Dilengkapi 3 Kamera

ASUS sangat memperhatikan kebutuhan pengguna dengan menyematkan tiga buah kamera di bagian belakangnya. Resolusi kamera utama sebesar 64 MP dengan fitur wide angle yang menggunakan sensor Sony IMX686. Lalu kamera kedua sebesar 13 MP dengan fitur ultra wide angle dan ketiga kamera makro berkekuatan 5 MP.  Di bagian depan, ASUS membekali kamera beresolusi 24 MP yang cocok untuk penggemar serlfie.

Sensor ultra wide ROG Phone 3 sanggup mengambil foto panorama dengan sudut luas sebesar 125 derajat. Sementara lensa makronya berguna untuk mengambil foto close-up dengan tetap menjaga ketajaman objek. Smartphone ini juga sudah mendukung perekaman video beresolusi 8K dengan frame rate 30fps. Pengguna juga bisa merekam video beresolusi 4K dengan frame rate hingga 120fps.

Berikut adalah beberapa contoh objek hasil jepretan kamera ROG Phone 3 :

ROG Phone 3 Camera
Auto night mode ASUS ROG Phone 3. Image : gsmarena.com

ROG Phone 3 Camera
Foto colse-up (lensa makreo) ASUS ROG Phone 3. Image : gsmarena.com

ROG Phone 3 Camera
Sensor ultra lebar ASUS ROG Phone 3. Image : gsmarena.com

ROG Phone 3 Camera
Kamera utama 64 MP ASUS ROG Phone 3. Image : gsmarena.com

6. DESAINNYA MEMILIKI KARAKTER YANG KHAS
Desain ROG Phone Memiliki Karakter Khas

ROG Phone 3 memiliki desain yang berkarakter khas dengan body belakang dibuat sedikit melengkung. Smartphone ini memiliki dimensi yang cukup besar dengan ketebalan hampir 10 mm dan berat 240 gram. Bagian frame atau bingkai terbuat dari metal, sementara kaca belakangnya dilapisi Gorilla Glass 3.

Di bagian tengah body belakang dipasang AURA RGB lighting. Di sebelahnya terdapat sebuah lubang fisik untuk mengeluarkan panas dari dalam. ROG Phone 3 dilengkapi dengan empat mikrofon yang dipasang di sekeliling body, dan total ada tiga buah port USB-C yang dipasang di bagian bawah dan dua di sebelah kiri.

Aura RGB Lighting ROG Phone 3

Di bagian kiri terdapat sebuah port yang digunakan untuk charging. Dan di sebelahnya khusus untuk memasangkan aksesori tambahan, seperti kipas pendingin AeroCooler, Docking Station, ROG Gamepad dan aksesori lainnya.

7. KUALITAS LAYAR YANG LEBIH BAIK
Kualitas Layar ROG Phone 3 Mantap

Dimensi layar ROG Phone memiliki luas layar 6.59 inci (1.080 x 2.340 piksel) dengan resolusi AMOLED full HD+. Kualitas layar telah mendukung refresh rate hingga 144Hz, dengan touch sampling rate 270Hz dan latensi singkat 25ms. Artinya layar ROG Phone 3 bakal terlihat sangat mulus dan responsif ketika disentuh. Hal ini sangat penting untuk para gamer yang membutuhkan tingkat presisi tinggi.

Selain nyaman digunakan untuk bermain game, layar ROG Phone 3 juga cocok untuk kebutuhan multimedia lainnya, seperti menonton film. Perangkat juga telah mendukung Widevie L1. In-display fingerprint sensornya juga cukup responsif dan cukup instan dalam membaca sidik jari.

8. BUILT FOR GAMER
ROG Phone 3 telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk para penggemar game. Smartphone yang berbasis Android 10 ini juga tetap mempertahankan fitur pintasan untuk kunci layar dengan ketuk bar notifikasi dua kali dan tentunya beberapa fitur gaming khusus berikut ini :

HyperFusion Network Technology
Hyper Fusion Network Technology ROG Phone 3

Fitur HyperFusion Network memungkinkan pengguna untuk menggabungkan jaringan 5G dengan Multi Antena WiFi 6 secara bersamaan untuk menghasilkan konektivitas terbaik ketika bermain game maupun menikmati multimedia lainnya. 
Dengan demikian pengguna dapat bermain game multiplayer secara stabil dan andal.

