Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjual Rumah Agar Cepat Laku

Cara Menjual Rumah Agar Cepat Laku

Menjual rumah bukanlah perkara mudah. Jika Anda tidak mengetahui triknya, kemungkinan besar Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Sementara Anda ingin menjualnya secepatnya. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara menjual rumah agar cepat laku.

Ketika ingin menjual rumah, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting agar rumah Anda cepat laku terjual. Ingat, di luar sana juga ada banyak orang yang menjual rumahnya. Ini artinya terdapat persaingan yang terbilang cukup ketat untuk urusan menjual rumah second.

Sementara, calon pembeli hanya tinggal memilih saja mana rumah yang sesuai dengan kriterianya atau keinginannya. Calon pembeli sudah pasti akan membeli rumah yang masih terlihat bagus dan harganya juga relatif terjangkau.

Tips Menjual Rumah Agar Cepat Laku

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk menerapkan strategi dalam menjual rumah yang tepat, agar rumah Anda cepat terjual. Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan :

1. Tentukan harga jual rumah yang sesuai

Menentukan harga jual rumah tidaklah mudah. Anda harus menentukan harga jual rumah yang realistis. Apalagi saat ini harga properti dan rumah semakin kompetitif. Sudah pasti banyak pembeli yang memilih untuk membeli rumah dengan bujet yang cenderung murah.

Cara paling mudah menentukan harga rumah agar cepat menggaet pembeli :

  • Cek harga pasar

Urusan harga menjadi hal pertama yang selalu diperhatikan oleh calon pembeli. Cara agar rumah cepat laku terjual adalah dengan menentukan harga rumah yang ideal, dengan mengecek harga pasaran untuk hunian dengan tipe tersebut.

Harga jual rumah di pinggiran kota dengan di kota tentu saja berbeda. Anda bisa melakukan survey terlebih dulu agar lebih mudah menentukan harga pasar rumah yang ingin dijual.

  • Cek fasilitas pendukung di sekitar rumah

Anda juga bisa menentukan harga jual rumah yang ideal dengan memperhatikan fasilitas-fasilitas umum di sekitar rumah, misalnya fasilitas kesehatan, pendidikan, pusat perbelanjaan dan akses yang mudah ke jalan raya atau jalan tol.

Semakin strategis lokasi rumah dan dekat dengan fasilitas umum, maka akan berpengaruh terhadap harga jual rumah, sehingga Anda akan lebih mudah dan berani untuk menjual rumah dengan harga yang lebih tinggi.

  • Tentukan harga rumah sesuai dengan NJOP

NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak merupakan harga rata-rata yang digunakan untuk menentukan nilai nominal yang harus dibayar pada transaksi jual beli, salah satunya adalah transaksi jual beli rumah. Agar lebih mudah mendapatkan nilai jual rumah yang tepat, Anda bisa mengecek NJOP melalui internet.

2. Renovasi rumah

Cara menjual rumah agar cepat laku berikutnya adalah dengan melakukan renovasi rumah. Periksa sekeliling rumah, apakah ada kebocoran atau bagian rumah yang rusak. Jika iya, Anda perlu segera merenovasinya agar calon pembeli tidak kecewa ketika mengecek langsung rumah yang ingin Anda jual.

Meski rumah bekas sekalipun, tetapi jika Anda merenovasinya, misalnya mengecat atau memperbaiki kebocoran, maka akan terlihat lebih menarik. Hal ini akan menarik perhatian calon pembeli. Maka dari itu, jangan lupa untuk merenovasi bagian rumah yang rusak.

3. Gunakan media sosial dan situs jual beli

Anda bisa memasarkan rumah melalui media sosial atau situs jual beli. Promosi lewat media sosial bisa dilakukan secara gratis atau berbayar. Sementara lewat situs jual beli, Anda bisa memasang iklan. Meski harus mengeluarkan uang, tetapi cara ini dinilai cukup ampuh untuk meningkatkan promosi penjualan rumah.

Apalagi saat ini banyak juga calon pembeli yang mencari rumah bekas lewat media sosial ataupun situs jual beli, karena cara ini lebih praktis dan efisien. Anda hanya tinggal menunggu calon pembeli yang tertarik dan akan menghubungi Anda.

4. Pilih agen properti yang andal dan profesional

Agar rumah cepat terjual, Anda perlu menerapkan tips cara menjual rumah yang satu ini. Anda bisa menggunakan jasa agen properti untuk membantu memasarkan rumah Anda. Namun sebaiknya jeli dan teliti dalam memilih agen properti, agar tidak ada masalah di kemudian hari.

Agar lebih mudah mencari agen properti, Anda bisa mencarinya melalui internet atau bisa dengan datang langsung ke kantor agen properti terdekat. Agen properti akan membantu Anda dalam menentukan harga, memberikan konsultasi seputar jual beli properti serta menemukan calon pembeli.

5. Pilih waktu yang tepat untuk menjual rumah

Memperhatikan waktu yang tepat untuk menjual rumah menjadi salah satu cara menjual rumah agar cepat laku. Banyak pakar properti yang menjelaskan bahwa terdapat waktu-waktu tertentu dalam satu tahun ketika aktivitas jual beli rumah akan lebih sibuk dari biasanya.

Sebagai contoh misalnya setelah Pemilu, kondisi politik atau kondisi ekonomi yang sedang memuncak. Diprediksi secara umum, bulan Mei dianggap waktu tersibuk bagi industri properti dan real estate

Menjual rumah memang menjadi hal yang cukup rumit bagi sebagian orang. Namun jika Anda mencoba menerapkan cara menjual rumah seperti yang telah dijelaskan di atas, maka akan membantu memudahkan Anda. 

Anda juga tidak perlu terlalu banyak membuang-buang waktu, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Semoga tips menjual rumah di atas bisa membantu Anda, terutama bagi yang ingin menjual rumah biar cepat laku.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menjual Rumah Agar Cepat Laku"