Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Manajemen Keuangan Bisnis Agar Cepat Untung

Manajemen Keuangan Bisnis

Seberapa kecil atau besarnya bisnis, manajemen keuangan bisnis sangatlah penting untuk dipahami agar bisa diterapkan secara efektif. Selain berhubungan dengan manajemen keuangan bisnis, hal lain yang harus diperhatikan adalah pencatatan keuangan. Sebab, pengukuran kinerja dan target bisnis dinilai dari pencatatan keuangan yang ada.

Masih banyak usaha atau bisnis yang tidak bekerja secara maksimal, karena tidak memiliki manajemen keuangan bisnis yang efisien dan efektif. 

Selain itu, beberapa pelaku bisnis juga mungkin masih kurang memahami manajemen keuangan bisnis dan beberapa pilihan sofware akuntansi yang tepat untuk mengelola bisnis mereka.

Dengan mengetahui pentingnya manajemen keuangan, para pelaku bisnis bisa menjaga aliran dana agar tidak terjadi kesalahan yang berujung pada kerugian finansial. Yuk, mari kita simak artikel di bawah ini mengenai manajemen keuangan bisnis!

Definisi Manajemen Keuangan Bisnis

Menurut definisi, manajemen keuangan adalah kegiatan pengelolaan, perencanaan, penyimpanan serta pengendalian keuangan dan aset yang dimiliki suatu perusahaan untuk menghasilkan tujuan dan target yang diinginkan.

Sedangkan menurut teori Harry G. Guthmann dan Herbert E. Dougall, pengertian manajemen keuangan adalah kegiatan yang erat kaitannya dengan perencanaan, pengembangan, pengendalian dan pengadiministrasian setiap dana yang digunakan dalam bisnis.

Perencanaan dan pengelolaan keuangan ini harus direncanakan dengan matang, agar tidak timbul kesalahan di masa yang akan datang.

Pada dasarnya, manajemen keuangan bisnis adalah sebuah upaya yang dimulai dari perencanaan, pengelolaan, penyimpanan dan pengendalian keuangan maupun aset pada bisnis.

Semua aktivitas yang dilakukan harus diteliti dengan seksama untuk mengurangi risiko yang mungkin akan terjadi.

4 Bidang Utama Manajemen Keuangan Bisnis

Berdasarkan dari pengertian di atas, maka bisa diartikan bahwa manajemen keuangan bisnis memiliki empat bidang utama, yaitu :

1. Perencanaan

Pelaku bisnis memprediksi dan menganalisa berapa banyak uang yang harus digunakan untuk mempertahankan arus kas, menempatkan dana untuk mengembangkan produk bisnis dan mengatasi kejadian yang tidak terduga.

Perencanaan bisa dikategorikan sebagai biaya modal, biaya tenaga kerja dan biaya tidak langsung dan operasional. Selain itu, bisa meliputi mengatur uang kas, menghitung laba rugi dan merencanakan arus kas.

2. Penempatan

Keuangan yang dialokasikan harus tersedia untuk memenuhi biaya, seperti biaya sewa, gaji, bahan baku dan kewajiban lainnya. Akan lebih baik jika sisa dari anggaran keuangan yang ada disisihkan untuk keadaan darurat atau bisa untuk pendanaan peluang bisnis baru.

3. Pengelolaan dan menilai risiko

Terdapat empat jenis risiko yang harus diperhatikan, yaitu :

  • Risiko pasar : Mengubah investasi bisnis dan untuk perusahaan publik dan kinerja saham. Risiko ini bisa juga mencerminkan risiko keuangan khusus untuk industri.
  • Risiko kredit : Seperti contohnya adalah efek dari tidak membayar tagihan kartu kredit perusahaan tepat waktu yang membuat tidak memiliki dana, yang bisa memengaruhi kelayakan kredit dan tentu saja bisa memengaruhi kemampuan meminjam pada tingkat yang menguntungkan.
  • Risiko likuiditas : Kegiatan yang meliputi melacak arus kas saat ini, memprediksi kas, untuk di masa yang akan datang dan mempersiapkan untuk membebaskan modal kerja sesuai kebutuhan yang biasanya dilakukan oleh tim keuangan.
  • Risiko operasional : Seperti saat ada serangan siber dan apakah akan membeli asuransi keamanan siber, pemulihan kesulitan dan rencana keberlangsungan bisnis yang ada.

4. Prosedur

Setiap manajemen pasti akan menetapkan prosedur bagaimana akan memproses dan mengalokasikan data keuangan, seperti pembayaran dan laporan dengan keamanan dan akurasi.

Biasanya prosedur ini tertulis dengan menguraikan siapa yang bertanggung jawab dalam membuat keputusan keuangan dan siapa yang menandatangani keputusan keuangan tersebut.

Mengapa Manajemen Keuangan Penting untuk Bisnis?

Terdapat beberapa hal yang menjadi alasan mengapa manajemen keuangan bisnis penting untuk dimengerti dan diterapkan pada bisnis. Berikut beberapa alasan betapa pentingnya manajemen keuangan :

1. Memaksimalkan keuntungan

Perencanaan keuangan yang akurat akan membantu bisnis memaksimalkan keuntungan dalam waktu jangka panjang. Pelaku bisnis bisa mencapai hal tersebut dengan menggunakan perencanaan keuangan yang matang dan spesifik.

2. Menyusun strategi

Pentingnya manajemen keuangan dalam bisnis bisa membantu untuk menyusun strategi atau mengidentifikasi apa yang akan terjadi dalam aspek finansial bagi bisnis untuk mencapai target jangka pendek dan jangka panjang.

Misalnya, pada saat pelaku bisnis menginginkan wawasan tentang kinerja saat ini untuk perencanaan skenario.

3. Mengurangi risiko

Salah satu risiko yang bisa dihindari pada saat menerapkan manajemen keuangan secara efektif adalah dengan mengurangi risiko operasional, karena keputusan yang tepat yang diambil akan memengaruhi terhadap risiko bisnis yang tidak pasti.

4. Meningkatkan efisiensi keuangan perusahaan

Setiap rencana bisnis yang berkaitan dengan keuangan, maka akan sangat terikat dengan upaya meningkatkan efisiensi dana bisnis. Pelaku bisnis bisa melakukan pengamatan, seperti menghilangkan biaya yang dianggap tidak efektif dan mengonversikan dengan kegiatan yang lebih menguntungkan.

Nah, itu dia pembahasan mengenai manajemen keuangan bisnis agar bisa cepat untung dan bisnis bisa bertahan lama. Sebagai pelaku bisnis, Anda bisa menerapkan manajemen keuangan bisnsi dengan memanfaatkan Spenmo.

Spenmo adalah software online berbasis cloud B2B yang bisa membantu mengelola pengeluaran bisnis Anda dengan mudah.

Menggunakan Spenmo bisa menjadi alternatif untuk para pelaku bisnis dalam pengelolaan keuangannya, mulai dari pembayaran tagihan, reimbursement online, hingga transfer ke semua rekening.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Pentingnya Manajemen Keuangan Bisnis Agar Cepat Untung"

  1. Daalam bisnis pasti manajemen keuangan itu penting, walau rumit karena harus mematok pendapatan dan pengeluaran yang harus imbang. Karena itu yang menjadi tonggaknya sebuah bisnis serta patokan suksesnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget. Karena itu, perusahaan yang punya manajemen keuangan yang bagus, jauh lebih maju ketimbang yang manajemen keuangannya asal-asalan...

      Hapus