Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Amalan Ini Sebelum Tidur Agar Mendapatkan Perlindungan Allah

Doa Mau Tidur

Tubuh Anda tentu merasa sangat lelah setelah melakukan banyak aktivitas sepanjang hari. Tidur adalah cara cepat untuk menghilangkan rasa lelah dan letih. Sejatinya tidur, memiliki banyak manfaat antara lain memperbaiki sel-sel rusak, bisa membantu menjaga pola makan, bisa meningkatkan daya ingat dan membantu mencegah datangnya berbagai penyakit.

Bicara soal tidur, perlu Anda ketahui bahwa ketika mata terlelap, maka 'kegiatan' di dalam tubuh akan berkurang. Dengan demikian, tidur digambarkan seolah-olah seperti 'mati' sementara. Gambaran tidur sama seperti dengan mati jelas telah diajarkan di dalam agama Islam.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam pun pernah bersabda tentang persamaan tidur dan mati. Beliau bersyukur 'ruh'-nya telah dikembalikan lagi pada tubuh setelah melewati tidur. Tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi pada diri kita ketika tidur.

Nah, agar Anda terlepas dari gangguan jin dan setan jahat selama tidur, lakukan beberapa amalan sebelum tidur di bawah ini.

1. Berwudhu

Islam mengajarkan agar setiap muslim senantiasa menjaga keadaannya tetap suci, dengan cara berwudhu. Malaikat pun senang mendampingi orang-orang yang terhindar dari najis dan kotoran.

Hadits Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam pun sudah diriwayatkan oleh Ibnu Hibban :

"Barangsiapa tidur dalam kondisi suci, maka di atas kepalanya terdapat malaikat. Tidaklah ia bangun, kecuali malaikat akan berdoa untuknya, 'Ya Ahllah ampunilah hamba-Mu ini si fulan sungguh ia semalaman dalam keadaan suci."

2. Membaca Ayat Kursi

Ayat Kursi memiliki kekuatan besar untuk mengusir gangguan setan jahat selama tidur. Jika Anda membaca ayat Kursi sebelum tidur, maka malaikat akan senantiasa menjaga tidur Anda hingga tiba waktu Subuh.

3. Berdoa Sebelum Tidur

Amalan ketiga yang harus dilakukan sebelum tidur yaitu membaca doa mau tidur. Tujuannya agar Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa menjaga Anda.

Pentingnya membaca doa sebelum tidur, telah tercantum di dalam hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam, dari sahabat yang bernama Al-Bara' bin 'Azib radhiyallahu 'anhuma berkata, bahwa : Bersabda kepadaku Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam : 

"Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah seperti kamu hendak melakukan shalat. Kemudian berbaringlah di atas bagian tubuh yang kanan, lalu ucapkanlah, "Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku menyerahkan urusanku kepada-Mu, aku menyandarkan punggungku kepada-Mu, karena senang dan takut. Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari-Mu, kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab yang telah Engkau turunkan, dan Nabi yang telah Engkau utus. 'Apabila kamu meninggal dunia, maka kamu meninggal dalam keadaan fitrah. Dan jadikanlah ia ucapan terakhirmu." (HR. Bukhari 19/372).

Adapun doa mau tidur yang bisa diamalkan yaitu :

"Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut." Artinya : "Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati." (HR. Bukhari dan Muslim).

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirma dalam Al Qur'an, yang artinya :

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah tidurmu di waktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (QS. Ar Rum : 23).

Makna dari membaca doa sebelum tidur adalah untuk mendapatkan perlindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala, tindakan pasrah atau berserah diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, memohon belas kasih dari Allah Subahanu Wa Ta'ala, karean Dia lah zat yang memegang nyawa seluruh umat dan doa mau tidur juga akan membuka pintu husnul khotimah.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Lakukan Amalan Ini Sebelum Tidur Agar Mendapatkan Perlindungan Allah"

  1. Nah, ini yang sering lupa sampai tidur gak pernah nyenyak dan tenang. Ada aja yang ganggu malam-malam, belakangan ini juga banyak kejadian yang meninggal karena tindihan yang katanya ditindih itulah makhluk tak kasatmata. Jadi gak tenang, memang harusnya melakukan amalan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya Mba, padahal amalan ringan, paling cuma kurang dari 10 menit doang ya...

      Hapus