Ini Alasan Mengapa Puasa Dapat Menyehatkan Tubuh

Coba bayangin guys, kita gak makan dimulai dari waktu Subuh, lalu ketemu makanan lagi waktu Maghrib. Kalau dikalkulasikan, kurang lebih sekitar 13 jam tubuh kita gak kena makanan dan minuman. Tapi anehnya, kok tubuh ini terasa lebih ringan, lebih semangat dan pikiran jadi lebih adem.




Gak bisa dipungkiri, para dokter menyetujui kalau ibadah puasa jika dijalani dengan tepat dapat menyehatkan tubuh. Salah satunya yang telah dilakukan oleh Dr. Ebrahim Kazim, dari Trinidad Islamic Academy, dengan menggunakan EEG (Perekam Gelombang Otak) menunjukkan puasa dapat membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Atau istilah dalam bahasa Inggrisnya "Deep Sleep", yang berpengaruh pada perbaikan tubuh dan otak.

Aktivitas puasa itu seperti sebuah keajaiban. Kadang ketika kita gak berpuasa, tubuh sering merasa mudah sakit, kadang maag sering kumat dan kepala sering terasa pusing. 

Seperti yang diutarakan oleh Dokter Yeni Purnamasari dari Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa (LKC DD) menjelaskan, puasa memang dapat membersihkan segala racun dari dalam tubuh, seperti, lemak jahat, kalori berlebih, kolesterol jahat, radikal bebas dan lain sebagainya. "Setiap hari kolesterol menumpuk di dalam tubuh, maka ketika organ tubuh beristirahat karena puasa, maka proses pembersihan atau detoksifikasi terjadi". 

Gak cuma itu saja loh guys, masih menurut Dokter Yeni, puasa sudah terbukti dapat menurunkan resiko penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah, seperti jantung. Alasannya sih, organ tubuh kita yang gak bekerja keras ketika berpuasa, memiliki kesempatan untuk melakukan detoksifikasi secara sempurna, sehingga daya tahan tubuh pun ikut meningkat.

Beda sama orang yang gak puasa, organ tubuhnya dipaksa terus bekerja, sehingga proses detoksifikasi dari dalam tubuh akan sulit terjadi. Tapi jangan lupa guys, meski kita berpuasa, pola makan juga harus tetap dijaga dengan cara memperhatikan nilai nutrisi, cairan dan gizi yang masuk ke dalam tubuh ketika berbuka dan juga sahur. Dengan demikian, proses detoksifikasi di dalam tubuh akan benar-benar bekerja secara maksimal, sehingga tubuh jauh lebih sehat.


Kesimpulannya puasa merupakan proses detoksifikasi alami dari dalam tubuh yang paling sempurna. Inilah alasannya mengapa puasa dapat menyehatkan tubuh

Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon