Bagaimana Menjadi Seorang Blogger yang #BeMoreProductive?


Sebagai seorang blogger, menulis artikel adalah aktivitas yang biasa saya lakukan. Namun menjadi seorang blogger yang produktif dalam menulis merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi saya dan mungkin juga bagi blogger lainnya, karena menjadi blogger produktif tidaklah mudah. Ada sebuah proses yang harus dilalui, karena semuanya tidak bisa kita peroleh secara instan. Namun hal paling mendasar yang sebaiknya harus dimiliki adalah bagaimana menanamkan niat dan konsisten.


Dengan memadukan antara produktivitas dan tentu saja kreativitas, hasil atau pencapaian saya selama berkesimpung dalam dunia bloging, baru saya rasakan beberapa tahun kemudian. Tawaran kerjasama untuk melakukan review maupun content placement dari beberapa brand pun mulai berdatangan. Beberapa lomba blog yang saya ikuti, diantaranya ada yang membuahkan hasil. Semuanya tentu saja tidak lepas dari kerja keras saya dalam membangun blog.


Baca Pencapaian Blog Mas Hendra :
Achievements Blog Mas Hendra
Partnership Blog Mas Hendra



Enam Tips Meningkatkan Produktivitas Menulis - Blog Mas Hendra

Lantas langkah apa yang sebaiknya ditempuh untuk meningkatkan produktivitas dalam menulis? Saya akan berbagi tips sederhana yang saya rangkum dari pengalaman saya selama berkecimpung dalam dunia blogging. Berikut tips yang bisa Anda lakukan : 

💚 1. MEMULAI PERUBAHAN
Menyewa Ruangan di XWORK - Blog Mas Hendra
Langkah paling awal untuk meningkatkan produktivitas adalah keinginan untuk berubah dan menjadi lebih baik lagi di masa depan. Jika kita tidak memulai untuk berubah dari sekarang, makan kita tidak akan pernah merasakan yang namanya produktivitas, karena produktivitas merupakan cara yang kita lakukan untuk mewujudkan perubahan tersebut. 

Jika hasil yang ingin kita capai mengalami perubahan, maka harus ada sesuatu yang sebaiknya kita ubah, yakni mengubah cara berpikir, bekerja dan bertindak, sehingga potensi untuk memperoleh perubahan menjadi terbuka lebar.

Bagaimana, masuk akal bukan?

Jangan pernah berpikir bahwa apa yang kita lakukan selama ini adalah sudah yang terbaik. Jika kita berpikir demikian, maka perubahan itu tidak akan pernah ada, sehingga produktivitas hanya berjalan di tempat alias stuck!

💚 2. TETAP MENULIS
Langkah selanjutnya untuk meningkatkan produktivitas dalam menulis adalah tetap menulis.

Jadi Intinya adalah mulailah tetap menulis! Bukalah halaman baru untuk menulis post, mulailah menulis apa yang terlintas di dalam benak kita. Biarlah ia mengalir apa adanya. Lalu arahkan kepada topik yang ingin kita tulis.

Setelah kita menyelesaikan sebuah kalimat, biasanya akan muncul ide-ide baru yang siap dituangkan ke dalam tulisan. Tetaplah menulis hingga beberapa kalimat tadi membentuk menjadi sebuah artikel. Lupakan urusan mengedit, karena ini akan mengganggu konsentrasi serta ide-ide yang sudah ada di dalam kepala.

Jika sudah selesai menulis sebuah artikel, baru bisa mulai mengedit dan memperhatikan kesalahan ketik, tata bahasa dan juga tanda baca.

💚 3. THINK OUT OF THE BOX
Out of the box berarti "keluar dari kotak". Kotak disini berarti batasan yang kita miliki. Artinya pola berpikir kita sebaiknya jangan dibatasi dengan kebiasaan yang itu-itu saja.

Kita harus berani keluar dari kebiasaan yang monoton. Mulailah berpikir dengan cara yang tidak biasa atau belum pernah kita lakukan. Langkah ini dinilai sebagai sebuah langkah kreatif kita dalam melakukan sesuatu yang tidak biasa. Karena kreativitas akan mendukung produktivitas.

