10 Tempat Wisata Paling Populer di Malaysia

Tempat Wisata Populer di Malaysia
Selain Singapura, Malaysia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dengan potensi wisata yang menarik dan beragam. Meski memiliki wilayah yang tidak terlalu luas, namun Malaysia menyimpan banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, bahkan beberapa di antaranya sangat ikonik dan sudah terkenal di seluruh dunia. Makanya tidak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang memutuskan untuk berlibur ke Malaysia.


Selain jarak yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, moda transportasi juga sudah sangat mendukung. Misalnya dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) menuju pusat kota, kalian bisa pesan KLIA Ekspres melalui aplikasi Traveloka.

FYI, KLIA Ekspres merupakan layanan kereta bandara yang menghubungkan pusat kota dengan Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Layanan kereta api bandara ini siap mengantarkan penumpang dari KLIA dan KLIA2 menuju stasiun  Kuala Lumpur Sentral (KL Sentral), atau sebaliknya, dalam waktu setengah jam saja. Lebih tepatnya, durasi perjalanan untuk rute KLIA - KL Sentral adalah 28 menit, dan 33 menit untuk rute KLIA2 - KL Sentral.

Dengan waktu perjalanan yang terbilang cepat ini, KLIA Ekspres merupakan layanan transfer bandara tercepat di Kuala Lumpur, bahkan kerap disebut sebagai yang tercepat di Asia Tenggara.

Dengan hadirnya layanan kereta tersebut, tentu akan memudahkan kalian untuk menjangkau tempat-tempat wisata yang tersebar di pusat kota dan sekitarnya. Nah bagi kalian yang penasaran dengan 10 tempat wisata paling populer di Malaysia, berikut adalah daftarnya :


Menara Kembar Petronas
1. MENARA KEMBAR PETRONAS
Siapa sih yang tidak kenal dengan menara yang satu ini. Jangan ngaku pernah ke Malaysia kalau belum berpose di depan menara kembar Petronas. Menara kembar Petronas merupakan salah satu ikon Malaysia. Hebatnya, menara ini pernah menjadi menara tertinggi di dunia pada tahun 1998-2004. Namun akhirnya menara Burj Khalifa di Dubai dibangun dan hingga saat ini (sampai tulisan ini dibuat) menjadi menara tertinggi di dunia dan berhasil mengalahkan menara kembar Petronas.

Menara kembar Petronas merupakan markas bagi beberapa perusahaan, namun tidak hanya itu saja, ia menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, terutama pada jembatan udara yang menghubungkan kedua menara di lantai 41 dan lantai 42. Jembatan ini terletak di ketinggian 170 meter.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi jembatan udara dan menikmati pemandangan Kota Kuala Lumpur, harus rela merogoh kocek sebesar RM 10 untuk membeli tiket. Loket tiket sudah mulai dibuka pukul 09.30. Namun, karena kuota tiket dibatasi sekitar 1.600 - 1.700 per harinya, sebaiknya kalian mulai mengantre sejak pukul 06.00 pagi.

Kalian bisa menggunakan transportasi umum, seperti kereta api, bus atau menggunakan kendaraan pribadi.


Legoland Malaysia
2. LEGOLAND MALAYSIA
Tempat wisata populer berikutnya adalah Legoland Malaysia. Khusus bagi kalian yang tertarik dengan permainan lego, atau ingin mengajak putra putri, bisa mengunjungi taman bermain paling hits di Malaysia, Legoland, yang memiliki dua wahana utama, yaitu Legoland Theme Park dan Legoland Water Park. Setiap wahana memiliki harga tiket yang berbeda.

Taman bermain ini dilengkapi dengan fasilitas dan permainan yang menarik. Uniknya, hampir sebagian besar bangunan di sini didesain menyerupai tumpukan lego. Legoland mulai buka pukul 10.00 pagi sampai pukul 07.00 malam.

Jika kalian ingin mengunjungi kedua wahana tersebut sekaligus, tiket terusan dibanderol sekitar RM 140 untuk pengunjung berusia di atas 60 tahun dan anak-anak di bawah 12 tahun. Sementara untuk pengunjung yang berusia 12-59 tahun harga tiket terusannya sebesar RM 174.

Legoland bisa dijangkau dengan menggunakan pesawat melalui Bandara Senai atau Bandara Changi di Singapura, lalu dilanjutkan dengan perjalanan darat. Jika berangkat dari Kuala Lumpur, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh sekitar 4 jam menuju Legoland.


