Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Pipa PPR Rucika KELEN GREEN

Pipa memiliki peranan sangat penting dan vital, yang berfungsi sebagai instalasi saluran air pada setiap bangunan, mulai dari perumahan, apartemen, hotel hingga gedung perkantoran. Memilih pipa, tentu tidak boleh asal-asalan. Harus mengetahui terlebih dulu tipe, kualitas, harga hingga merek.

Hal ini penting dilakukan, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari, misalnya saja pipa pecah karena kualitasnya kurang bagus, tidak memahami struktur pipa hingga salah memilih merek pipa. 

Jangan sampai Anda mengalami masalah ini, karena akan cukup merepotkan dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

Pipa PPR Rucika KELEN GREEN

Meski sama-sama berfungsi sebagai saluran air, akan tetapi tidak semua pipa memiliki karakteristik yang sama. Anda perlu mengetahui terlebih dulu spesifikasi dari pipa itu sendiri. Hal ini penting Anda ketahui, agar Anda bisa membeli jenis pipa yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan.

Mengenal Pipa PPR untuk Saluran Air Panas dan Dingin

Jika Anda mencari pipa untuk saluran air panas dan air dingin bertekanan di rumah, maka Anda bisa memilih jenis pipa PPR, yaitu pipa yang terbuat dari bahan Polypropylene Random (PP-R). 

Berbeda dengan pipa jenis PVC (Polyvinyl Chloride), pipa jenis PPR memiliki spesifikasi yang cocok untuk saluran air panas dan dingin bertekanan, karena bahannya cenderung lebih kuat, lentur dan bebas karat.

Apa Itu Pipa PPR

Pipa PPR direkomendasikan sebagai instalasi air pada gedung atau rumah sakit, karena karakteristik pipa jenis ini cocok untuk kesehatan, lebih higienis dan tahan terhadap ancaman bahan kimia. 

Pipa ini diproduksi menggunakan material unik, dengan proses produksi yang sudah disesuaikan dengan standar internasional.

Keunggulan Pipa PPR

Setelah Anda mengetahui spesifikasi pipa jenis PPR, sudah bisa dipastikan jika pipa ini memiliki keunggulan dibanding dengan produk pipa lainnya. Sesuai dengan namanya, produk pipa PPR dibuat dari bahan yang tahan terhadap suhu tinggi, sehingga produk ini disarankan untuk instalasi saluran air bersuhu tinggi.

Berikut adalah keunggulan pipa PPR yang bisa Anda dapatkan untuk instalasi saluran air bersih bersuhu tinggi :

1. Proses instalasi lebih mudah dan praktis

Meski bahannya kuat dan lentur, tetapi bobot pipa PPR cukup ringan. Kelebihan ini tentu saja akan memudahkan proses pemasangan, karena tidak membutuhkan alat khusus maupun mengandalkan tenaga banyak orang.

2. Lebih tahan lama, karena spesifikasi bahan lebih tinggi

Karakteristik pipa jenis PPR lebih kuat, lentur dan memiliki tingkat keretakan yang rendah. Selain itu, pada proses penyambungannya menggunakan persenyawaan sempurna, sehingg membuat pipa ini lebih awet dan bisa digunakan hingga lebih dari 50 tahun.

3. Pilihan varian pipa yang lebih beragam

Anda bisa memilih pipa PPR sesuai dengan kebutuhan, mulai dari saluran air dingin sederhana (pipa PPR PN-10), saluran air dingin bertekanan atau panas tanpa tekanan (pipa PPR PN-16) hingga air panas bertekanan (pipa PPR PN-20).

4. Bahannya lebih ramah lingkungan

Masalah yang paling sering timbul pada pipa air bersih adalah munculnya karat. Hal ini tentu menjadi masalah yang cukup serius, karena air akan terkontaminasi oleh zat-zat yang sangat berbahaya. Namun dengan pipa PPR, tidak ada lagi masalah seperti ini.

Memilih Pipa PPR Rucika Adalah Keputusan Tepat

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan brand Rucika bukan?. Ya, Rucika adalah brand pipa yang paling populer di Indonesia. Brand Rucika diproduksi oleh PT Wahana Duta Jaya Rucika yang berdiri sejak tahun 1973. Rucika menjadi salah satu produsen pipa PVC terbesar di Indonesia yang memiliki fasilitas produksi yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air.