X Mode
Game Profile Customization ROG Phone 3

Fitur ini akan membuat smartphone menghadirkan performa yang paling tinggi. Ketika digunakan, wallpaper default akan melakukan transisi menjadi nuansa warna merah yang keren. X Mode ini akan menangani kinerja seluruh sistem dengan sangat ahli. Dan dengan fitur ini, Anda dengan leluasa dapat melakukan personalisasi kapanpun.

X Mode memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan parameter dan mengoptimalkan kinerja ROG Phone 3 dan menyesuaikannya kembali untuk aplikasi dan game yang lainnya.

Armoury Crate
Armoury Crate ROG Phone 3

Sebenarnya ini merupakan sebuah aplikasi lengkap yang terhubung dengan pengguna ROG lainnya dan bisa mengontrol fitur tertentu seperti AURA RGB. Jadi lampu di body belakang ROG Phone 3 ini bisa pengguna atur sesuai selera, seperti mengatur intensitas kecerahan, warna dan lampu ini bisa menyala (ketika ada notifikasi, panggilan telepon atau mau nyalakan setiap saat juga bisa).

Pengguna juga bisa mencari referensi game-game yang sudah support 120Hz maupun 144Hz, daftar game yang kompatibel dengan Kunai Gamepad, TwinView  Dock, Air Trigger dan aksesori lainnya.

Game Genie
Game Genie The Ultimate Gaming ROG Phone 3

Pengguna dapat mengakses fitur Game Genie ketika sedang bermain game di smartphone. Cukup swipe dari ujung layar, Game Genie akan menampilkan informasi perangkat, mulai dari suhu, pintasan untuk mematikan notifikasi maupun telepon.

AirTrigger 3
Fitur Air Trigger 3 ROG Phone 3

Pengguna dapat mengontrol game dengan menggunakan sensor gerak, yakni dengan cara memiringkan ROG Phone3 atau beragam jenis swipe control yang akan membuat game semakin mudah dimainkan.

Sensor sentuh ultrasonik (terletak di bagian sisi smartphone) dapat digunakan dalam setiap aksi dalam game untuk mendapatkan pengalaman layaknya Anda sedang bermain game konsol.

AirTrigger ROG Phone 3

Ketika fitur Air Trigger diaktifkan, fungsinya akan mirip seperti tombol L1 dan R1 pada joystick di PlayStation 4 (PS4). Sehingga pengguna dapat memanfaatkannya untuk melakukan berbagai perintah dalam game dengan lebih mudah, seperti menembak, membidik dan lain sebagainya. Pengguna pun dapat mengatur tingkat sensitivitas sesuai kebutuhan.

Side-mounted Port
Side-mounted Port ROG Phone 3

Selain di bagian bawah body, ASUS menghadirkan prot charger di bagian samping body. Kehadiran port USB Type-C di bagian samping ini sangat berguna agar pengguna tetap bisa melakukan charging smartphone tanpa mengganggu gerak tangan ketika bermain game.

Fitur GameCool 3
ROG Phone 3 Tidak Cepat Panas

ROG Phone telah dilengkapi dengan sistem pendingin GameCool 3 yang dilengkapi 3D Vapor Chamber. GameCool 3 hadir dengan heatsink yang lebih besar dari sistem pendingin generasi sebelumnya. Heatsink berfungsi untuk menghantarkan panas dari komponen utama di ROG Phone 3 dan melepaskannya di ventilasi udara yang terdapat di bagian belakang smarpthone.

AKSESORI UNTUK GAMING CUKUP LENGKAP 
Multi Aksesori ROG Phone 3

Selain aspek audio dan visual, ASUS juga sangat memperhatikan aspek kenyamanan saat bermain game di smartphone. ASUS telah melengkapi ROG Phone 3 dengan berbagai aksesori tambahan yang keren yang membuat ROG Phone 3 menjadi smartphone "paling gaming dan unik".

Aksesori ini tidak hanya sebagai hiasan saja, tapi bisa membuat permainan menjadi lebih nyaman dan pastinya menyenangkan layaknya Anda bermain game konsol.

ROG KUNAI 3 GAMEPAD

Aksesori ini adalah kontroler game yang bisa dipasangkan pada perangkat ROG Phone 3. Aksesori ini terdiri dari casing dengan dua sisi kontroler yang dapat dilepas. 

Kontroler ini memiliki tombol fisik dan kontrol analog untuk pengalaman bermain game sekelas konsol.