Sunway Lagoon Theme Park
3. SUNWAY LAGOON THEME PARK
Sunway Lagoon Theme Park merupakan salah satu taman bermain paling seru dan menyenangkan yang terletak di Petailing Jaya, Malaysia. Taman ini terdiri dari 4 buah taman, yaitu Water Park, Wildlife Park, Extreme Park dan Amusement Park.

Di sini kalian bisa mengunjungi lebih dari 80 wahana dan atraksi menarik. Waktu tempuh dari Kuala Lumpur ke Sunway Lagoon Theme Park sekitar 15 menit perjalanan. Untuk menjangkaunya, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun naik angkutan umum, seperti bus, kereta komuter atau LRT (Light Rail Transit).

Adapun harga tiket masuk ke Sunway Lagoon Theme Park sebesar RM 43 untuk dewasa dan RM 11 untuk anak-anak berusia di bawah 11 tahun. Taman ini mulai dibuka sejak pukul 10.00 pagi sampai pukul 06.00 sore.


4. NATIONAL ZOO
National Zoo atau Zoo Negara merupakan kebun binatang nasional yang dikelola oleh pemerintah Malaysia. Tempat wisata yang memiliki sekitar 5.500 hewan dari 400 spesies yang berbeda ini selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan dan musim liburan. Bahkan tidak hanya dari wisatawan lokal saja, melainkan wisatawan asing juga banyak yang berkunjung.

Panda raksasa yang didatangkan dari Cina merupakan salah satu daya tarik utamanya. Selain itu juga dilengkapi dengan wahana dan atraksi yang tidak kalah seru dengan tempat hiburan lainnya.

Harga tiket masuk ke Zoo Negara ini dibanderol sekitar RM 8 hingga RM 12. Di sini juga sudah disediakan sebuah trem yang sengaja disewakan khusus bagi pengunjung yang ingin mengelilingi kompleks Zoo Negara. Tempat ini mulai buka dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 05.00 sore.

Kalian bisa menggunakan LRT (Light Rail Transit) yang dilanjutkan dengan bis KL Transit untuk mengunjungi Zoo Negara. Atau kalian bisa menyewa taksi, naik bus Metro atau menggunakan kendaraan pribadi.


5. GENTING HIGHLAND
Khusus penyuka tempat yang agak glamour dan penuh dengan hiburan, kalian bisa mengunjungi Genting Highland. Bisa dibilang ini merupakan Las Vegas-nya milik Amerika. Genting Highland merupakan daerah perbukitan yang berlokasi di sekitar 51 km dari pusat Kota Kuala Lumpur.

Kalian bisa menemukan banyak tempat seru di sini, mulai dari theme park, kasino, resort, restoran dengan beragam kuliner khas lokal maupun asing, tempat wisata alam hingga pusat perbelanjaan. Makanya tidak heran jika Genting Highland dijuluki sebagai kota hiburan atau The City of Entertainment.

Untuk mengunjungi Genting Highland, kalian bisa menggunakan Ekspress Bus dengan tiket sekali jalan sebesar RM 7.50 untuk dewasa dan RM 5.80 untuk anak-anak. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa berhenti di Awana dan melanjutkan jalan kaki ke puncak Genting Highland menggunakan kereta gantung.


Bukit Bintang
6. BUKIT BINTANG
Bukit Bintang ini serupa dengan Time Square-nya milik New York. Bukit Bintang merupakan salah satu tempat wisata belanja yang banyak dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Di sini kalian bisa belanja barang yang murah hingga yang impor bermerk, karena memang Bukit Bintang menyajikan banyak pusat perbelanjaan.

Selain berbelanja, kalian juga bisa menjumpai banyak restoran, kafe dan pedagang kaki lima yang menjual beragam makanan dari berbagai negara. Untuk berwisata ke sini, kalian bisa menggunakan monorail atau MRT (Mass Rapid Transportation).


Taman Burung Kuala Lumpur (Kuala Lumpur Bird Park)
7. TAMAN BURUNG KL (KUALA LUMPUR BIRD PARK)
Jarak tempuh dari pusat Kota Kuala Lumpur sekitar 10 menit menuju Taman Burung KL. Di sini kalian bisa menjumpai lebih dari 3.000 ekor burung yang terdiri dari spesies lokal maupun asing. Di Taman Burung KL, burung-burung dibiarkan terbang bebas dan hidup di habitatnya masing-masing. Kalian juga bisa melihat berbagai jenis unggas, seperti elang, bebek dan burung unta ketika menyusuri taman ini. Menariknya, tidak hanya berfoto saja, kalian juga bisa memberi makan sekaligus melihat proses pengeraman telur buatan menggunakan inkubator.

