Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panu Mengganggu Penampilan? Ini Cara Menghindarinya!

Tips Menghilangkan Panu

Penyakit kulit, seperti panu dianggap sangat mengganggu penampilan, terutama di bagian tubuh yang terlihat, misalnya seperti di wajah. Hal ini menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri ketika berada di tempat umum. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir. Kini Anda bisa mengatasi masalah panu tersebut dengan produk panu yang beredar di pasaran.

Ciri-ciri Panu

Panu (Tinea Versicolor) bisa menyebabkan kulit tampak lebih terang, lebih gelap atau lebih merah daripada kulit di sekitarnya yang tidak terkena. Pada umumnya panu menyerang di area dada atau punggung, karena area ini memiliki jumlah kelenjar sebaceous yang paling banyak. Gejala panu juga bisa menyerang lengan atas leher dan wajah.

Bercak tinea versicolor yang lebih ringan sering terlihat selama berbulan-bulan saat musim panas. Ketika area yang terkena gagal menjadi berwarna cokelat, dibandingkan dengan kulit kecoklatan di dekatnya yang tidak terpengaruh. Sisik atau serpihan lapisan luar kulit sering terlihat juga. Tinea versicolor biasanya tidak menimbulkan gejala, tetapi rasa gatal sering dialami pada beberapa pasien.

Penyebab Umum Panu

Jangan abaikan suhu yang terlalu panas dan rentan menimbulkan keringat, terutama efek kelembutan yang dibawanya. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang tinggal di tepi laut yang indah dan tenang, kelembapan adalah musuh yang patut diwaspadai.

Meskipun kita menghabiskan sebagian besar waktu di bawah AC, faktanya kita sering menemukan diri kita basah kuyup oleh keringat beberapa kali dalam sehari. Kekurangan dari tinggal di wilayah iklim tropis adalah terkena berbagai infeksi penyakit kulit yang mungkin saja terjadi, misalnya seperti panu.

Infeksi jamur yang sering menyerang orang dewasa biasanya akan menyerang kestabilan pigmentasi normal kulit. Hal ini bisa menyebabkan munculnya bercak-bercak kecil pada kulit yang bisa berwarna lebih terang atau lebih gelap daripada kulit di sekitarnya. Tinea Versicolor paling sering memengaruhi bahu seseorang.

Infeksi ini disebabkan oleh jamur Malassezia Furfur. Jamur ini terjadi secara alami pada kulit dan bisa berkembang biak dengan cara seperti ragi, yang bisa menyebabkan timbulnya panu. Tinea versicolor tidaklah berbahaya. Namun siapapun yang mengalami ruam kulit yang persisten harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk menyingkirkan kondisi lainnya yang bisa lebih serius.

Pencegahan Terbaik

Metode pencegahan yang paling efektif adalah dengan rajin menjaga kebersihan. Menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit juga bisa membantu melindungi seseorang dari tertular infeksi ini. 

Gunakan krim antijamur yang tersedia bebas di pasaran yang menawarkan cara pencegahan yang terbaik. Produk yang sama ini juga bisa membantu mengendalikan infeksi ringan.

Selain itu, mengambil beberapa langkah ekstra untuk tetap kering ketika cuaca panas dan lembap, serta menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa menghentikan pertumbuhan panu. 

Jika Anda sudah melihat beberapa gejala panu seperti di atas, jangan ragu untuk segera mengatasinya dengan mengoleskan krim antijamur yang mengandung bahan Klotrimazol 1 %.

Demikian tips cara menghilangkan panu yang bisa Blogmashendra.com bagikan. Semoga bisa bermanfaat, terutama bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan krim antijamur untuk panu Anda.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Panu Mengganggu Penampilan? Ini Cara Menghindarinya!"