Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan dan Cara Hitung Keuntungan Reksadana Pasar Uang

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi favorit bagi kalangan muda-mudi. Salah satu jenis yang paling disukai adalah reksadana pasar uang, karena memiliki tingkat risiko yang lebih rendah jika dibandingkan jenis yang lainnya.

Selain itu, Anda bisa memulainya dengan modal minim, mulai dari ratusan ribu saja. Jadi sangat cocok bagi Anda yang memiliki penghasilan pas-pasan, tetapi ingin berinvestasi.

Reksadana Pasar Uang
Image : https://www.pexels.com/id-id/foto/laptop-kantor-bekerja-duduk-8297717/ 

 

Cara menghitung keuntungan reksadana pasar uang juga terbilang mudah. Biasanya keuntungan yang didapatkan akan ditampilkan oleh platform tempat Anda membeli reksadana. Namun jika ingin menghitungnya secara manual, Anda bisa mengikuti langkah-langkah penjelasan yang akan dibahas kali ini.

5. Keunggulan Investasi Reksadana Pasar Uang

Rutin melakukan investasi reksadana akan membuat uang Anda bertambah. Daripada digunakan untuk jajan atau membeli barang yang tidak penting, lebih baik investasikan saja sebagian gaji Anda di reksadana pasar uang.

Jenis reksadana yang satu ini juga sangat tepat untuk orang-orang yang tidak ingin melakukan investasi dengan tingkat risiko yang tinggi.

Bisa dibilang reksadana berbasis pasar uang sangat cocok bagi Anda yang baru saja ingin mencoba melakukan investasi. Bagi Anda yang masih ragu, sebaiknya pahami terlebih dulu keunggulan reksadana pasar uang sebagai berikut.

1. Tingkat risiko investasi yang rendah

Keunggulan reksadana berbasis pasar uang yang paling utama terletak pada tingkat risikonya. Jenis reksadana berbasis pasar uang menawarkan tingkat risiko yang rendah, sehingga potensi mengalami kerugian juga cukup kecil kemungkinannya.

Pasalnya ketika seorang investor berinvestasi, tidak hanya keuntungan saja yang dipikirkannya, tetapi juga tingkat risiko yang akan mereka hadapi. Semakin tinggi risiko investasi, maka semakin besar juga kemungkinan mengalami kerugian.

Mengapa reksadana berbasis pasar uang memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dibandingkan jenis reksadana lainnya? Alasannya karena manajer investasi yang mengelola reksadana tersebut menginvestasikan sebagian besar dana yang terkumpul ke instrumen pasar uang.

Pasar uang merupakan instrumen investasi yang memiliki tingkat risiko rendah, misalnya surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan swasta maupun lembaga pemerintahan.

2. Tingkat likuiditas yang tinggi

Keunggulan reksadana pasar uang yang satu ini akan mempermudah Anda dalam mencairkan dana investasi. Produk reksadana memiliki tingkat likuiditas yang tinggi. Anda juga bisa mencairkannya sewaktu-waktu ketika membutuhkan dana darurat.

3. Jangka waktu investasi yang fleksibel

Jika Anda menginvestasikan uang di instrumen lain, misalnya deposito, pasti Anda akan disuruh untuk memilih jangka waktu tenor. Hal ini akan sedikit menyulitkan Anda saat melakukan pencairan ketika mengadapi kebutuhan yang mendesak.

Selain mudah, investasi di reksadana juga memiliki jangka waktu investasi yang sangat fleksibel. Alasannya karena Anda tidak akan terikat dengan jangka waktu tertentu dan bisa mencairkannya kapan saja.

4. Bebas dari potongan pajak

Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi reksadana pasar uang akan lebih maksimal, karena tidak adanya potongan pajak. Investasi reksadana tidak termasuk dalam objek pajak, sehingga Anda tidak akan dibebani pajak atas investasi yang dilakukan.

5. Potensi keuntungan yang menjanjikan

Berbeda dengan reksadana saham, reksadana pasar uang menawarkan nilai keuntungan yang lebih stabil, karena tingkat fluktuasi harganya tidak sedrastis saham. Potensi keuntungannya juga terus meningkat sepanjang tahun.

Cara Menghitung Keuntungan Reksadana Pasar Uang
Image : https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-tangan-kantor-pena-8297031/ 

Cara Menghitung Keuntungan Reksadana Pasar Uang

Pada dasarnya cara menghitung keuntungan pada investasi reksadana sangatlah mudah. Untuk mengetahui seperti apa cara selengkapnya Anda bisa melihat contoh berikut ini :

Contoh :

Silvia menginvestasikan sebagian gajinya sebesar Rp 1 juta pada produk reksadana pasar uang ABC dengan nilai NAB/UP sebesar Rp 2.327. Setelah 1 tahun NAB/UP pada produk reksadana tersebut naik menjadi Rp 5.000 dan Silvia ingin menjual seluruhnya. 

Berapa keuntungan yang akan didapatkan oleh Silvia?

Menghitung jumlah unit penyertaan :

Rp 1.000.000 : Rp 237 = 429,74 unit

Menghitung keuntungan :

Rp 5.000 x 429,74 = Rp 2.148.700

Rp 2.148.700 - Rp 1.000.000 = Rp 1.148.700

Jadi, dari cara menghitung keuntungan reksadana pasar uang tersebut bisa diketahui bahwa keuntungan yang didapatkan sebesar Rp 1.148.700.

Investasi Reksadana dengan Mudah dan Aman di digibank by DBS

Kini Anda bisa melakukan investasi reksadana dengan lebih mudah melalui aplikasi digibank by DBS. Dengan modal mulai dari Rp 100 ribu, sangat menarik bukan? 

Berikut ini beberapa kelebihan membeli produk reksadana di digibank by DBS :

1. Tersedia 3 kategori reksadana yang mempermudah melakukan investasi

Anda tidak perlu bingung saat memilih produk reksadana yang tepat, karena aplikasi digibank by DBS sudah menyediakan informasi mengenai produk reksadana. Dengan mengkategorikan produk berdasarkan 3 hal, yaitu kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik.

2. Beli, jual dan switch dengan mudah melalui aplikasi

Semua proses investasi reksadana bisa Anda lakukan dengan mudah di aplikasi digibank by DBS. Mulai dari proses daftar SID, pembelian, penjualan hingga switch bisa Anda lakukan hanya dalam satu aplikasi.

3. Terdapat banyak pilihan produk reksadana

Di Aplikasi digibank by DBS telah tersedia lebih dari 50 produk reksadana yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

4. Bisa investasi mulai dari Rp 100 ribu

Anda bisa membeli produk reksadana mulai dari Rp 100 ribu, tentunya ini akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan investasi.

5. Bisa melakukan pembelian secara berkala dan fleksibel

Anda bisa membeli produk reksadana secara berkala dan fleksibel melalui Aplikasi digibank by DBS.

Yuk segera lakukan investasi reksadana pasar uang di Aplikasi digibank by DBS untuk mulai mempersiapkan finansial yang lebih baik di masa depan.

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Keunggulan dan Cara Hitung Keuntungan Reksadana Pasar Uang"

  1. Menarik, nih, investasi di reksadana apalagi mudah dan aman. Kalau ingat dulu marak banget penipuan investasi bodong, sekarang tahu yang aman kayak reksadana pengin nyoba.

    BalasHapus