💚 4. TENTUKAN JADWAL
Blogging adalah sebuah pekerjaan yang terkadang juga memiliki tenggat waktu (deadline), apalagi kalau sedang ada job dari pihak sponsor, yang terkadang ingin cepat untuk dipublish dalam waktu dekat. Bahkan saya pernah dapat job yang harus dipublish pada hari itu juga.

Maka dari itu membuat jadwal yang tepat akan membantu memudahkan kita untuk menulis artikel. Atur waktu yang tepat kapan untuk menulis artikel untuk lomba, artikel dari sponsor maupun artikel yang datang dari pemikiran sendiri.

Pilihlah waktu yang menurut kita terbaik untuk menulis, serta tidak terganggu dengan berbagai aktivitas lainnya, sehingga blogging menjadi lebih fokus dan maksimal.

💚 5. TENTUKAN TARGET
Target sama halnya dengan jadwal. Jadwal menentukan kapan kita harus menulis, sedangkan target adalah pencapaian (achievements) apa yang selama ini sudah kita peroleh. Apakah kita ingin menulis satu artikel setiap hari atau bahkan lebih. Tapi jangan paksakan diri, buatlah sefleksibel mungkin, buat diri kita merasa nyaman ketika menulis artikel, namun tetap dalam target yang telah kita buat sebelumnya, sehingga aktivitas blogging menjadi terarah lebih baik.

💚 6. TEMUKAN SUASANA BARU
Menyewa Ruangan di XWORK - Blog Mas Hendra
Kedengarannya sih sepele, tapi dampaknya terasa banget loh. Untuk menjadi blogger yang produktif bukan berarti tidak pernah menemui kendala di tengah aktivitasnya. 

Terkadang kita merasa bosan atau jenuh dengan suasana yang itu-itu saja, sehingga seringkali menemui kesulitan ketika ingin mengembangkan ide yang sudah ada di kepala. 

Mencari suasana baru kerap dilakukan kebanyakan blogger, termasuk saya, dengan tujuan agar lebih mudah dalam memperoleh inspirasi baru untuk menulis.

Percaya atau tidak, biasanya kita memperoleh ide-ide baru untuk menulis ketika melakukan aktivitas di luar rumah. Ini artinya kita membutuhkan suasana baru yang lebih mendukung untuk mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah tulisan yang bermanfaat. Dengan demikian produktivitas dalam menulis pun akan terjaga dengan baik, sehingga blogging dapat dilakukan secara maksimal.

Ngeblog Santai di Sanderson Coffee Bersama XWORK - Blog Mas Hendra

Untuk mendapatkan suasana baru ketika blogging, belum lama ini saya menyewa sebuah ruangan di bilangan Bintaro, Jakarta Selatan. Melalui sebuah Start-up yang bernama XWORK, saya menyewa sebuah ruangan kantor yang saya gunakan untuk aktivitas blogging dengan suasana kerja yang sangat mendukung, baik dari segi kenyamanan maupun fasilitas yang saya dapatkan.

Nah sebelum lanjut berbagi pengalaman saya bersama XWORK, saya akan jelaskan sedikit mengenai apa itu XWORK, apa saja keunggulannya serta fitur-fitur yang ada didalamnya sehingga kita akan memperoleh kemudahan ketika ingin menyewa ruangan melalui XWORK.


XWORK merupakan sebuah website dan aplikasi untuk memfasilitasi berbagai keperluan Anda untuk menemukan dan menyewa berbagai ruangan, mulai dari ruang meeting, ruang kantor, ruang acara dengan biaya per jam hingga per bulan. Melalui XWORK, Anda bisa menemukan ribuan ruang meeting, ruang kantor, coworking space, virtual office dan ruangan lainnya untuk berbagai keperluan.

Keberadaan XWORK di era digital ini sangat membantu bagi mereka yang memang membutuhkan tempat untuk bekerja yang lebih nyaman, harga terjangkau serta dilengkapi dengan berbagai falisitas, sehingga para pengguna pun akan dimanjakan dan merasakan kenyamanan ketika beraktivitas.

Tidak hanya blogger saja, apa pun profesinya, mulai dari freelance writer, content creator, buzzer hingga profesional, bisa memanfaatkan fasilitas ruang yang disediakan oleh XWORK untuk berbagai kebutuhan, sehingga produktivitas dalam bekerja akan diperoleh dengan baik.


