Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pallet Plastik vs Pallet Kayu : Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangannya

Bagi Anda yang menjalani bisnis industri manufaktur dan logistik, tentunya paham betul pentingnya pallet. Pallet merupakan komponen yang cukup krusial pada rangkaian supply chain, sehingga pemilihan tipe pallet yang tepat turut memengaruhi bisnis Anda dalam jangka panjang.

Pallet tersedia dengan berbagai macam bahan, tetapi dua yang paling umum ditemui adalah pallet plastik dan pallet kayu. Artikel ini akan secara khusus membahas perbedaan utama pallet plastik dan pallet kayu.

Menggunakan Pallet Kayu

Pallet kayu biasanya memiliki deck-board atas dan bawah, yang disatukan oleh tiga runner. Sebagian besar palet kayu terbuat dari kayu decking yang diikat dengan sekrup atau paku. Beberapa palet kayu memiliki panel alih-alih strip deck-board di atasnya.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan pallet kayu :

Kelebihan pallet kayu

  • Harga yang lebih murah
  • Dapat diperbaiki
  • Dapat didaur ulang

Kekurangan pallet kayu

  • Dapat menyimpan bakteri
  • Tidak dapat dibersihkan
  • Paku, sekrup dan serpihan kayu membuatnya kurang aman untuk ditangani
  • Tidak awet, sehingga perlu sering diganti

Pallet kayu adalah jenis palet  yang paling umum digunakan. Namun pallet kayu memiliki sejumlah kekurangan. Pallet kayu memiliki bobot yang relatif berat dan juga mudah patah. Hal ini membuat palet perlu diganti secara berkala. Kayu juga merupakan bahan yang sulit dibersihkan.

Selain itu, risiko kontaminasi dari pallet kayu membuat pallet ini tidak ideal untuk pengiriman makanan. Ketika kayu menjadi basah, pallet kayu menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri, yang bisa berpindah ke makanan dan bahan sensitif lainnya.

Menggunakan Pallet Plastik

Pallet plastik telah terbukti dan berkembang sebagai alternatif yang baik pengganti pallet kayu. Dalam industri di mana sanitasi menjadi aspek penting, seperti sektor pangan dan produk farmasi, pallet plastik higienis menjadi pilihan yang tepat.

Perbedaan Pallet Plastik dan Pallet Kayu
Image : tokoplas.com

Pallet ini memiliki umur pakai yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan pallet kayu. Pallet plastik lebih tahan lama dan lebih kecil kemungkinannya untuk rusak pada ekspedisi yang berulang.

Pallet ini juga tidak mengandung paku atau sekrup, sehingga tidak mudah rusak dan penanganannya lebih aman. Untuk mendapatkan pallet plastik pun tidak sulit. Anda bisa dengan mudah menemukan produsen ataupun distributor yang jual pallet plastik secara online.

Beberapa keuntungan dan kekurangan khusus menggunakan pallet plastik antara lain :

Kelebihan pallet plastik

  • Umur pakai yang lebih lama dari pallet kayu (hingga 10 tahun)
  • Tidak ada paku atau sekrup, sehingga penanganannya lebih aman 
  • Sangat mudah dibersihkan
  • Lebih ringan dari pallet kayu
  • Dapat didaur ulang

Kekurangan pallet plastik

  • Harga relatif lebih mahal
  • Perbaikan relatif lebih sulit

Kapan Harus Menggunakan Pallet Plastik dan Pallet Kayu?

Jawaban dari pertanyaan tersebut tergantung pada produk yang dikirim, tujuan pengiriman dan anggaran bisnis Anda.

Jika Anda tidak yakin apakah palet plastik atau kayu atau yang tepat untuk bisnis Anda, tiga pertanyaan ini bisa membantu Anda untuk memutuskan :

1. Harga pallet

Salah satu faktor terbesar dalam menentukan jenis pallet yang digunakan adalah biaya pallet itu sendiri. Secara umum, Anda akan memiliki pengeluaran awal yang lebih rendah jika memilih pallet kayu, karena pallet plastik memiliki biaya awal yang lebih tinggi. Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan menggunakan pallet kayu di masa awal usaha.

Namun meskipun pallet plasti memiliki biaya awal yang lebih tinggi, mereka lebih tahan lama dan memiliki masa pakai yang lebih lama daripada jenis pallet lainnya.

2. Tujuan penggunaan pallet

Banyak pengirim menggunakan pallet mereka sebagai bagian dari display setelah bahan sampai ke toko.

Saat produk dipajang menggunakan pallet, menggunakan pallet plastik berkualitas lebih tinggi menjadi masuk akal. Pallet ini lebih tahan lama dan menawarkan tampilan yang lebih bersih jika dibandingkan dengan pallet kayu. Warna pallet bahkan bisa dipilih secara khusus agar sesuai dengan produk.

3. Kebutuhan standar sanitasi produk

Jika Anda mengirimkan produk yang harus memenuhi standar kebersihan tertentu, maka pallet plastik menjadi pilihan yang tepat. Jika bahan atau produk tumpah, pallet plastik bisa dengan mudah dicuci. Makanan dan bahan kimia juga tidak bisa meresap ke dalam plastik dan mencemari pengiriman di masa mendatang.

4. Biaya pengiriman

Pallet kayu cenderung lebih berat dibandingkan denga pallet plastik, yang dapat menjadi pertimbangan jika biaya pengiriman Anda didasarkan pada bobot pengiriman. Rata-rata pallet kayu memiliki berat antara 13 sampai 30 kg. Pallet plastik, di sisi lain, beratnya hanya 1 sampai 2 kg saja.

Demikian informasi mengenai perbedaan pallet kayu dan pallet plastik, serta kelebihan dan kekurangannya.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pallet Plastik vs Pallet Kayu : Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangannya"