Ubah Kebiasaan Minum Kopi Jadi Lebih Sehat. Ini 5 Tips yang Bisa Diterapkan!

Kopi Gayo Aceh Original - Blog Mas Hendra

Kopi adalah minuman yang telah menjadi budaya sekaligus kebiasaan untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan, termasuk di masyarakat Indonesia. Kopi mengandung segudang manfaat bagi kesehatan, meski harus sesuai dengan takaran dan tidak boleh berlebihan agar khasiatnya dapat kita rasakan.

Diekstrak dari biji serupa, kopi layak untuk diminum oleh hampir semua usia, mulai dari muda hingga usia tua. Antioksidan dan kafein dalam segelas kopi dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak hingga pencernaan. Tentu saja, hal ini harus didukung dengan kebiasaan dalam mengonsumsi kopi yang sehat.

Beberapa orang untuk memilih minum kopi dengan tambahan gula hingga krimer melampaui batas takarannya, padahal hal ini jelas sangat tidak baik bagi kesehatan. Ada juga yang terbiasa ngopi lebih dari tiga gelas dalam satu hari, sementara porsi di luar anjuran justru dapat menimbulkan masalah pada sistem tubuh kita.

Bagi Anda yang hobi atau tidak bisa lepas dari kopi, ada baiknya mulai dari sekarang untuk menyiasati agar kopi tetap sehat dan aman untuk dikonsumsi. Bagaimana caranya? Agar tidak salah kaprah, simak tipsnya berikut ini :

1. Olah Sendiri Agar Lebih Sehat
Tidak dapat dipungkiri, bahwa langkah paling baik dan menyehatkan adalah mengonsumsi sesuatu dengan cara mengolahnya sendiri (jika memungkinkan). Hal ini juga berlaku untuk secangkir kopi Anda. Faktanya, banyak kedai kopi di luar sana yang menyajikan kopi dengan peralatan kotor alias tidak higienis, sehingga sebaiknya dihindari.

Ketika mengolah kopi sendiri di rumah, kiga bisa memastikan bahwa semua mesin pembuat kopi telah bersih dan jauh dari kesan kotor. Takaran bahan juga bisa diatur sesuai selera, meski hal tersebut biasanya kerap kali diabaikan. Ingat, jangan sampai ada yang berlebihan atau di luar batas takaran, demi kesehatan.

2. Tanpa Perasa dan Pemanis Buatan
Tanpa menambah perasa dan pemanis buatan, tentu saja rasa kopi akan hambar, bahkan pahit. Namun, perlu Anda ketahui bahwa racikan tersebut justru mengundang sejumlah penyakit yang siap menunggu di masa depan Anda. Risiko diabetes, penyakit jantung hingga stroke adalah salah satunya.

Esensi utama saat minum kopi adalah merasakan pahit yang ditimbulkan dari kopi tersebut. Jika tidak ingin terlalu pahit, Anda dapat memilih jenis biji kopi atau mengurangi kadar bubuk sesuai selera. Terdapat pengecualian jika Anda ingin menambah kopi dengan bahan-bahan alami.

3. Beri Bahan Alami
Terlepas dari perasa dan pemanis buatan, kopi boleh ditambahkan dengan bahan lainnya, selama itu alami. Contohnya yang paling sering ditemukan yakni saat kopi dicampur dengan kayu manis. Rasanya tetap manis, segar bahkan cenderung menyehatkan, karena kayu manis mengandung antioksidan.

Berdasarkan penelitian, kayu manis cukup ampuh untuk membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Terdapat tambahan lain yang cocok ditambahkan pada segelas kopi Anda, misalnya lemon, bubuk kakao, jahe hingga daun mint. Inovasi ini perlu dicoba demi kebiasaan minum kopi yang lebih sehat.

4. Minum Kopi di Jam yang Tepat
Sebagian besar ahli medis menyarankan agar kita minum kopi pada jam yang tepat. Rekomendasi waktu ideal untuk minum kopi adalah pagi menjelang siang, yakni pukul 09.30 hingga 11.30. Ada juga yang mengatakan bahwa kopi tidak baik diminum di atas pukul 03.00 sore.

Perlu diingat, bahwa kandungan stimulan dalam kafein yang terkandung di kopi bisa menekan nafsu makan. Maka dari itu, hindari minum kopi sebelum makan pagi. Bagaimanapun, segelas kopi tidak dapat digantikan dengan asupan gizi lewat satu piring sarapan Anda.

5. Manfaatkan Kopi Sebaik Mungkin
Selama ini, apa alasan Anda minum kopi? Kalau memang karena suka dan ingin mendapat khasiat kesehatan yang terkandung di dalamnya, itu tidak salah. Namun jika Anda memanfaatkan kopi untuk hal lain, misal untuk begadang, segera hentikan kebiasaan buruk ini dari sekarang!

Tubuh pada dasarnya harus mengikuti jam sirkadian di mana Anda harus istirahat saat memasuki waktu malam. Minum kopi untuk begadang mungkin bisa manjur, namun justru tidak baik, karena Anda malah akan kesulitan untuk tidur. Ingat, kurang tidur bisa meningkatkan stress dan gangguan kesehatan.


Itu dia 5 tips agar kebiasaan minum kopi Anda jadi lebih sehat. Gaya hidup saat ini memang seolah membuat kita harus bergerak cepat, sehingga memanfaatkan kopi sebaik mungkin agar khasiat yang didapat juga jadi lebih maksimal. Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

6 comments

Saya barista juga loh mas, tapi minumnya kopi sachet mulu. hahaah

saya biasa minum kopi di sore hari. malam jadi susah tidur, tapi kata teman ku itu cuma sugesti. mungkin setiap orang bisa beda-beda kondisinya. :)

makasih infonya mas...jadi tau nih,,,soalnya saya pengopi setia hehehehe

@Abdul Muhajir : Apapun profesinya setiap orang kan punya selera berbeda untuk minum kopi. Ada yang suka kopi hitam, atau sachet atau lainnya.

Kalo saya suka yang campur krimer

@Rafi : Saya biasa minum kopi pagi dan sore, tapi pas libur kerja. Mungkin kondisi setiap orang berbeda Mas, jadi gak bisa disamaratakan...

@Alfan Ismail : Semoga bermanfaat Mas Alfan


EmoticonEmoticon