Speaker Aktif Polytron PAS 79, Suara Dahsyat Untuk Hiburan yang Hebat


Artikel ringan kali ini, saya ingin me-review speaker aktif Polytron PAS 79 yang saya beli di pertengahan September 2019. Awalnya saya hanya iseng masuk untuk ngadem dan lihat-lihat produk elektronik dari berbagai merk di Electronic City Ruko Sari Plaza, Bojongsari, Depok. Ada perasaan senang kalau cuci mata di toko elektronik. Mungkin sama halnya dengan cewek yang masuk ke toko pakaian, senangnya bukan main, hehehe..

Nah dari keisengan itu, saya fokus sama speaker aktif merk Polytron yang dipajang dengan sangat apik dan cukup menggoda. Ternyata, penataan produk yang tepat, dapat memancing sisi psikologis seseorang loh, ini buktinya saya malah kepincut sama speaker aktif tersebut, padahal cuma iseng masuk buat ngadem.

Karena penasaran banget, saya tanya-tanya dulu sama petugasnya, mulai dari fiturnya, kekurangan dan kelebihannya. Jangan sampai sudah beli, malah menyesal, karena tidak sesuai dengan ekpektasi saya. Stafnya juga ramah dan selalu menjawab setiap pertanyaan dengan detail. Seolah meyakinkan saya untuk segera membelinya.

Akhirnya saya pun luluh juga. Karena kepincut dengan fitur dan suaranya yang mantap banget, saya memutuskan untuk membeli speaker aktif Polytron PAS 79 tersebut dengan harga promo hanya IDR 1.599.000. Di tempat lain, harganya bisa di atas itu, bahkan menyentuh angka dua jutaan. Tapi berhubung di EC Bojongsari lagi ada promo, saya pun membelinya tanpa pikir dua kali.

Setelah membayar di kasir, produk akan dites lebih dulu secara detail oleh petugasnya. Setelah semuanya berfungsi dengan baik, saya pun membawa pulang speaker aktif Polytron PAS 79 menggunakan taksi online, karena kalau naik motor terlalu besar kardusnya.

Garansi toko hanya dua minggu saja, kalau ada kerusakan atau ada yang tidak berfungsi. Sementara garansi resminya selama satu tahun.

MENGENAL FITUR SPEAKER AKTIF POLYTRON PAS 79

Sesuai dengan namanya speker aktif, produk ini tidak dilengkapi dengan DVD player, jadi hanya dua buah speaker aktif saja. Tapi memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dibanding speaker aktif biasa. Selain itu juga suara yang dihasilkan oleh merk Polytron selalu tidak mengecewakan, selama kualitas audio dari musik atau video tersebut memiliki kualitas yang baik.

Nah kira-kira fitur apa saja yang ada di speaker ini? Yuk simak terus ulasannya, boleh sambil ditemani secangkir kopi hangat plus camilannya.

1. Bisa Memutar Musik dan Video
Fitur pertama adalah bisa memutar beragam file multimedia, seperti musik (MP3), video (MPEG4, AVI, VOB, MPG, DAT) dan gambar (JPG, JPEG). Kalau tidak bisa memutar film, file di-convert terlebih dulu di software khusus video converter.

2. Dilengkapi Bluetooth
Kelebihan speaker aktif ini sudah dilengkapi dengan bluetooth versi 4.0 profil A2DP output power kelas II, agar bisa disambungkan dengan berbagai perangkat, mulai dari smartphone, laptop atau komputer serta berbagai perangkat yang mendukung koneksi bluetooth. Supaya koneksi tidak terputus, sebaiknya perangkat tetap terhubung di satu ruangan, kalau di luar ruangan atau terlalu jauh, biasanya suaranya akan putus-putus dan lama-lama hilang.

Bagaimana cara menghubungkan speaker aktif ke smartphone?
Caranya cukup mudah, aktifkan bluetooth di spekaer aktif dan smartphone. Lalu koneksikan (PAIR), maka Anda bisa memutar musik atau video dari smartphone, tanpa ribet pakai kabel USB, sehingga lebih praktis.