Untuk melihat pertunjukan burung, kalian bisa mengunjungi taman mulai pukul 12.30 hingga 15.30 sore. Kalian bisa menggunakan kereta komuter atau bus yang berhenti di dekat taman. Harga tiket masuk ke taman ini sekitar RM 29 hingga RM 39.


Taman Kuala Lumpur City Center
8. TAMAN KLCC (KUALA LUMPUR CITY CENTER)
Taman ini berada persis di bawah menara kembar Petronas. Di sini kalian bisa melakukan jogging, bersepeda atau sekedar duduk sambil menikmati keindahan taman KLCC yang dikelilingi gedung-gedung pencakar langit.

Kalian bisa menjumapi sebuah danau buatan yang dilengkapi dengan air mancur. Jika beruntung, kalian bisa menikmati pertunjukan air warna warni setiap malam. Untuk mengunjungi taman KLCC, tidak dikenali biaya sepeser pun alias gratis. Nah senang kan kalau gratisan, hehehe...

Untuk mengunjungi taman ini, kalian bisa menggunakan berbagai moda transportasi, karena lokasinya sangat strategis dan berada di pusat Kota Kuala Lumpur.


Batu Caves
9. BATU CAVES (GUA BATU)
Caves terletak di Selangor dan merupakan tempat suci bagi umat Hindu yang cukup populer. Festival agama Hindu Thaipusam selalu diadakan setiap tahunnya oleh pengelola Batu Caves dan selalu dipenuhi dengan umat Hindu dari berbagai dunia.

Batu Caves merupakan sebuah gua batu kapur yang terdiri dari 3 gua utama dan beberapa gua kecil. Saat memasuki tempat ini, kalian akan disambut oleh Patung Dewa Murugan setinggi 42.7 meter yang dilapisi emas. Setelah itu, kalian akan menaiki anak tangga yang cukup curam sebanyak 272 buah.

Menariknya, kalian akan menemukan banyak monyet liar berkeliaran ketika naik tangga. Batu Caves berlokasi sekitar 1.3 km dari Kota Kuala Lumpur, yang bisa ditempuh dengan menggunakan kereta komuter, bus atau naik taksi.

Pulau Manukan
10. PULAU MANUKAN
Pulau Manukan terletak di bagian Malaysia Timur, tepatnya di Sabah dan merupakan pulau terbesar kedua di kawasan wisata Taman Tunku Abdul Rahman. Untuk menjangkaunya, kalian harus ke Kota Kinabalu dulu, lalu menuju Jetti Jesselton Point untuk membeli tiket kapal untuk menyebrangi laut menuju Pulau Manukan.

Kalian bisa memilih beberapa paket tour tergantung jumlah pulau yang ingin dikunjungi. Dan harga setiap paket berbeda. Misalnya nih, untuk tur ke satu pulau saja, harga tiket kapal sekitar RM 23. Harga tersebut belum termasuk tiket terminal sebesar RM 7.63.

Setelah tiba di Pulau Manukan, kalian masih harus membayar tiket masuk sebesar RM 10 untuk dewasa dan RM 6 untuk anak berusia di bawah 18 tahun. Di sini kalian akan menjumpai air laut yang jernih sekaligus bisa mengeksplor alam bawah laut pulau ini dengan menyelam atau snorkeling.

Kapal akan berangkat dari Kota Kinabalu ke Pulau Manukan sejak pukul 08.00 pagi hingga pukul 03.00 sore.

Nah demikian artikel tentang 10 tempat wisata paling populer di Malaysia yang sangat disayangkan untuk dilewatkan ketika kalian berlibur ke Malaysia. Jika kalian berencana ingin liburan ke Malaysia, jangan lupa untuk mengunjungi salah satunya, atau bahkan semuanya. Lalu kalian bisa membagikan foto atau video liburan kalian yang menarik dan mempesona melalui sosial media.

Semoga bermanfaat.
Referensi : https://m.traveloka.com/id-id/activities/malaysia

You May Like This :

2 comments

Terimakasih banyak informasi mengenai tempat wisata ini Mbak, wajib dicoba nih hehehe.

Baru pernah ke genting,, semoga next bisa jelajahin semuanya


EmoticonEmoticon