Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Storytel, Aplikasi Audiobook Indonesia untuk Temani Aktivitas

Review Aplikasi Stroytel

Saya tahu aplikasi Storytel dari salah satu artikel yang dibagikan teman saya di akun media sosial miliknya. Berhubung penasaran, saya pun membaca ulasan yang dibagikannya. Dalam tulisannya, ia membagikan pengalamannya menggunakan Storytel untuk mencari novel fiksi favoritnya.

Sebagai pecinta novel fiksi, ia merasa beruntung sekali bisa mengenal aplikasi Storytel. Ia bisa dengan mudah menemukan buku bacaan favorit di sana. Selain itu, ia juga tidak perlu repot-repot lagi membaca teks dari buku, tetapi hanya cukup mendengarkan lewat audio saja. Asyik banget kan?

Mengenal Storytel, Aplikasi Audiobook yang Recommended

Baca buku online memang cukup menyenangkan. Kita juga bisa mencari beragam buku bacaan lewat internet. Namun sayangnya, kebiasaan ini secara perlahan mulai ditinggalkan. Apalagi semenjak podcast hadir, orang-orang lebih senang mendengarkan audio ketimbang membaca teks.

Tren mendengarkan audio pun semakin diminati di tahun 2022 ini. Termasuk urusan membaca buku, yang mana saat ini banyak orang lebih memilih mendengarkan buku (audiobook). Nah, maka dari itu, Storytel hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Aplikasi Audiobook

Storytel merupakan aplikasi audiobook dan e-book berlangganan terbesar di dunia. Hingga saat ini terdapat lebih dari 500 ribu judul dalam skala global, mulai dari koleksi novel fiksi, buku best seller hingga rekomendasi buku yang disarankan.

Meski berkantor pusat di Swedia, Storytel juga familiar sebagai audiobook Indonesia terbaik yang banyak digemari, terutama oleh para pecinta novel.

Kita juga bisa menemukan beberapa buku novel fiksi yang populer, di antaranya :

  • Mariposa (karya Hidayatul Fajriah, akrab disapa Luluk H. F.)
  • Dilan (karya Pidi Baiq)
  • Divortiare (karya Ika Natassa)
  • Selamat Tinggal (karya Tere Liye)
  • Negeri Lima Menara (karya Ahmad Fuadi)
Sementara bagi pecinta novel mancanegara, terdapat beberapa karyanya yang bisa dicari di Storytel :
  • Koleksi novel Harry Potter Audiobook
  • Game of Thrones
  • Sapiens
  • Hunger Games, dan masih banyak lagi

Keunggulan Aplikasi Storytel 

Sebagai aplikasi audiobook Indonesia yang sedang ngetren saat ini, Storytel punya beberapa keunggulan yang akan kita dapatkan saat kita menikmati sajian audiobook dari aplikasi tersebut. Berikut ulasannya :

1. Punya ribuan koleksi buku dari berbagai kategori

Asyiknya dengerin audiobook di Storytel, karena koleksi bukunya banyak banget. Koleksi novel pun bervariasi, baik dari lokal maupun mancanegara, misalnya koleksi novel Harry Potter Audiobook, Game of Thrones, Sapiens, Hunger Games, Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara dan masih banyak lagi yang lainnya.

Audiobook Indonesia

Kita bisa mencari buku berdasarkan kategorinya, mulai dari Romance, Young Adult, Classics, Kids, Personal Development, Crime & Thriller, Biography, Fiction, Religion & Spirituality, Business & Economy, Fantasy & Science Fiction hingga History.

2. Biaya langganan terjangkau

Biar kita lebih puas menikmati koleksi buku di Storytel, kita bisa berlangganan dengan harga yang terjangkau. Apalagi saat ini sedang ada harga promo hanya sebesar Rp 39.000 saja. Bagi yang ingin mencoba, yuk segera install aplikasinya. 

Aplikasi Audiobook Indonesia

Bagi pengguna iPhone, bisa install Aplikasi Storytel untuk iOS. Sementara pengguna Android bisa install Aplikasi Storytel untuk Android. Enaknya berlangganan di Storytel, kita akan mendapatkan full akses di aplikasi audiobook tersebut. Dengan berlangganan, kita akan mendapatkan banyak benefit, di antaranya : 

  • Ribuan buku best seller
  • Download dan nikmati cerita secara offline
  • Judul ekslusif + Storytel Original
  • Aman bagi anak (Mode anak)
  • Batalkan langganan kapan saja

3. Narator berkelas dan Suaranya Enak Didengar

Salah satu faktor yang membuat kita betah mendengarkan audiobook di Storytel adalah suara narator yang terdengar jelas, tegas dan berkarakter. Para narator biasanya orang-orang yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Novel Fiksi

Bahkan ada beberapa public figure yang juga mengisi suara sebagai narator di Storytel, seperti Dee Lestari, Chicco Jerikho hingga Dian Sastrowardoyo. Jika mendengar suara mereka, dijamin deh bakalan betah dengerin ceritanya sampai selesai.

Fitur-fitur yang Ada di Aplikasi Storytel

Saat saya explore Storytel, aplikasi audiobook ini telah dilengkapi dengan banyak sekali fitur yang akan memanjakan penggunanya. Fitur-fitur ini tentu sangat membantu memudahkan pengguna untuk menjelajahi aplikasi, sekaligus memberikan pengalaman yang menikmati buku dengan cara yang asyik.