Jenis Ruang Kerja di XWORK - Blog Mas Hendra




XWORK yang telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 1200 ruang meeting, hadir sebagai solusi bagi mereka yang membutuhkan ruang meeting dengan cepat dan mudah. Hanya kurang dari 1 menit, para pengguna sudah bisa mendapatkan ruangan yang dibutuhkan. Selain menawarkan kemudahan, penyewa juga dapat memilih ruangan yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut adalah empat keunggulan yang dimiliki XWORK :

1. Transaksi Online Mudah dan Terpercaya
Transaksi yang Anda lakukan di XWORK telah dijamin keamanannya 100% dengan menggunakan sistem SSL. SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, merupakan sebuah protokol enkripsi yang membantu menyembunyikan informasi dari pihak ketiga yang mungkin saja mencoba untuk mencuri informasi pribadi dari pelanggan Anda. 

Anda juga bisa memilih dua jenis transaksi, mulai dari bank transfer dan kartu kredit.

2. Real-time Booking
Kalian tidak perlu melakukan konfirmasi tambahan apapun, ketika melakukan pemesanan dalam waktu 24/7.

3. Price Match Guarantee
Harga yang ditawarkan oleh XWORK merupakan harga terbaik dan harga yang tercantum adalah harga final.

4. Mitra Partner Terlengkap di Indonesia
Banyak pilihan ruangan dengan beragam variasi dan fasilitas yang bisa kalian pilih, mulai dari ruang meeting, ruang kantor, co-working space, ruang training dan ruang acara terlengkap.





Ada setidaknya empat fitur dari XWORK yang akan membantu memudahkan Anda untuk mendapatkan ruangan sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari keperluan meeting harian, mingguan, bulanan bahkan hingga spceial event. Sehingga dengan demikian produktivitas Anda dalam menjalani rutinitas bersama partner dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, Anda juga bisa sekaligus memesan makanan dan minuman dalam satu tagihan ketika memesan ruangan untuk berbagi keperluan Anda, sehingga Anda tidak bingung lagi untuk membeli makanan ataupun minuman.



Sanderson Coffee di Bintaro - Blog Mas Hendra

Agar menjadi seorang blogger yang produktif, niat dan konsisten saja dirasa masih kurang. Terkadang saya membutuhkan sebuah suasana baru yang lebih nyaman, agar lebih mudah mendapatkan inspirasi baru untuk menulis, sehingga aktivitas ngeblog menjadi lebih maksimal.

Awal bulan Mei 2018 lalu, karena sibuk dengan kerjaan dan berbagai problematika lainnya, saya cukup kesulitan mencari inspirasi untuk menulis. Biasanya saya menulis satu artikel dalam sehari, tapi entah kenapa belakangan ini produktivitas saya menurun. Satu artikel baru dipublish di blog dalam waktu dua atau tiga hari, itupun didominasi sama tulisan titipan dari sponsor, bukan dari hasil pemikiran saya sendiri.

Kesulitan mencari inspirasi atau ide menulis, memaksa saya bergerak keluar dari rumah hanya untuk mencari suasana baru yang lebih nyaman. Bukan berarti suasana di rumah gak nyaman loh ya, hanya saja saya ingin merasakan sensasi ngeblog yang berbeda dengan suasana baru yang belum pernah saya temui sebelumnya.

Tujuannya kali ini bukan ke tempat wisata atau taman hiburan, seperti yang biasa saya lakukan, melainkan menyewa sebuah ruangan yang nyaman dan lengkap dengan berbagai fasilitas pendukungnya. Ini merupakan pengalaman pertama saya menyewa ruang kerja melalui XWORK.

Lokasinya berada persis di pinggir jalan, yakni di Jalan Bintaro Raya, Jakarta Selatan. Bertempat di Sanderson Coffee, ruang kerja ini memiliki daya tarik tersendiri, karena pengguna ruangan meeting juga bisa menikmati beragam olahan kopi yang terletak persis di sebelahnya.

Di Sanderson Coffee terdapat beberapa ruangan yang memang disewakan untuk berbagai keperluan. Tempatnya cukup luas dan nyaman, tidak berisik, kamar mandi bersih serta sudah didukung beberapa fasilitass yang cukup lengkap untuk berbagai keperluan meeting Anda.

Berhubung ruangan yang saya inginkan tidak ada karena hari libur nasional (Kamis, 10 Mei 2018), saya dibantu oleh seorang staff untuk mendapatkan ruangan pengganti. Meskipun saya tidak mendapatkan ruangan seperti yang dikirimkan melalui email, tapi ruangan pengganti ini cukup nyaman, lebih besar, lengkap dengan fasilitas pendukungnya serta dilengkapi AC. Tapi yang saya butuhkan cuma AC sama akses Wi-Fi aja sih, hahaha...

Dengan mengandalkan koneksi Wi-Fi yang cepat dan laptop saya yang sudah mulai usang, saya mulai menulis artikel serta kebutuhan blogging lainnya. Percaya atau tidak, suasana dan lingkungan yang nyaman serta mendukung, membuat aktivitas blogging saya menjadi lebih fokus dan maksimal, sehingga saya lebih produktif lagi dalam menulis. Bahkan durasi booking ruangan selama 2 jam, dari jam 10 sampai jam 12 siang, tidak terasa sama sekali.


Halaman Ruang Meeting di Sanderson Coffee - Blog Mas Hendra
Halaman di ruang meeting di Sanderson Coffee. Tampak ada beberapa ruang meeting yang tersedia

Suasana di Sanderson Coffee, Bintaro Raya - Blog Mas Hendra
Suasana di Sanderson Coffee pagi hari, Kamis, 10 Mei 2018

Terasa banget produktivitas saya meningkat dua kali lipat, karena suasana yang sangat kondusif untuk bekerja. Ide pun dapat dengan mudah mengalir menghiasi tulisan-tulisan saya. Biasanya saya cuma bengong memandangi layar laptop karena bingung mau nulis apaan, tapi kemarin di XWORK malah mudah banget nulis artikel dan aktvitas blogging lainnya.

Enaknya di XWORK, harga sewa ruangan sangat bervariasi, dari yang paling murah hanya IDR 50.000/jam hingga yang paling mahal. Selain itu juga lokasinya banyak dan mudah dijangkau serta strategis, menjadi satu dengan cafe, restoran, kantor maupun hotel, sehingga menambah suasana kerja menjadi lebih kondusif. Tidak monoton dan membosankan.




8 Alasan Memilih XWORK - Blog Mas Hendra

Untuk meningkatkan produktivitas menulis yang sempat vakum karena berbagai hal, saya mencoba ngeblog dengan suasana baru yang belum pernah saya temui sebelumnya. 

Solusinya, saya pun mencoba menyewa ruangan di XWORK, dengan harapan akan memberikan semangat baru, sehingga aktivitas blogging akan kembali lancar.

Maka dari itu, berdasar pengalaman pertama saya menyewa ruangan di XWORK, saya ingin membeberkan point-point penting mengapa sebaiknya Anda memilih XWORK guna membantu meningkatkan produktivitas kerja Anda menjadi lebih baik lagi.

💚 1. SUASANA KERJA LEBIH NYAMAN
Banyak studi membuktikan kalau suasana kerja yang nyaman dan mendukung akan membantu meningkatkan konsentrasi dalam bekerja, sehingga produktivitas pun akan tetap terjaga dengan baik.

Untuk itulah XWORK hadir guna membantu Anda dalam mencari ruangan yang sesuai dengan kriteria Anda, tidak hanya nyaman, Anda juga dapat memilih ruang kerja sesuai dengan keinginan.

💚 2. TERLIHAT LEBIH PROFESIONAL
Dukungan team XWORK yang handal dalam mengelola start-up ini, adalah dengan tujuan agar Anda memperoleh ruangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga terlihat lebih profesional ketika melakukan pekerjaan Anda, terutama di depan klien-klien Anda.

💚 3. MEMBUKA KESEMPATAN MENGEMBANGKAN BISNIS
Hadirnya jenis ruangan dengan konsep co-working space yang bisa Anda sewa, memungkinkan Anda untuk bertemu banyak orang dengan berbagai latar pekerjaan. Sehingga Anda memiliki peluang untuk mengenalkan bisnis Anda kepada mereka.