Memiliki desain baru yang lebih kokoh dan fleksibel, ROG Kunai 3 Gamepad juga didukung oleh fitur Key Mapping melalui Game Genie dan telah kompatibel dengan berbagai game. Pengguna bisa melihat daftar game yang kompatibel dengan ROG Kunai 3 Gamepad melalui aplikasi Armoury Crate.

ROG TWINVIEW DOCK 3

TwinView Dock 3 akan menawarkan pengalaman gaming layar ganda asli dengan layar tambahan AMOLED FHD+ (2.340 x 1.080) seluas 6.59 inci yang sangat bagus untuk streaming langsung di layar terpisah, tampilan game yang diperpanjang maupun komunikasi antar group.

Aksesori keren ini dilengkapi dengan kipas yang berfungsi sebagai pendingin, baterai berkapasitas 5.000 mAh dan layar yang juga sama-sama memiliki refresh rate 144Hz yang serupa dengan ROG Phone 3, sehingga menghasilkan kualitas gambar yang jernih. 

Pengguna juga dapat mengkombinasikan TwinView Dock 3 dengan Kunai 3 Gamepad agar permainan menjadi lebih seru. Untuk melihat daftar game yang kompatibel dengan TwinView Dock 3 dapat dilihat melalui aplikasi Armoury Crate.

ROG CLIP

Pengguna ROG Phone 3 dapat menghubungkan perangkat dengan kontroler seperti DualShock 4, XBox One atau Google Stadia dengan mudah.

Cukup pasangkan ROG Clip di salah satu kontroler tersebut dan tempatkan ROG Phone 3 pada dudukan yang telah disediakan. 

Dengan demikian, pengalaman bermain game menjadi lebih seru dan menyenangkan. Bahkan Anda serasa bermain game dengan menggunakan konsol. 

ROG AERO CASE 3

Dengan memasang casing Aero Case 3, maka ROG phone 3 akan terlindungi dengan sangat baik. 

Sekaligus menambah tampilan baru yang lebih keren dan lebih gagah, meski saat pengguna menggunakan aksesori lainnya, seperti AeroActive Cooler 3 atau TwinView Dock 3.

Aero Case 3 akan melindungi bagian-bagian penting dari body ROG Phone 3, sehingga pengguna tidak perlu khawatir terhadap berbagai goresan yang kapan saja bisa terjadi. Didesain dengan sangat nyaman ketika dipegang maupun dimainkan.

AEROACTIVE COOLER 3

Kehadiran aksesori AeroActive Cooler rupanya tidak bisa dipisahkan dari ROG Phone. Kali ini AeroActive Cooler 3 menawarkan performa pendinginan yang lebih baik dan tingkat kebisingan yang jauh lebih rendah. 

Selain itu, di bagian bawah AeroActive Cooler 3 dilengkapi dengan port USB Type-C untuk pengisian daya dan 3.5 mm headset jack

Teknologi ini mampu menurunkan suhu permukaan hingga 4 derajat, sehingga memungkinkan pengguna untuk bermain game dalam waktu yang lebih lama di ROG Phone 3. Karena smartphone tidak mudah panas ketika digunakan bermain game seharian.

HARGA DAN SPESIFIKASI LENGKAP ROG PHONE 3
ASUS ROG Phone 3

Smartphone gaming ini memiliki dua varian harga yang berbeda. Yang pertama dibanderol sebesar Rp. 9.999.000 (8 GB / 128 GB) dan untuk varian dengan spesifikasi memori yang lebih tinggi sebesar Rp. 14.999.000 (12 GB / 256 GB).

Smartphone yang berjalan di sistem Android 10 ini hanya tersedia dalam warna hitam glare saja, sehingga memberikan karakter yang gagah dan keren bagi para gamer.

Berikut adalah spesifikasi lengkap ASUS ROG Phone 3 :

Spesifikasi ASUS ROG Phone 3

KESIMPULAN
ROG Phone 3 menawarkan value yang cukup tinggi dengan perbandingan fitur dan harga yang sebanding. Smartphone ini tidak hanya cocok untuk para gamer saja, tapi juga cocok untuk non-gamer sekalipun. 

ASUS ROG Phone 3

Apalagi didukung dengan performa yang andal dan baterai yang besar, cocok untuk kebutuhan multimedia dan pekerjaan digital Anda sehari-hari. Inilah yang membuat ROG Phone 3 menjadi satu-satunya smartphone "The Ultimate Winner" yang menjadi opsi salah satu flagship terbaik di tahun 2020 ini yang bisa Anda pilih.

