Patut Dicoba! Inilah 6 Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Mobil


Bagi sebagian orang yang bekerja di perantauan, mudik merupakan momen paling dinantikan untuk dapat berkumpul bersama sanak saudara menikmati hari raya Idul Fitri di kampung halaman. Kata 'mudik' sendiri berasal dari singkatan bahasa Jawa, "Mulih Dhisik" yang berarti pulang sejenak ke kampung halaman atau kota asal.

Bagi Anda yang ingin mudik menggunakan mobil pribadi, saya memiliki beberapa kiat agar perjalanan mudik Anda terasa nyaman dan pastinya aman, sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ulasannya :

1. PERIKSA KONDISI KENDARAAN
Hal paling utama sebelum melakukan perjalanan adalah memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik dengan cara merawat mobil. Mengingat jarak perjalanan yang jauh dan kondisi jalanan yang tidak selalu mulus, akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kendaraan.

Setidaknya ada dua hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk memeriksa kendaraan Anda :

👉 Periksa kondisi wheel alignment (spooring)
Spooring merupakan gabungan penyetelan beberapa komponen, mulai dari sistem suspensi, sistem kemudi (steering), kondisi roda hingga kerangka kendaraan, sehingga menghasilkan sistem kerja kemudi yang lebih maksimal, kendaraan yang cenderung stabil, menghasilkan daya balik kemudi yang baik dan mencegah terjadinya keausan yang lebih cepat.

👉 Periksa kondisi wheel balancer (balancing)
Balancing merupakan penyetelan yang dilakukan untuk menjaga keseimbangan sistem kerja pada roda, agar sebaran dari bobot roda dapat merata, sehingga ketika roda berputar, roda dapat seimbang atau berputar dengan stabil.

Jika kondisi roda kendaraan tidak balance (seimbang), maka kendaraan akan bergetar, sehingga perjalanan menjadi kurang nyaman.

2. KONDISI BADAN HARUS FIT
Jangan paksakan diri kalau tubuh dalam keadaan kurang fit, karena bisa menyebabkan hilang konsentrasi. Jadi pastikan tubuh dalam kondisi fit dan prima sebelum mudik.

3. SIAPKAN MAKANAN DAN MINUMAN SELAMA DI PERJALANAN
Jalur yang dilewati para pemudik kerap menemui kemacetan. Maka dari itu, sediakan makanan dan minuman yang cukup agar tidak kelaparan di perjalanan dan mampu menjaga konsentrasi mengemudi dengan baik.

4. AKTIFKAN SISTEM GPS DAN PETA
Untuk mengurai kemacetan, biasanya ada pengalihan arus melalui jalur alternatif. Gunakan sistem GPS maupun peta agar bisa membantu memudahkan navigasi perjalanan Anda.

5. SEDIAKAN UANG TUNAI YANG CUKUP
Sediakan uang tunai yang cukup selama perjalanan, untuk menghindari langkanya ATM di daerah tujuan. 

6. ISTIRAHAT SAAT MERASA LELAH
Perjalanan yang jauh membuat badan terasa lelah. Manfaatkan posko-posko yang sudah disediakan di sepanjang jalur mudik untuk melepas lelah.

Baca juga artikel : Tips Mudik Naik Motor

Demikian artikel tentang 6 tips mudik aman dan nyaman menggunakan mobil yang bisa saya share. Selamat mudik dan semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon