Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat-kiat Investasi Reksadana Pendapatan Tetap Agar Cuan

Di saat yang tidak menentu seperti sekarang ini, sudah pasti mempersiapkan keuangan masa depan itu sangat penting. Salah satu caranya yakni dengan berinvestasi reksadana pendapatan tetap. Reksadana bisa menjadi pilihan jenis investasi yang cocok untuk Anda yang takut dengan jenis investasi yang memiliki risiko tinggi.

Tips Investasi Reksadana Pendapatan Tetap
Image : https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-close-up-spreadsheet-survei-590022/

Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana caranya agar bisa memaksimalkan keuntungan yang didapatkan dari berinvestasi, sekalipun investasi tersebut bisa menjamin keuntungan yang tetap. 

Untuk itu, berikut Blogmashendra.com bahas selengkapnya untuk Anda.

Trik Investasi Reksadana Pendapatan Tetap agar Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Agar bisa memaksimalkan keuntungan investasi reksadana pendapatan tetap, tentunya ada beberapa trik yang harus Anda lakukan. Apa sajakah itu? Berikut beberapa trik investasi reksadana yang bisa Anda ikuti.

1. Sisihkan 20 persen pendapatan

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa  melakukan investasi pendapatan tetap, yaitu dengan menyisihkan setiap pendapatan yang Anda dapatkan, setidaknya sebanyak 20 persen untuk berinvestasi.

Nilai 20 persen ini tidak akan seberapa jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya. Jadi, usahakan jangan pelit dalam menanam modal investasi.

2. Pastikan risiko sesuai

Yang dimaksud dengan risiko sesuai yaitu sebelum Anda memutuskan memilih produk reksadana pendapatan tetap, sebaiknya Anda ketahui dulu risiko yang mungkin akan didapatkan. Apakah sudah sesuai dengan karakter Anda atau belum.

Jika Anda kurang menyukai investasi yang disertai dengan risiko tinggi, maka reksadana pendapatan tetap ini akan cocok untuk Anda, karena jenis reksadana ini memiliki risiko menengah.

3. Gunakan strategi durasi

Strategi durasi biasanya digunakan ketika kondisi suku bunga sedang mengalami penurunan. Manajer investasi biasanya akan menempatkan dana ke surat utang dengan jangka waktu 3 -5 tahun lamanya untuk bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

4. Tentukan tujuan

Untuk bisa mencapai profit secara maksimal, biasanya diperlukan motivasi kuat agar selalu semangat untuk menggapainya. Agar motivasti tersebut bisa muncul, Anda harus menentukan apa tujuan Anda menjalankan investasi pendapatan tetap ini.

Selain itu, tentukan seberapa banyak investasi yang ingin Anda tanamkan dalam instrumen tersebut. Tentukan juga apakah investasi tersebut dilakukan untuk jangka pendek atau jangka panjang. Dengan begitu, proses investasi Anda akan jadi lebih terarah.

5. Konsisten 

Hal yang paling penting ketika Anda menjalani sesuatu adalah konsisten. Begitu juga ketika Anda berinvestasi reksadana pendapatan tetap, Anda harus konsisten ketika melakukan top-up atau penanaman dana pada saat investasi, agar mendapatkan keuntungan lebih maksimal. Sebaiknya Anda melakukan top-up rutin setiap bulan di tanggal yang sama.

Istilah Reksadana yang Perlu Diketahui Investor

Tips Berinvestasi
Image : 
https://www.pexels.com/id-id/foto/dua-kertas-printer-putih-dekat-macbook-di-permukaan-coklat-590016/

Selain mengikuti beberapa trik rahasia di atas, agar investasi pendapatan tetap Anda bisa berjalan lebih optimal, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa istilah yang akan sering Anda temukan pada saat investasi reksadana.

Berikut adalah beberapa istilah yang dimaksud :

1 NAB

NAB merupakan singkatan dari Nilai Aktiva Bersih, yaitu jumlah total dana yang dikelola oleh reksadana, termasuk dengan kas, deposito, saham dan obligasi. NAB juga sering disebut dengan asset under management.

2. UP

UP kepanjangan dari Unit Penyertaan, yaitu satuan ukuran jumlah penyertaan milik investor. Secara singkatnya bisa juga disebut dengan NAB yang dipecah ke dalam instrumen investasi yang dikelola oleh reksadana.

3. NAB/UP

Adalah nilai aktiva per unit penyertaan yang merupakan harga dan transaksi yang dilakukan atas dasar nilai suatu reksadana.

4. Subscription

Adalah besaran biaya yang digunakan untuk membeli reksadana. Biaya ini biasanya berkisar antara 0 - 5 %.

5. Redemption

Redemption adalah besaran biaya yang digunakan untuk menjual reksadana dengan besar biaya berkisar antara 0 - 5 %.

Memaksimalkan Imbal Hasil Investasi Bersama DBS Treasures

Selain mengetahui beberapa trik berinvestasi reksadana pendapatan tetap dan mengetahui beberapa istilah yang familiar, dalam berinvestasi Anda juga membutuhkan mitra finansial yang tepat.

Perbankan prioritas DBS Treasures menjadi mitra yang akan memfasilitasi Anda untuk bisa berinvestasi dengan mudah dan aman. Bukan hanya mudah dan aman saja, DBS Treasures juga menjanjikan beberapa keuntungan lainnya yang akan didapatkan investor, di antaranya :

1. Pengelolaan dana dilakukan oleh profesional

Keuntungan pertama yang akan investor dapatkan yaitu proses pengelolaan dana investasi reksadana pendapatan tetap akan dilakukan oleh pihak yang telah berpengalaman dan profesional dalam bidangnya.

Pengelolaan dana di DBS Treasures dilakukan langsung oleh mitra manajer investasi profesional, sehingga aset investasi yang Anda tanam akan mengalami peningkatan. Dengan demikian, otomatis imbal hasil yang akan didapatkun juga berpotensi meningkat.

2. Wawasan investasi dari ahlinya

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi di DBS Treasures, Anda akan mendapatkan wawasan mengenai jenis investasi yang Anda pilih langsung dari ahlinya. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan arahan atau informasi mengenai peluang investasi apa yang saat ini sedang tren.

3. Memudahkan diversifikasi

Seperti yang kita ketahui, jika investasi reksadana pendapatan tetap juga memiliki risiko, meski risikonya tidak terlalu besar. Untuk bisa meminimalisir risiko tersebut diperlukan diversifikasi. Diversifikasi yang tepat akan membuat risiko lebih kecil.

4. Kemudahan bertransaksi

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan oleh investor yaitu kemudahan transaksi. Anda bisa melakukan berbagai transaksi hanya dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS saja. Baik itu jual, beli, switching hingga analisis reksadana yang didukung dengan data dari Infovesta.

Selain itu, jika Anda belum memiliki SID atau Single Investor Identification yang dikeluarkan oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia), Anda bisa mulai melakukan registrasi melalui Aplikasi digibank by DBS.

Agar bisa memaksimalkan trik rahasia investasi reksadana pendapatan tetap, maka Anda juga membutuhkan mitra finansial yang tepat. Setelah mengetahui beberapa keuntungan yang ditawarkan DBS Treasures di atas, yakin masih ragu untuk mulai?

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Kiat-kiat Investasi Reksadana Pendapatan Tetap Agar Cuan"

  1. Hemm mantep kalau bisa investasi di tempat yang tepat dan bisa dipercaya seperti reksadana. Mudah banget dan keuntungannya mantul banget, jadi gak takut lagi buat investasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dicoba investasi reksadana yang aman seperti di DBS Treasures...

      Hapus