Semoga bermanfaat.


Referensi :

artikel :
- asus.com/id/phone-accessories/rog-twinview-dock-3-zs661kss/
- asus.com/id/Phone/ROG-Phone-3
- gizmologi.id/review/asus-rog-phone-3/amp/
- rexus.id/manfaat-bermain-game/
- arenalte.com/berita/industri/qualcomm-snapdragon-elite-gaming-mobile-gaming/
- gsmarena.com

video :
- GadgetMatch
- Kepoin Tekno

51 comments for "Asus ROG Phone 3, Smartphone Gaming Idaman Para Gamer"

  1. Gadget produksi ASUS mah gak usah ditanya lagi gimana kualitasnya ya. Pasti top martkotop pokoknya. Mana setiap mau rilis produk baru selalu dinanti-nanti.

    Ah, gak rugi jadi penggemarnya ASUS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju lah, selalu ada inovasi di setiap produk barunya. Makasih sudah berkunjung

      Delete
  2. harganya pasti mahal nih mas, nabung berapa tahun baru bisa beli :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya di atas hape biasa, soalnya fiturnya lengkap dan canggih

      Delete
  3. ini hp idaman aku, selain enak untuk main game, batere badak dan ada variasi pendingin pula, duh impian benget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kirain saya aja yang ngidam ini hape, eh banyak juga toh. Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  4. wow mupeng banget nih...takjub lihat kehebatan Asus ROG Phone 3 ini...pasti handphone dengan spek lengkap seperti ini banyak diburu para gamer. Saya punya Asus Zenfone M2 karena menang lomba blog, itupun sudah lumayan bisa digunakan ngegame...kalau punya Asua ROG Phone 3...hmmm...pasti lebih semangat lagi main game.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya geh pake ZenFone Max Pro M1, udah lumayan. Tapi kalo game nya berat banget, ya pasti ngelag, soalnya speknya bukan khusus gaming, jadi ya wajar aja...

      Kalo rog phone 3 ini jangan ditanya deh

      Delete
  5. Smartphone idaman banget pokoknya. Powerfull banget buat gaming.

    ReplyDelete
  6. Kualitasnya Luar biasa harga segitu cocok aja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Worth it lah, lha wong fitur-fitur nya lengkap dan canggih euy

      Delete
  7. Bagi penggemar game, Asus ROG Phone 3 ini rekomended banget ya kang, dengan segala kelebihan dan performa yang makin ditingkatkan, kepuasan pengguna pasti lebih terakomodasi.

    Sukses terus buat Asus, sukses juga buat kang Hendra.

    Good luck!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiiin, sukses juga buat Kang Maman. Menurut saya pribadi sih iyess, cocok buat gamer dan juga non-gamer, apalagi yang suka multitasking kayak saya Kang..

      Delete
  8. Menarik banget, Dewi jadi pingin nge-game dg ROG phone 3 baca ulasan kak Hendra.

    ReplyDelete
  9. Ya ampuuun...sejak zaman dindgong gocap! :D
    Btw, akh bukan gamer, tapi naksir spek kameranya. Rugi nggak sih kalo beli hape gaming ini karena ngincer kameranya dan malah nggak dipake buat nge-game?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu, ding-dong dulu cuma 50 perak / koin.

      Delete
  10. Waduh, dari sini aja terlihat kalo resolusi gambarnya tajem banget yah. Kebayang yg pegang Asus ROG beneran. Bakalan betah banget nih ngegamenya. Spek HPnya mantap. Tinggal cari kursi leyeh-leyeh yg pas...Hehe

    ReplyDelete
  11. woooww, ngegame bakalan lupa waktu nih pakai hp ini ya, secara fitur dan performanya tangguh bener buat ngegame hihih.
    anakku juga lagi suka main Minecraft itu, kalau saya sih cukuplah main Plant VS Zombie aja, itu juga gak sering-sering amat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya dong, apalagi battery nya jumbo, main game bisa seharian

      Delete
  12. hape yang kece badai apalagi buat ngegaming
    pengen banget ikut lombanya tapi sadar di luar pengetahuan
    jadi... saya menyimak aja siapa nanti yang menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan aja om, biar merasakan sensasi lomba blog Asus ini, hehehe

