Smartphone Terbaru Sony Tanpa Jack Audio?

Smartphone Sony - Blog Mas Hendra

Salah satu alasan mengapa seseorang membeli smartphone adalah karena terdapat fitur multimedia yang dapat digunakan sebagai sarana hiburan, salah satunya adalah mendengarkan musik atau pun menonton video. Untuk itulah vendor smartphone selalu menciptakan smartphone lengkap dengan lubang jack audio untuk mencolokkan headphone atau earphone sebagai media untuk mendengarkan musik atau menonton video di smartphone.


Lalu bagaimana jadinya jika smartphone dibuat tapi tanpa disematkan lubang untuk mencolokkan headphone? Apakah memang ada vendor smartphone yang memproduksi smartphone tersebut? Jawabannya ada.

Seperti yang saya kutip dari laman inet.detik.com, salah satu vendor smartphone asal Jepang, yakni Sony, terus berjuang mempertahankan eksistensinya di dunia smartphone.

Seperti diberitakan sebelumnya, melalui CEO Sony, Kaz Hirai menegaskan bahwa perusahaannya belum menyerah untuk memproduksi smartphone. Pernyataan ini pun sepertinya makin dipertegas dengan bocoran smartphone terbarunya tersebut.

Melalui situs FCC (Federal Communications Commisions) disebutkan bahwa Sony telah mendatarkan ponsel terbarunya. Dan uniknya lagi, dari data FCC tersebut, bahwa smartphone terbarunya ini tidak dibekali dengan lubang jack audio 3,5 mm.

Peniadaan jack audio ini bukan hanya dilakukan oleh perusahaan Sony. Bahkan Apple telah lebih dulu melakukan hal ini pada iPhone 7 di tahun 2016 lalu. Dan langkah ini pun mulai diikuti oleh vendor smartphone lainnya.

Lalu apa sih yang menjadi alasan dihapusnya lubang jack audio ini?

Jawabannya sangat sederhana, port atau lubang audio 3,5 mm ini dinilai banyak memakan tempat. Di sisi lain, penggunaan USB Type-C, selain untuk pengisian daya juga bisa dipakai beragam kegunaan, termasuk salah satunya untuk urusan audio.

Kualitas audio yang dihasilkan melalui port lighting atau Type-C juga dikatakan dapat menghasilkan kualitas audio yang lebih baik.

Tapi jangan khawatir guys, meskipun Sony terbaru hadir tanpa lubang jak audio, kalian bisa memanfaatkan perangkat audio wireless untuk mendengarkan musik atau pun menonton video, salah satunya adalah melalui headphone Sony MH-1000MX2 dan tipe-tipe lainnya.

Headphone Sony WH-1000MX2 - Blog Mas Hendra

Meskipun smartphone kalian tanpa lubang jack audio, tentu saja tidak mengurangi nilai prestise smartphone kalian, malah kalau boleh saya bilang, smartphonenya terlihat berbeda dari yang lainnya. 

Gimana guys, tertarik untuk mencoba smartphone terbaru Sony tanpa jack audio?. Kalau saya pribadi sih gak nolak, karena saya selalu menyukai smartphone keluaran Sony, hehehe....

Semoga bermanfaat.

6 comments

Nggak masalah sih selagi ada koneksi manualnya yang lain bahkan jika tak adapun masih bisa pake Bluetooth

Penasaran sih pengen coba, sehari aja, minjem ya, Mas..hehe
Sederhana padahal ya alasannya, tapi itu akan jadi pembeda dari smartphone lainnya..

Yup betul mas Dwi, kan teknologi zaman now sudah canggih

Hahaha, kan belum punya mas, hehee... Keliatannya hapenya jadi lebih unik lain daripada yang lainnya

Semoga punya ya, Mas..he
Iya unik dan berapa keren kalau punya..

Aamiin, pengen sih, ngarep aja dulu


EmoticonEmoticon