Speaker aktif hanya bisa disambungkan dengan satu perangkat saja. Jadi tidak bisa disambungkan dengan beberapa perangkat dalam waktu bersamaan.

3. Dilengkapi USB
Selain koneksi lewat bluetooth, Anda juga bisa mendengarkan musik atau melihat video (film dan lainnya) lewat USB versi 2.0.

4. Ada Radio FM
Bagi yang hobi dengerin radio, Anda bebas memilih channel favorit. Speaker Aktif Polytron PAS 79 sudah dilengkapi dengan kabel antena untuk menangkap gelombang radio. Cara memasang kabel antena FM adalah dengan menempelkan ujung kabelnya pada dinding untuk mendapatkan penerimaan Radio FM yang paling baik. Kabelnya terletak di bagian belakang perangkat.

5. Dilengkapi Remote Control
Asyiknya speaker aktif ini sudah dilengkapi dengan remote control yang memiliki jangkauan sekitar 6 meter dengan sudut sekitar 60 derajat. Jarak jangkau remote control dipengaruhi oleh cahaya tempat atau ruangan.


Note : 
- Jangan menyinari sensor penerima remote dengan sinar terang
- Jangan meletakkan benda di antara remote control dan sensor penerima remote pada perangkat, karena dapat menghalangi cahaya remote control
- Jangan menggunakan remote control ini bersamaan dengan pengoperasian remote control peralatan lainnya

Baterai yang digunakan adalah ukuran AAA sebanyak dua buah dan sudah tersedia sewaktu kita membeli speaker aktif ini.

6. Bisa Karokean
Bagi yang hobi karokean jangan khawatir, karena Anda sudah bisa karokean dengan suara yang dahsyat. Sssst, Anda bisa karokean berdua loh, karena ada dua lubang mic yang terpasang di speaker aktif. 

7. Ada LED Display
Meski sudah dilengkapi LED display di speaker aktif ini, tapi ukurannya kecil banget. But its oke lah, Anda masih bisa melihat keterangan indikator LED, mulai dari Play, MP4, MP3, Nomor File/Waktu Putar/Fungsi Pengaturan dan Pause.

KUALITAS SUARANYA BAGAIMANA?

Kalau urusan suara tidak usah diragukan lagi. Dengan komposisi yang pas antara treble, bass dan xtra bass, akan menghasilkan kualitas suara yang enak didengar, halus, tidak sember dan pastinya dentuman bass yang dahsyat. Apalagi kalau kualitas musiknya juga oke, seperti jenis musik disko atau dugem.

Ukuran daya speaker aktif Polytron PAS 79 ini adalah 2 x 100 Wrms. Jadi tidak terlalu besarlah untuk ukuran speaker aktif setinggi 960 cm.


Nah itu tadi review speaker aktif Polytron seri PAS 79 yang bisa saya share kali ini. Bagi yang hobi mendengarkan musik atau menonton film dengan kualitas suara yang dahsyat, spekar aktif ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

8 comments

Wah...
siap-siap deh nonton film pakai speaker itu mas, pasti tambah jos serasa di bioskop...
Saya sih pengennya beli soundbar, tapi belum kesampaian..
Memang kalau sudah masuk ke toko elektronik mata kayak kesurupan, pengen ini dan itu...
hehe...

@De Eka : Yup, nonton film jadi lebih seru, karena suaranya menggelegar. Udah kayak bioskop, hehehe

Kelemahannya kebanyakan speaker aktif Polytron termasuk PAS.79 ini power supplynya jenisnya AC matis..pake trafo inti besi..jika ada kerusakan lebih ribet atau harus ganti blok powwer supplynya jika dibandingkan trafo Inti besi...

Modelnya tinggi juga ya
Wah bisa mantap nih berkaraokenya

@Dwi Sugiarto : Wah nice info nih. Semoga saja awet speaker aktif ini

mantaff tuhhh mas suaranya menggelegarr lahh...hhhehe
dari segi modelnyaa baguss

@Djangkaru Bumi : Tingginya hampir 1 meter. Seru banget kalo dipake buat karaokean

@Garo-Blog.com : Pasti menggelegar loh Kang


EmoticonEmoticon