💚 4. HARGA LEBIH BERVARIASI DAN TERJANGKAU
Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, mulai dari IDR 50.000an/jam, Anda sudah bisa menyewa ruangan untuk berbagai keperluan. Harga yang bervariasi akan memudahkan Anda untuk memilih ruangan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

💚 5. LOKASI BANYAK DAN STRATEGIS
Lokasi ruangan yang bisa Anda sewa di XWORK banyak tersebar di berbagai gedung, seperti perkantoran, hotel, cafe maupun ruko lainnya. Selain itu juga letaknya strategis sehingga mudah dijangkau.

💚 6. HADIRNYA FITUR YANG LENGKAP
Anda memiliki kebebasan untuk memilih dan memanfaatkan fitur-fitur XWORK. Salah satunya yang cukup membantu adalah fitur untuk memilih dan memesan makanan serta minuman, sehingga ketika Anda meeting, tidak kesulitan untuk mencari makanan dan minuman.

💚 7. PILIHAN RUANGAN LEBIH BERAGAM
Jenis ruangan yang bisa Anda sewa juga sangat beragam, tergantung dari kebutuhan yang Anda inginkan, sehingga Anda tidak kesulitan mencari jenis ruangan yang ingin Anda gunakan untuk keperluan Anda.

💚 8. DIDUKUNG FASILITAS LENGKAP
Suasana kerja yang nyaman, tentu juga harus didukung dengan fasilitas yang memadai, sehingga pekerjaan Anda menjadi lebih maksimal. Fasilitas yang tersedia di XWORK mulai dari projector (berbayar), spidol, papan tulis, AC, akses Wi-Fi, air mineral dan lain sebagainya.


Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda ketika beraktivitas di jaringan XWORK, bisa melakukan pemesanan untuk menyewa ruangan melalui aplikasi (Android & iOs) atau langsung di websitenya. Karena lebih nyaman menggunakan PC, saya memesan ruangan melalui website XWORK. Caranya pun cukup mudah, simak caranya step by step :

👉 1. Masuk ke XWORK


Pertama kali Anda masuk ke XWORK lebih dulu. Bisa masuk dengan menggunakan akun Facebook atau akun Google Anda, bisa juga registrasi langsung. FREE!

👉 2. Pilih lokasi dan jenis ruangan


Anda bisa menyewa ruangan sesuai kebutuhan dengan mudah, dengan cara menentukan lebih dulu lokasi, jenis ruangan dan waktu yang Anda inginkan. Selanjutnya klik CARI RUANGAN.

👉 3. Tentukan tanggal dan waktu


Pilih tanggal, waktu dan durasi yang diinginkan. Durasi minimal untuk menyewa ruangan adalah dua jam. Jika sudah, lalu klik BOOK NOW. Enaknya di XWORK, Anda bisa mengecek ketersediaan ruangan di XWORK, sehingga Anda mengetahui kapan waktu yang available atau tidak.


Ketersediaan Ruangan di XWORK - Blog Mas Hendra


👉 4. Apakah ada biaya tambahan lainnya


Menariknya di XWORK, Anda juga bisa sekalian memesan makanan dan minuman yang nantinya akan dibayarkan bersamaan dengan ruangan yang Anda pesan. Selain itu juga bisa menambahkan fasilitas tambahan yang ingin dipesan, seperti proyektor dan lainnya, sehingga nantinya tidak ada biaya tambahan lainnya yang akan ditagih ketika Anda tiba di lokasi.

👉 5. Sesuaikan data kontak


Pastikan data kontak Anda sudah benar dengan cara memeriksa ulang data yang ada. 

👉 6. Periksa kembali pesanan


Sebelum melanjutkan ke proses pembayaran, periksa kembali pesanan Anda, apakah ada yang kurang atau ingin ditambahkan. Kalau sudah oke, klik LANJUTKAN KE PEMBAYARAN.

👉 7. Lakukan pembayaran


Setelah semuanya oke, lanjutkan pembayaran dengan memilih antara metode transfer ke BCA atau bisa dengan menggunakan kartu kredit. Jika Anda memilih transfer, Anda akan diberikan waktu 2 jam untuk melakukan pembayaran. Lewat dari itu maka pembayaran akan dibatalkan. Berhubung tidak ada kartu kredit, saya memilih pembayaran transfer ke bank BCA.