Buku Best Seller

Berikut adalah fitur-fitur yang disematkan di dalam aplikasi Storytel :

  • Fitur pencarian akan memudahkan kita untuk menemukan buku bacaan yang kita cari
  • Rak buku memungkinkan kita untuk menyimpan koleksi bacaan favorit
  • Target cerita akan memudahkan kita untuk menyelesaikan bacaan sesuai jadwal. Dengan fitur ini, kita jadi lebih disiplin dalam membaca buku
  • Kita juga bisa melihat berbagai aktivitas melalui fitur statistik lalu membagikannya kepada orang lain
  • Kita bisa memilih apakah ingin menggunakan WiFi atau paket data untuk download audiobook
  • Fitur tampilan memungkinkan kita untuk mengatur tampilan berwarna terang, gelap atau mengikuti sistem pengaturan bawaan dari ponsel masing-masing
  • Menginput PIN untuk aplikasi akan lebih aman, fitur ini disebut Mode Anak. Kita bisa memilih untuk mengaktifkannya atau tidak
  • Fitur kategori akan memudahkan kita untuk mencari buku bacaan berdasarkan kategori yang tersedia di Storytel
  • Kita juga bisa menulis ulasan atau review mengenai buku yang kita baca
  • Kita bisa mendengarkan cuplikan terlebih dulu melalui fitur Dengar Cuplikan
  • Kita bisa mengikuti (follow) penulis buku maupun narator di Storytel
  • Mencari kategori berdasarkan nama penulis, buku bacaan hingga narator
  • Banyak sekali rekomendasi buku populer yang tersedia di Storytel

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Storytel

Pengalaman saya mendengarkan audiobook di storytel itu kayak lagi dibacakan dongeng. Apalagi suara narator terdengar sangat jelas, suaranya jernih dan mendayu-dayu. Lama kelamaan sih saya bisa ketiduran, hehehe...

Review Aplikasi Storytel

Saya terbiasa memakai wireless headphone untuk mendengarkan audiobook di Storytel. Sambil dengerin cerita, saya bisa sambil melakukan aktivitas lainnya, mulai dari membereskan rumah, mencuci motor atau membuat konten.

Sekadar saran saja, kalau kamu termasuk orang yang cukup sibuk, paling enak sih dengerin audiobook menggunakan wireless headphone, karena kita bisa sambil mobile melakukan banyak aktivitas lainnya. Selain itu, kualitas audio yang dihasilkan juga lebih enak didengarkan.

Adapun sisi positif yang saya rasakan setelah mendengarkan audiobook di Storytel adalah sebagai berikut :

  • Mendengarkan audiobook jauh lebih praktis dibanding baca buku online atau baca buku fisik
  • Bisa mengurangi interaksi mata dengan layar gadget
  • Bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas
  • Mendengarkan audiobook bisa sambil beraktivitas, sehingga kita tetap produktif
  • Membuat perjalanan di kendaraan umum, seperti naik kereta api atau bus jadi lebih menyenangkan

Sinopsis Novel Negeri Lima Menara

Oh iya guys, di kesempatan perdana ini, saya mencoba mendengarkan audiobook novel fiksi berjudul Negeri Lima Menara karya A. Fuadi. Jadi, novel ini tuh menceritakan tentang cita-cita seorang anak laki-laki bernama Alif yang ingin mengikuti jejak B.J. Habibie. Namun sang Ibu justru menginginkan Alif untuk mengikuti jejak ulama, seperti Buya Hamka.

Negeri Lima Menara

Akhirnya Alif memilih untuk mondok di salah pondok pesantren di Jawa Timur. Di pondok tersebut, Alif bertemu dengan teman-teman akrabnya, yakni Dulmajid, Atang, Raja, Said dan Baso. Disela-sela waktu senggangnya, mereka berenam berkumpul di bawah menara masjid, sambil membicarakan cita-cita mereka.

Singkat cerita, Alif dan kelima temannya telah lulus dari pendidikannya dan ingin mewujudkan impiannya untuk menjadi orang yang sukses. Atas usaha dan perjuangan mereka, kini cita-citanya menjadi kenyataan. 

Alif berada di Amerika, Baso di Asia, Atang di Afrika, Raja di Eropa, Said dan Dulmajid berada di Indonesia. Alif dan kelima temannya berada di bawah menara yang berbeda.

Pelajaran yang bisa diambil dari novel fiksi ini adalah kita harus tetap semangat, berusaha, optimis dan yakin dengan apa yang kita cita-citakan. Pada dasarnya setiap orang pasti punya cita-cita yang mulia dan perlu diperjuangkan hingga tercapai segala impian menjadi kenyataan.

Konklusi

Semoga dengan hadirnya aplikasi audiobook seperti Storytel, mampu meningkatkan kembali minat baca serta minat dalam mencari wawasan dan ilmu pengetahuan. Apalagi di Storytel banyak sekali rekomendasi buku dari berbagai kategori.

Semoga ulasan Storytel bisa bermanfaat sekaligus memotivasi teman-teman semua agar lebih giat dan rajin lagi dalam mencari wawasan baru.

Sekarang sudah tidak ada lagi alasan malas untuk membaca. Segera install aplikasinya dan rasakan manfaatnya!

2 komentar untuk "Review Storytel, Aplikasi Audiobook Indonesia untuk Temani Aktivitas"

  1. Gimana gimana pengalaman dengerin novel dari storytel audiobooknya, seru kan ya?

    BalasHapus
  2. Saya juga lagi nyobain nih mas, nyimak audiobooknya sherlock holmes seru banget hehe

    BalasHapus