      Delete
  13. Kalau saya pakai max pro m2, enggak bisa dipakai main game lagi hiks... Bukan salah hpnya tapi memang udah penuh sama aplikasi lain... Pengen banget punya rog phone 3...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumlah aplikasi di hape saya juga udah banyak, padahal pengen banget install game-game grafik tinggi, ngarepin si ROG aja deh

      Delete
  14. Wahhhh... gawat ini kalo ketahuan anakku. Pasti mupeng dengan sama ROG Phone 3 ini. Dia gamer sejak masih kecil. Lihat ini, pasti langsung dimasukin ke wishlist. Siap-siap bongkar celengan, makkkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung share aja artikel ini ke anaknya Mba, hahaha

      Delete
  15. Oh ini hp yg bikin heboh ituuuu.. keren bgt. Pantesan byk yg pgn bawa pulang mas.
    .btw lengkap bgt loh ulasannya.

    ReplyDelete
  16. Waaah spek nya lengkap banget ya sebagai HP gamer. Anakku gamer pasti mupeng banget nih kalau dikasih tau HP ini. Hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suruh baca artikel ini aja Mba, biar tambah ngiler hehehe

      Delete
  17. Ya Ampun lengkap sudah ini ulasannya...
    Aku jadi naksir sama ROG Phone 3 nya kaka...

    ReplyDelete
  18. Wah lengkap banget ulasannya. Gamer kudu punya nih. Kebayang ngegame bakal lbh seru, cepat, gambar dan suara nya juga oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ulasannya masih bisa lebih panjang lagi, tapi malah takutnya keluar dari tema review si ROG ini Mba. Yah namanya juga smartphone gaming, pasti speknya jauh lebih unggul dari smartphone biasa, tapi si ROG ini malah punya kamera, suara dan desain yang keren ya

      Delete
  19. anak saya suka maen game & saya larang, nah liat manfaat maen game di sini jadi mikir ulang nih buat buka gembok jatah maen game diberikan kembali hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama tidak kebablasan dan masih bisa ngontrol bermain game, ya sah-sah aja sih. Yang dilarang kalo sudah lupa diri, lupa waktu dan lupa segalanya, bermain game jatuhnya jadi negatif. Ini yang tidak baik, baik buat kesehatan mental maupun fisik

      Delete
  20. Keren banget ini spesifikasi handphone nya :) langsung nafsu untuk punya,, tapi pas lihat harganya langsung mundur cantik :) kapan bisa kebelinya nih handphone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insha Allah kalo mau niat sih bisa nabung buat beli hape keren ini Mba Anisa

      Delete
  21. Wuiiih, main game bisa bikin awet mudah juga ya, auto sering main game, tapi yang ringan aja sih aku. Tapi, ini cakep banget ini ASUS ROG-Phone 3 ini. Spesifikasinya gahar sebagai smartphone untuk bermain game. RAM 16 GB, internal memori sampai 512 GB. Udah berasa komputer deh. Dayanya 6000 MAh pula. Mana itu hasil jepretan kamera mode nightnya cakep banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoke speknya mantul abis ya. Kalo udah punya ROG, pasti deh pengen install game ini game itu, karena penasaran pengen nyobain macam mana main game di ROG

      Delete
  22. Duh spesifikasinyaaa, bikin pengin memiliki bgt. Walaupun keunggulan utama untuk support gaming, hasilnkamera juga ttep jernih ey. Ngebayangin punya rog ini kayanya urusan digital, gaming, dan entertain bisa lancar djayaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk sama-sama ngebayangin dulu kalo nanti punya ROG mau dipakai buat ngapain aja

      Delete
  23. Asus memang nggak ada matinya ya kalau urusan bikin gadget keren. Rog Phone ini salah satu gadget idaman juga. Tapi kalau nggak dipakai ngegame nggak papa kan ya? Nggak begitu paham game. Ngertinya drakor wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah punya ROG Phone 3, rasanya gak mungkin kalo cuma buat nonton film doang, pasti dibelain install game dan penasaran buat mainin game tersebut. Cobain aja Mba, hehehe

      Delete
  24. Wah, lengkap dan detail banget nih ulasannya, Mas Hendra. Semoga bisa meminang ROG Phone 3 ya, Mas. Aamiin. Btw, spesifikasinya ROG Phone 3 memang bikin ngiler banget sih! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ulasannya tidak selengkap Anda Ferguso!! Speknya memang bikin ngiler deeh

      Delete
  25. Mantab Sekali smartphone ini. Suamiku udah lama idamin hp ini haha..

    ReplyDelete

Berlangganan via Email