👉 8. Kirimkan bukti pembayaran melalui email


Setelah melakukan pembayaran, kirimkan bukti transfer melalui email ke XWORK. Setelah kurang dari 30 menit, bukti pembayaran dan e-Voucher pesanan ruangan akan dikirimkan melalui email Anda. Tunjukkan emailnya ketika Anda tiba di lokasi tujuan.

e-Voucher Pesanan Ruangan di XWORK - Blog Mas Hendra

Bill Pembayaran Transaksi di XWORK - Blog Mas Hendra

e-Voucher Pesanan Ruangan di XWORK - Blog Mas Hendra

Seperti kita ketahui, di dunia ini tidak ada yang sempurna, ibarat peribahasa, "Tak ada gading yang tak retak." Hal ini pun kerap kita temui pada sebuah sistem, yang notabene buatan tangan manusia.

Untuk itulah, melalui tulisan ini, dengan tidak bermaksud untuk membuka celah ataupun kekurangan yang ada pada XWORK hanya dari satu sisi saja. 

Justru sebaliknya, melalui tulisan ini, saya ingin XWORK menjadi lebih baik lagi di masa mendatang, dengan fitur-fitur terbarunya yang akan memberikan kemudahan bagi penggunanya, sehingga XWORK menjadi start-up penyewaan ruang nomor satu di Indonesia yang dipercaya masyarakat.

1. TIDAK BISA MELIHAT JEJAK PESANAN
Di setiap start-up, seperti toko online, biasanya saya bisa melihat dan memantau jejak pesanan yang saya lakukan. Tapi di XWORK, saya tidak bisa menemukan jejak pesanan saya, bahkan setelah penyewaan ruangan selesai.

Untuk itu mohon ditambahkan fitur terbaru untuk memungkinkan pengguna dapat melihat jejak pesanan yang telah dilakukan.

2. TIDAK ADA PENILAIAN DARI PENGGUNA
Setelah menyewa sebuah ruangan di XWORK, saya tidak bisa memberikan rating atau penilaian terkait kepuasaan layanan yang saya dapatkan dari XWORk. Padahal hal ini cukup penting bagi XWORK sendiri, mengingat setiap penilaian yang diberikan pengguna merupakan masukkan yang sangat berharga.


Produktif Bersama XWORK - Blog Mas Hendra
Nah bagi Anda yang ingin meningkatkan produktivitas dalam menulis, coba lakukan keenam hal sederhana diatas dan pastinya temukan suasana kerja yang berbeda melalui jaringan XWORK, sehingga performa kerja dan produktivitas tetap terjaga dengan baik.

Satu hal yang perlu diingat, suasana dalam bekerja juga akan ikut mempengaruhi tingkat produktivitas seseorang. Namun suasana kerja yang bagaimana dulu, yang jelas tempatnya nyaman, suasananya tenang, pencahayaan yang pas, mungkin saja sambil diiringi suara musik yang lembut, serta mampu meningkatkankan konsentrasi dalam bekerja. Dengan menemukan ruangan dan suasana kerja yang tepat dan kondusif, niscaya produktivitas pun akan ikut meningkat.

Kalau tidak percaya, coba saja pesan ruangan di XWORK dan rasakan sensasi bekerja yang berbeda!







Senin - Jum'at (09:00 - 18:00)
E : cs@xwork.co
A : Wisma 76, lt. 23, Jl. Letjen S. Parman Kav. 76, Slipi, Jakarta 11140

Semoga bermanfaat.

#BeMoreProductive


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diadakan oleh XWORK
 XWORK Blog Competition
XWORKMeeting RoomRuang KantorPaket MeetingRuang Meetingco-working space

58 comments

Blogger itu butuh tempat yang nyaman untuk menghasilkan ide-ide kreatif ya mas, yang mampu membuat mereka lebih produktiv. Dengan adanya XWORK ini tentunya akan memudahkan para blogger untuk menemukan ide cemerlang untuk menulis berbagai artikel yang berfaedah untuk umat manusia.

Betul mas, dan gak cuma blogger aja sih, apapun profesinya, kalo mau lebih produktif, ya suasana kerja juga setidaknya harus mendukung, sehingga lebih fokus dan maksimal. Makasih sudah berkunjung.

Setiap profesi butuh kenyamanan untuk beraktifitas agar produktif dan hasil yang sesuai dengan harapan dengan hadirnya XWORK akan sangat membantu bagi mereka yang ingin profesional dalam berkarya

kenyamanan memang perlu diperhatikan. saya merasakan itu dan sependapat nyaman terkait produktifitas blogger

Tempat yang nyaman memang membuat kita betah, terlebih buat ngeblog, ngerjain yang lainnya juga ya, Mas. Dengan adanya XWORK sangat membantu ya, Mas..

Wah mantep bang penjelasanya ,sangat detail

Mantap om, thanks tipnya..
Saya coba terapkan biar bisa nulis teratur hehe

Betul Ummi,dengan dukungan XWORK, akan membantu memudahkan mereka yang berkarya lebih maksimal dan produktif

Betul mas, kenyamanan penyumbang terbesar untuk membantu meningkatkan produktifitas

Yup that's right dude... Thanks for commenting on my blog.

semoga suatu hari saya bisa seproductive mas hendra

Kalau rameb-rame enak tu mas..
Biayanya bisa dipangkas.. hahaha..

Saya dirumah saja deh..
Malas keluar lagi mas, apalagi sewa tempat..
Wkwkwkwkwk..

Point nomor 4 betul banget.
Terkadang ide penulisan ngga keluar,meski ide sudah ada di kepala.
Salah satu ngatasinnya cari suasana baru.
Seperti di tempat co-working XWork ini.

Silahkan mas Septian. Makasih sudah berkunjung ke blog

Betul mas Eka, kalo meeting rame-rame bisa pilih ruang yang lebih besar, tentu bisa dengan membayar patungan

Iya mas, terkadang suasana kerja juga menentukan produktivitas.. Kalo jenuh ya sebaiknya cari suasana baru yang bisa membantu mengatasi kebuntuan ide, khususnya bagi blogger

saya lama gak ikut beginian, lagipula menulis juga sudah gak seperti pada awal-awal ngeblog. mungkin masalahnya adalah tak punya target. ya, saya nulis nuruti kata hati aja

tetap pertahankan mas Affip, agar produktivitas dalam ngeblog tidak terus menurun, yang pada akhirnya malah jadi malas ngurus blog, akhirnya blognya jadi terbengkalai. Memiliki target bisa jadi meningkatkan semangat dalam ngeblog. Makasih sudah berkunjung

Membuat Jadwal memang perlu apalagi waktunya terbatas, Wah saya belum mampu nih sewa di Co Work kalau tarifnya 100 rb/ jam lah wong saya minimal ngeblog 2 jam, misal dapat job, bayaran paling 100 rb nggak ketutup modalnya...he he he

Kalo ada rezeki lebih, kapan-kapan bisa mencoba ngeblog di XWORK mas, mencicipi suasana ngeblog yang nyaman dan mendukung untuk meningkatkan produktivitas

Setuju bgt sama poin bikin jadwal. Jadi lebih disiplin sebagai blogger. Apalagi ada fitur postingan berjadwal di blogspot. Semoga sukses dan produktif selalu mas hendra.

Lagi rame workspace ya di kota besar.. Tapi tdk banyak yg menyediakan fasilitas lain yg dibutuhkan sprti xwork. Seperti adanya tempat makan atau foodcourt yg ada di xwork

Aamiin sama-sama mba, makasih doanya mba DudukPalingDepan.

Betul karena lokasinya strategis dan banyak yang jadi satu sama cafe, jadi pada saat meeting gak kelaparan.

Itu modelnya sewa ruangan ya Mas ? mirip kontrakan yah wkwkwkw

Betul mas, sewa ruangan untuk berbagai acara, mulai dari meeting, event atau co-working space

Semoga semakin banyak orang yang sukses karena dukungan XWORK

Aamiin , semoga saja dan salah satunya mungkin saja Ummi, |0|

wah sewa ruangan boleh juga aku uda bosen ni selama cuti lahiran dirumah terus ngeblog jadi ngeblank kang hahaa butuh macam gini keren yah bisa jadi produktif klo ruangan dukung begini

Selain suasana hati, suasana sekitar juga menjadi faktor pendukung dalam menuangkan inspirasi. Sukses selalu blogmashendradotcom ...👍

Boleh dicoba mencari suasana baru teh. Wah selamat yah sudah punya baby baru lagi...

