Bolehkah Konsumsi Susu Saat Diet?

Diet

Konsumsi susu biasanya dihindari oleh sebagian orang yang ingin menurunkan berat badan, karena kandungan lemaknya dianggap cukup tinggi. Maka sebagai alternatif, dipilihlah susu rendah lemak yang tinggi protein namun dengan kalori yang terkontrol. Banyak yang belum mengetahui bahwa susu sebenarnya bisa menjadi minuman yang tidak hanya menyehatkan, namun juga dapat membantu proses penurunan berat badan. Selain itu lemak di dalam susu juga dapat memicu aktivitas brown fat, yakni sel lemak berwarna cokelat. Pembentukan sel lemak 'baik' ini biasanya dipicu oleh protein, salah satunya yang terdapat dalam susu nutrisi untuk diet.

Anda juga perlu mengetahui fakta bahwa terdapat studi yang menunjukkan fungsi tambahan kalsium, yakni untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak. Penelitian telah memperlihatkan bahwa ketika seseorang meningkatkan asupan kalsium dalam diet, maka pemecahan lemak juga akan meningkat dan produksi lemak menjadi berkurang. Hasilnya, lemak total akan berkurang.

Beberapa orang beranggapan bahwa diet rendah kalori tidak dapat menurunkan berat badan dengan cepat. hal itu dikarenakan tubuh akan cepat merasa lapar. Akibatnya, beberapa pelaku diet mengurangi asupan susu dan produk susu yang mereka percaya dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Namun sebenarnya, susu merupakan sumber kalsium bagi orang ingin diet, karena laktosa dalam susu mampu meningkatkan penyerapan kalsium.

Kalsium disimpan dalam sel lemak yang memainkan peran penting dalam mengatur bagaimana lemak disimpan dan dipecah oleh tubuh. Diperkirakakn bahwa lebih banyak kalsium yang ada di sel lemak, maka akan semakin banyak lemak yang akan terbakar. Dengan demikian, pelaku diet akan lebih baik jika mereka mengganti produk susu tinggi lemak dengan susu rendah lemak. Mengonsumsi dua gelas susu rendah lemak per hari memberikan 1000 mg kalsium.

Berikut ini adalalh kandungan nutrisi satu cangkir (setara dengan 237 ml) susu rendah lemak :

Susu rendah lemak (low-fat)

Kalori : 102 g
Karbohidrat : 12.7 g
Protein : 8.2 g
Lemak : 2.4 g
Lemak jenuh : 1.5 g
Omega-3 : 9.8 mg
Kalsium : 290 mg
Vitamin D : 127 IU

Meskipun punya banyak manfaat untuk kesehatan terutama untuk melangsingkan badan, konsumsi susu tetap harus dibatasi. Takaran minum susu yang disarankan adalah maksimal 750 cc sehari yang diminum saat sarapan, sebelum berolahraga ataupun malam sebelum tidur.

Imbangi juga dengan olahraga atau memperbanyak aktivitas fisik. Protein akan lebih maksimal membantu pembakaran kalori apabila digunakan untuk aktif bergerak. Tidak harus olahraga berat, membiasakan berjalan kaki dari tempat parkir mobil menuju kantor, naik tangga ketimbang lift atau jogging di pagi hari bisa jadi pilihan.


Asupan rendah kalori bagi yang diet
Untuk Anda yang sedang diet, konsumsi makanan pun diprioritaskan pada kandungan kalori yang rendah. Cara diet yang disarankan adalah dengan cara yang alami, yaitu dengan mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh sambil dibarengi olahraga secara rutin.

Dengan begitu, meski sedang diet tetapi pelakunya tetap bisa mendapatkan kandungan vitamin dan mineral dari susu tanpa memperoleh asupan lemak yang terlalu banyak. Jadi, bisa disimpulkan bahwa susu adalah pilihan tepat bagi Anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan.

Susu Rendah Lemak Slim & Fat Replacement - Blog Mas Hendra

Salah satu produk susu nutrisi diet yang bisa Anda konsumi adalah Slim & Fat Replacement. Slim & Fat Replacement merupakan nutrisi pengganti makan yang tinggi protein dan serat serta kalori terkontrol. Slim & Fat Replacement diformulasi khusus untuk diet sehat yang tepat dan seimbang serta membantu pengaturan pola makan sehat dalam mempertahankan berat badan ideal.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

5 comments

Wah kudu susu yg rendah lemak ya, sementara susu yg sering sy minum malah jenis UHT aja yg rasanya gurih. Padahal cita2nya pengin kurus hihi

tetep butuh dong, susu. yang penting takaran kalorinya.

Susu dengan kandungan kalsium tinggi memang bagus ya kang terutama buat orang-orang seusia kita yang sedang dalam masa pertumbuhan 😁. Rajin minum susu berarti mempersiapkan tubuh kita agar selalu sehat dan terpenuhi kebutuhan gizinya. Nice info deh pokoknya kang.

@Bang Doel : Saya juga hobi minum susu jenis UHT, hehehe

@Farida Pane : Asal jangan berlebihan, boleh-boleh aja...


EmoticonEmoticon