Rucika KELEN GREEN

Rucika telah berpengalaman lebih dari 45 tahun dalam menghasilkan berbagai produk unggulan berbahan dasar PVC, PVC-O, PPR, PE-RT dan PE. Selain itu, Rucika telah mengaplikasikan teknologi berkesinambungan yang juga menghasilkan beberapa produk inovatif, seperti Rucika Siphonic System, Rucika Rainwater System dan Rucika Hygienic System.

Sementara, untuk produk unggulan pipa PPR Rucika adalah Rucika KELEN GREEN, yaitu produk pipa yang memang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan air panas dan dingin bertekanan dengan jenjang produk yang luas.

Produk instalasi pipa Kelen Green Rucika menerapkan sistem penyambungan yang disebut heat fusion, di mana pada prosesnya menggunakan alat pemanas bernama polyfusion atau electrofusion, sehingga menghasilkan sambungan yang lebih kuat, anti bocor, bebas perawatan dan mampu bertahan hingga 50 tahun.

Sistem ini memang sengaja dirancang untuk sistem sanitari serta saluran air bertekanan dan cocok diaplikasikan pada beberapa bangunan sebagai berikut :

  • Industri
  • Rumah Sakit
  • Hotel dan apartemen
  • Sistem udara bertekanan
  • Sistem air minum dan makanan cair
  • Agrikultur (greenhouse dan taman)
  • Sistem transportasi asam dan cairan agresif
  • Perumahan

Pipa PPR Rucika KELEN GREEN merupakan pilihan yang tepat untuk instalasi sistem pipa air panas dan juga sambungan pipa (fitting) untuk memenuhi kebutuhan air panas dan dingin yang lengkap serta telah memiliki standar DIN (Deutsches Institut für Normung e.V.), seperti DIN 8077, DIN 8078, DIN 16962 dan DIN 4726, mulai dari diameter luar 20 mm, 25 mm, 32 mm, 40 mm, 50 mm, 63 mm, 75 mm, 90 mm dan 110 mm.

Rucika KELEN GREEN

Pilihan varian jenis pipa Rucika KELEN GREEN tersedia mulai dari PN 10 (saluran air dingin bertekanan), PN 16 (saluran air panas dan air dingin bertekanan) dan PN 20 (saluran air panas bertekanan). Sementara untuk instalasi sambungan pada pipa tersedia lengkap dengan berbagai fungsi. 

Rucika sendiri merupakan nama brand yang diproduksi PT Wahana Duta Jaya Rucika yang telah berdiri sejak tahun 1973 dan menjadi salah satu produsen pipa PVC terbesar di Indonesia. Produksinya telah tersebar luas di seluruh Tanah Air.

Keunggulan Pipa Rucika 

Seperti telah disinggung di awal, memilih pipa tidak boleh sembarangan, agar instalasi saluran air bisa lebih awet dan tahan lama. Maka dari itu, merek pipa yang direkomendasi adalah pipa Rucika yang dikenal dengan produk perpipaan plastik berkualitas.

Berikut adalah beberapa keunggulan produk pipa Rucika :

  • Dalam proses produksinya, mengacu pada standar JIS dan ISO dengan sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9100:2000
  • Dibuat dari material yang aman, dibuat dengan calcium zinc (tanpa timbal)
  • Tahan terhadap korosi
  • Kuat anti pecah
  • Daya tahan tinggi
  • Ringan dan mudah untuk mobilitas
  • Proses penyambungan dan pemeliharaan lebih mudah

Demikian informasi yang bisa Blogmashendra.com bagikan mengenai pipa PPR KELEN GREEN dari Rucika. Semoga bisa menjadi pertimbangan Anda ketika ingin membeli pipa yang tepat untuk instalasi saluran air panas dan air dingin bertekanan.

Sumber referensi :

[rucika.co.id] Tentang Kami

[rucika.co.id] Kelen Green

[ragampipa.com] Keuntungan Pipa PPR Untuk Air Panas

4 komentar untuk "Mengenal Apa Itu Pipa PPR Rucika KELEN GREEN"

  1. Dulu pernah bekerja di PDAM bagian pemasangan pipa ke masyarakat. Penggunaan pipa Rucika paling bagus untuk instalasi air. Selain tebal, kekuatannya pun dapat diandalkan hingga puluhan tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kebanyakan masyarakat juga sudah familiar dengan merek Rucika Mas. Ya salah satunya testimoni dan pengalaman langsung dari sampeyan 👍👍

      Hapus
  2. Kalau ingat ini jadi langsung ingat sama iklannya dulu, memang mantep pipa ini apalagi kualitasnya. Kuat dan bagusnya memang gak bisa diragukan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brand Rucika memang sudah familiar banget bagi masyarakat ya Mba...

      Hapus