Aaamiiin makasih dan sama-sama, semoga sukses juga buat Anda...

Keren deh ihh, ci akang Hendra mah, pengalamannya makin banyak aza, bisa ngeblog dalam suasana baru dengan tempat yang sangat nyaman, tentu merupakan sebuah pengalaman yang tak ternilai harganya ya kang...

Saya mah gak ada apa-apanya atuh dibandingin kang Maman. Betul kang, saya nyobain suasana ngeblog yang belum pernah saya temui sebelumnya, dan dari situ dapat banyak pengalaman baru, terutama produktivitas semakin meningkat lagi nih, hehehe

he..he..
cerdas..! menggabungkan artikel dengan promo Xwork..!
memang tiap blogger butuh ruang yang nyaman untuk mendapatkan ide yang fresh.

Blogger memang perlu banget suasana yang mendukung, supaya lebih mudah menulis artikel, sehingga produktivitas tetap terjaga dengan baik

Kalau saya, jika lagi malas menulis saya pergunakan untuk membaca. Jika dipaksa menulis, justru tambah berat. Xwork, jadi penasaran, ingin merubah suasana dalam bekerja. Dirumah berantakan.

Sebenarnya bukan dipaksa juga sih bang, hanya saja kalo udah ada ide di kepala, sebaiknya segera direalisasikan ke dalam artikel, biar tidak lupa. Boleh dicoba bang

Huwaaaaaaa...keren kak dirimu. Tulisan lengkap dan jelas serta sudah berpengalaman.... kece deh pokoknya...

Suasana ruangan memang punya pengaruh terhadap produktifitas, apalagi ketika akan ngeblog.

Semakin suasana nyaman maka menulis biasanya lancar, saking lancarnya tak terasa sdh bikin beberapa artikel.

Makasih sudah berkunjung mba Dwi... Saya masih banyak belajar dari blogger-blogger lainnya kok mba

Hehehe, tau aja kang Nata, sering ya ngerasain suasana seperti ini

wah, tempatnya cozy sekali ya mas Hen.
harganya juga cukup terjangkau.

setuju banget kalo blogger emng butuh tempat baru yg nyaman.
kalo kerja atau nulis di tempat yg berisik, ga nyaman, duh bikin mood nulis hilang.

terima kasih buat sharingnya ya kang :)

Makasih juga sudah berkunjung ya mba Liana... Sesekali nyobain tempat baru untuk ngeblog, boleh dong, hehehe

sudah saatnya buat cobain tempat baru, biar dpt inspirasi baru :)

Yup, siapa tau bisa menambah semangat baru dalam ngeblog ya kan

Aku sih setuju banget kalau cari suasana dan tempat yang asik bisa dukung produktivitas mas. Apalagi kalau bisa dipakai buat kongkonw2 hahahaha
sukses ya

Iya mba Mei, salah satu yang bisa mendukung atmosphere untuk ngeblog agar lebih maksimal, bisa cari suasana baru

Wah, mantab!
kenapa tidak terpikirkan olehku untuk sesekali mencari suasana baru untuk ngeblog.

makasih tips kerennya Mas! :D

Semoga sukses selalu.

waah... keknya bagus ya kalo rame-rame ngeblog pake xwork,
ntar coba ah....

Silahkan ngeblog di suasana dan tempat yang baru mas, siapa tau produktivitas akan meningkat juga

Ada banyak keuntungannya kalo ngeblog nyewa ruangan rame-rame

XWORK salah satu coworking yang harus dicoba. Btw, bikin postnya cepet banget mas. Juaaara!

Kayaknya ini mah juara, udah keliatan dari jauh

Tulisan yang lain juga tidak kalah menarik mas Agus, da saya mah apa atuh

Waduh mas Amir, tulisan yang lain juga bagus-bagus atuh mas...


EmoticonEmoticon