5 Cara Ampuh Mengatasi Anak Kecanduan Sosial Media

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Sosial Media - Blog Mas Hendra

Kecanduan sosial media menjadi salah satu hal yang mesti dihindari saat ini. Tidak hanya kalangan muda saja, kondisi tersebut juga dapat dialami oleh usia tua. Namun di balik hal tersebut, bisa jadi dampak paling buruk justru dirasakan oleh anak-anak kita. Jangan sampai hal ini terjadi dalam hidup kita!


Usia anak-anak adalah saat-saat di mana orang banyak menyerap hal sekitar. Informasi yang diterima oleh nalar juga cenderung mudah meresap, sehingga mesti lebih pintar dalam mengonsumsi segala hal, termasuk di sosial media. Jika sudah kecanduan, tumbuh kembang anak pasti akan terganggu.

Bagi Anda yang memiliki atau tinggal bersama anak, tentu ada rasa khawatir ketika dia enggan lepas dari hapenya. Padalah, mereka harus menyeimbangkan diri dengan kegiatan psikis agar tumbuh kembang lancar. Ya, edukasi bagi si kecil penting agar bisa menyadari sejak awal.

Namun bagaimana jadinya jika anak terlanjur kecanduan sosial media dan sulit melepas perangkat gawai pintar miliknya? Tenang, masih ada cara supaya kebiasaan buruk tersebut berkurang, bahkan hilang. Agar lebih jelas, simak poin-poinnya di bawah ini :

1. Bantu Latih Coping Mechanism Anak
Coping mechanism di sini berbicara soal bagaimana anak memiliki kesadaran jika dia sudah terlalu banyak menghabiskan waktu dengan sosial media. Kiat awal adalah sering mengajaknya bicara dan memahami apa yang sedang mereka inginkan. Hobi juga bisa jadi faktor penentu.

Berilah fasilitas hobi yang anak suka agar dia fokus ke sana, bukan gadget beserta sosial media. Aktivitas tersebut harus mampu mengasah mental, fisik dan tentu saja menyenangkan. Lewat cara tersebut, anak akan terbiasa mengalihkan diri dan fokus pada hobi.

2. Beri Jadwal Main Hape
Tidak dapat dipungkiri, cara mengatasi kecanduan sosial media pada anak yang satu ini cukup disiplin. Anda perlu membiasakan anak agar tidak terpaku pada layar hape dengan cara memberikan jadwal khusus. Hal ini bisa melatih dirinya agar tahu jadwal dan tidak sampai kebablasan.

Saat anak sudah berada pada kecanduan sosial media tingkat tinggi, biasanya dia bakal marah dan rewel saat diberi tahu jadwal main hape. Namun sebisa mungkin Anda sebagai orang tua atau keluarganya harus memberikan penjelasan secara logis dan halus agar lebih mudah mengerti.

3. Batasi Fitur di Hape
Saat ini sudah banyak aplikasi atau fitur yang bisa membatasi penggunaan gawai pintar. Terapkan hal ini pada hape milik Anda atau anak Anda. Hal ini berguna supaya dia tidak terpaku terus menerus dan enggan menghabiskan waktu terlalu lama bersama hape.

Memasang aplikasi screening monitor, alarm penjadwal waktu berhenti main hape, hingga mematikan notiikasi platform tertentu, bisa jadi cara mengatasi anak kecanduan sosial media yang efektif. Lama kelamaan, dia akan terbiasa dengan hal tersebut saat menggunakan hape.

4. Libatkan dengan Kegiatan Sosial
Hampir mirip dengan poin pertama, Anda harus memicu coping mechanism pada anak agar dia menyadari bahwa main hape dan sosial media terus menerus tidaklah baik. Jika anak kurang punya inisiatif, maka saatnya Anda dan anggota keluarga lain yang memulai.

Kegiatan sosial ini bisa dimulai dari lingkup sosialisasi primer, yakni keluarga. Perlahan ajak anak bermain keluar bersama teman-temannya. Tidak menutup kemungkinan pula untuk melibatkan dia pada ekstrakurikuler atau kelas hobi yang sesuai dengan minat dan bakat dirinya.

5. Tangani Lewat Psikologi Anak
Keempat cara di atas bisa juga dilanjutkan dengan menangani secara profesional lewat bantuan media. Psikolog anak misalnya, dapat memberikan sejumlah upaya agar buah hati Anda berhasil mengurangi sosial media dan tidak terpaku terus denagn hape miliknya.

Itulah artikel 5 cara ampuh mengatasi anak kecanduan sosial media. Ingat dukungan moral dari keluarga turut penting demi membantu anak melewati masa-masa berat dirinya dengan kecanduan sosial media. 

Selamat mencoba!

You May Like This :

10 comments

Ajak anak bermain keluar.Dan orang tua juga ikut bermain dengan anak-anak biar terasa harmonis. Jangan sampai anak disuruh main, eh giliran orang tua yang asek main hape

Trims sharingnya mas. Anak2 saya udh mulai kencanduan dgn gajetnya :(

Mukhlas masih piyik sih belum kenal medsos. Tapi tips ini kayaknya malah cocok buat emaknya yang sering lupa waktu main medsos *ups

Akupun merasa kecanduan handphone nih mas hendra. Kalau ga pegang hape, langsung muncul kecemasan dan rasa tidak tenang.
Mau mencoba ga pegang, tapi apa daya kerjaanku via hape semua :(

-Fajarwalker.com

ponakanku banget ini... susah banget lepas dari hp.. salah org tuanya juga sih dikira kasih hp jadi solusi buat anak biar anteng..

yang ada malah kebablasennn

@Djangkaru Bumi : Perlu banget itu Mas, orang tuanya jugalah yang nyontohin,

@Bang Day : Sama-sama dan semoga berhasil ya

@Dudukpalingdepan : Lah memang tips ini buat para orang tuanya, wkwkwkwk

@Fajarwalker : Memang asyik ya mainin hape apalagi kuota melimpah, hehehe

@Rini : Suruh baca aja artikel ini Rin


EmoticonEmoticon