Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantas Harganya Lebih Mahal. Inilah 5 Kelebihan Pertamax Dibanding Premium dan Pertalite

Sebagai pengguna motor, saya selalu memperhatikan dengan baik bahan bakar yang saya gunakan. Bukan hanya baik untuk mesin motor saja, tetapi kalau bisa juga baik untuk lingkungan sekitar. Maka dari itu, saya sudah cukup lama menggunakan pertamax sebagai bahan bakar untuk Honda Supra X 125 milik saya.

Meski motor yang saya pakai sudah jadul sekali alias ketinggalan zaman, tetapi urusan bahan bakar saya setia pakai pertamax. Saya juga sudah lupa kapan saya mulai menggunakan pertamax, tapi yang jelas sudah tahunan. 

Kelebihan dan Keunggulan Pertamax
Image diambil dari www.idntimes.com

Banyak sih yang bilang jika bahan bakar pertamax punya keunggulan dibanding premium maupun pertalite. Makanya harganya jauh lebih mahal. Terasa beda aja gitu saat pakai pertamax, mulai dari suara mesinnya, performa mesin hingga motor terasa enteng saat di jalan.

Menjaga performa mesin tetap stabil selama berkendara di jalan adalah hal yang paling utama. Hal ini bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

Kelebihan dan Keunggulan Pertamax Dibanding Pertalite dan Premium

Mungkin Anda yang juga sama-sama pakai pertamax untuk kendaraan, terutama motor, pasti juga merasakan pengalaman yang tidak jauh berbeda. Ya meski harus merogoh kocek lebih dalam. Namun hal ini sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan bukan?

Daripada penasaran, yuk kita simak kelebihan pertamax dibanding pertalite dan premium berikut ini :

1. Meningkatkan performa mesin kendaraan

Keunggulan pertamax terletak pada bahan yang digunakan, yakni menggunakan tambahan zat aditif, yang akan membuat putaran gas pada kendaraan jadi lebih ringan, sehingga beban kerja mesin kendaraan juga akan ringan.

Berbeda dengan bahan bakar lainnya, bahan pada pertamax juga mampu mengikis kerak-kerak yang menempel pada ruang pembakaran mesin, yang mana hal ini akan membuat kendaraan akan lebih responsif dan performa mesih menjadi lebih maksimal. 

2. Pembakaran lebih sempurna

Kelebihan pertamax berikutnya adalah mampu menjaga proses pembakaran pada ruang mesin jadi lebih sempurna. Hal ini disebabkan nilai oktan pertamax lebih tinggi jika dibandingkan bahan bakar premium dan pertalite, sehingga proses pembakarannya lebih baik.

Bandingkan dengan bahan bakar beroktan rendah, biasanya akan lebih lama melakukan proses pembakaran bahan bakar minyak di dalam ruang bakar. Hal ini menyebabkan masalah knocking pada mesin kendaraan.

3. Lebih ramah lingkungan

Ini yang telah saya singgung di atas jika pertamax juga terbukti ramah lingkungan. Hal ini disebabkan karena pertamax memiliki pembakaran yang lebih baik dan efisien, sehingga emisi gas yang dikeluarkan oleh bahan bakar jauh lebih bersih dan lebih ramah lingkungan.

Proses pembakaran pada ruang mesin kendaraan akan mempengaruhi emisi gas buang. Jika prosesnya baik dan halus, maka menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah. Begitu juga sebaliknya, jika prosesnya buruk, maka emisi gas yang dihasilkan cukup tinggi yang akan mempengaruhi lingkungan sekitar.

4. Lebih mudah merawat mesin

Memilih pertamax akan memudahkan Anda dalam merawat mesin kendaraan, karena pertamax tidak memiliki timbal. Selain itu, proses pembakaran yang lebih sempurna membuat beberapa komponen, seperti klep, head, piston dan busi memiliki kadar kerak yang sangat sedikit atau deposit yang lebih minim.

Kandungan yang ada di pertamax, seperti Ecosave Technology memang dirancang khusus untuk melindungi mesin kendaraan. Kelebihan lainnya adalah bisa menghemat waktu ketika Anda melakukan servis di bengkel, karena proses membersihkan kerak atau deposit yang menempel tidak memakan waktu lama.

5. Lebih irit

Kelebihan pertamax tidak hanya itu saja. Meski harganya cenderung lebih mahal dibanding pertalite atau premium, tetapi pertamax diklaim mampu menghemat pembelian bahan bakar, sehingga Anda tidak perlu terlalu sering mengeluarkan uang untuk mengisi bahan bakar.

Hal ini disebabkan oleh proses pembakaran pertamax pada ruang bakar yang jauh lebih baik, sehingga bahan bakar pada mesin akan lebih sulit terbakar sebelum kembali pada proses TMA. Inilah mengapa pertamax jauh lebih irit dibanding bahan bakar lainnya.

Nah demikian kelebihan yang dimiliki pertamax dibandingkan pertalite atau premium. Informasi ini cukup penting Anda ketahui, agar Anda bisa mengambil kesimpulan sendiri dan memutuskan untuk membeli bahan bakar yang memang berkualitas serta mendapatkan performa mesin terbaik.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Pantas Harganya Lebih Mahal. Inilah 5 Kelebihan Pertamax Dibanding Premium dan Pertalite"

  1. Wow, selama ini aku beli bensin ya cuma tahu sekadar disaranin suami beli yang itu ya itu aja. Belum paham benar tentang kelebihan dan kekurangannya masing-masing, terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sekarang udah tau kan perbandingan kelebihan dan kekurangannya. Silakan dipraktekan, hehehehe......

      Hapus