Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kereta Api Joglosemarkerto, Traveling Sekitar Jawa Tengah Jadi Lebih Menyenangkan

Kereta Api Joglosemarkerto - Blog Mas Hendra
Image : kompasdotcom

Traveling ke kawasan Jawa Tengah memang sangat menyenangkan. Mengingat kawasan tersebut, mempunyai banyak sekali objek wisata menarik yang dapat Anda kunjungi, antara lain kawasan Yogyakarta, Semarang, Solo, dan kawasan lainnya. Namun yang terkadang menjadi kendala adalah sulitnya transportasi untuk menuju kawasan-kawasan tersebut, membuat banyak orang yang hanya memfokuskan diri hanya pada beberapa kawasan tertentu, seperti kawasan Yogyakarta saja, atau Semarang saja, dan lainnya. Padahal, untuk mengunjungi berbagai kawasan di sekitar Jawa Tengah, tidak terlalu memakan waktu banyak. Contohnya saja dari Semarang ke Yogyakarta, jika menggunakan tol hanya memakan waktu sekitar 2 jam setengah saja.


Kereta api Joglosemarkerto 
Kereta api Joglosemarkerto sendiri adalah kereta api kelas kombinasi antara eksekutif dan ekonomi AC plus. Melayani rute lingkar Solo, Yogyakarta, Purwokerto dan Semarang, demikian sebaliknya. Dengan panjangnya rute yang ada, yaitu sekitar 579 km, maka lama tempuh waktunya sekitar 11 jam 25 menit. Layanan kereta api ini sendiri adalah hasil peleburan 2 layanan kereta api sebelumnya, yaitu Kamandaka dan juga Joglokerto, dan diresmikan pada 1 Desember 2018. Hal ini sengaja dilakukan, untuk lebih menyederhanakan pelayanan, sekaligus meningkatkan okupansi rute dari Yogyakarta ke kawasan Semarang, tanpa harus transit atau berganti kereta. Meski dilebur, namun kereta ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan Joglokerto dan juga Kamandaka, karena masing-masing mempunyai layanan yang berbeda.

Objek wisata yang dapat Anda kunjungi 
Dengan adanya layanan kereta api ini, pastinya akan semakin meningkatkan animo masyarakat yang ingin traveling ke sekitar Jawa Tengah. Seseorang yang datang dari Jakarta, atau kawasan lainnya yang ada di Indonesia, hanya perlu datang ke salah satu kota di Jawa Tengah, yang memang dilalui oleh rute kereta Joglosemarkerto tersebut. Kegiatan dapat dimulai dari kawasan Yogyakarta dengan berbagai objek wisata menarik lainnya, berikutnya adalah jalan dari Yogyakarta ke Semarang.  Kawasan ini, juga mempunyai objek wisata yang tidak kalah menarik dari Yogyakarta, seperti kawasan Kota Lama, lengkap dengan berbagai macam bangunan tempo dulu, terutama bangunan Belanda, yang kini digunakan sebagai restoran dan juga kafe.

Atau Anda juga dapat mengunjungi kawasan Lawang Sewu, ini adalah sebuah bangunan Belanda, dengan cerita mistis yang kental dan mempunyai banyak sekali pintu.

Ada juga kawasan pasar Semawis, ini adalah pasar yang terkenal di kalangan keturunan Tionghoa, yang letaknya di Jl. Gajah Mada, serta berbagai macam objek wisata menarik lainnya yang dapat dikunjungi.
  
Lama waktu Tempuh dan budget yang perlu Anda keluarkan 
Anda yang ingin bepergian dari Yogyakarta ke Semarang, atau sebaliknya, jarak tempuh menggunakan kereta api yang satu ini, tidak terlalu lama, hanya sekitar 3 hingga 4 jam saja. Sedangkan untuk harga tiket keretanya sendiri, terbilang cukup terjangkau.

Untuk kelas ekonomi misalnya, Anda akan mendapatkan tiket seharga 60 ribuan rupiah saja. Tapi untuk layanan, tidak perlu khawatir, karena sudah dilengkapi dengan AC, stop kontak dan beberapa fasilitas lainnya.

Kereta Api Joglosemarkerto - Blog Mas Hendra
Image : Tribunnewsdotcom

Sedangkan untuk tiket kereta eksekutif, dibanderol dengan harga sekitar 100 ribuan rupiah. Tentunya fasilitas yang akan didapat, jauh lebih nyaman dibandingkan ekonomi, termasuk gerbong ber-AC, stop kontak, kursi yang empuk, selimut, bantal dan layanan lainnya.   

Karena rute dari Yogyakarta dan Semarang yang tidak terlalu jauh, kereta api ini, mampu melayani beberapa kali pemberangkatan dalam sehari. Baik itu keberangkatan dari stasiun Yogyakarta ke Stasiun Semarang, dan demikian pula sebaiknya. Jadi dalam hal ini, Anda dapat memilih salah satu rute atau jadwal yang sesuai.

Tips membeli tiket kereta
Dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Membeli tiket kereta terbilang cukup sulit. Karena Anda harus datang dan mengantri tiket kereta. Namun kini hal tersebut tidak perlu Anda lakukan lagi. Karena saat ini ada beberapa aplikasi menarik yang dapat digunakan untuk membeli tiket kereta, mulai dari aplikasi milik PT. KAI, aplikasi booking tiket online dan yang lainnya.


Dengan adanya aplikasi seperti ini, booking tiket kereta api, seperti dari kereta api Joglosemarkerto, dapat diperoleh secara mudah. Tidak hanya itu, sistem pembayaran yang diberikan oleh penyedia aplikasi tersebut juga terbilang cukup mudah ! ini yang membuat rencana perjalanan Anda, akan terasa semakin mudah dan praktis.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Kereta Api Joglosemarkerto, Traveling Sekitar Jawa Tengah Jadi Lebih Menyenangkan"

Berlangganan via Email