Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis-jenis Baja Ringan

Mengenal Jenis Baja Ringan di Pasaran

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai harga baja ringan dan apa saja keunggulannya. Pada artikel kali ini, Blogmashendra ingin membahas masalah baja ringan lagi, yakni jenis-jenis baja ringan yang ada di pasaran. Hal ini penting untuk diketahui, agar kamu tidak salah memilih baja ringan, karena akan berdampak pada kualitas rumah atau bangunan yang akan dibangun.

Perlu kamu ketahui, baja ringan ternyata memiliki beberapa jenis klasifikasinya didasarkan pada komposisi bahan yang digunakan untuk membuat baja ringan tersebut. Semakin tinggi komposisi alumuniumnya, maka biasanya akan semakin bagus kualitasnya.

Namun, kalau kamu mau membangun rumah agar lebih kokoh dan tahan lama, ya sebaiknya pilih baja ringan yang berkualitas baik. Meski harus mengeluarkan biaya lebih besar di awal, tetapi awetnya bisa jangka panjang lho.

Mengenal Jenis-jenis Baja Ringan di Pasaran

Galvanis

Jenis baja ringan yang pertama adalah Galvanis. Bahan yang digunakan baja ringan jenis Galvanis lebih didominasi oleh zinc 98% dan alumunium 2% saja. Galvanis dibuat menggunakan proses galvanisasi atau pelapisan dengan menggunakan bahan seng, lalu pada tahap akhir dilakukan dengan cara coating.

Mengenal Jenis Baja Ringan Galvanis

Baja ringan jenis Galvanis harganya cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan jenis baja ringan lainnya, seperti jenis Galvanum. Bagi kamu yang punya dana pas-pasan, bisa memilih baja ringan jenis Galvanis. Saya pun menggunakan jenis baja ringan ini untuk membuat kanopi baja ringan.

Galvalum

Jenis baja ringan yang kedua adalah Galvalum. Jenis baja ringan ini dibuat dari komposisi alumunium 55% dan zinc sebesar 45%. Galvalum ini diproduksi menggunakan teknologi yang modern, sehingga harganya paling mahal jika dibandingkan jenis baja ringan lainnya. Namun dair segi kualitas, memang tidak diragukan lagi.

Produk Genteng Metal Dari BlueScope Zacs
Genteng Metal BlueScope Zacs Cool Merah Carita

Bagi kamu yang ingin membangun rumah yang besar, luas dan tingkat, maka sangat cocok memilih baja ringan jenis Galvalum. Meski harganya lebih mahal dari Galvanis, akan tetapi kualitas dan kekokohannya tidak perlu diragukan lagi.

Sayang banget kan kalau rumahnya besar dan tingkat, tetapi menggunakan atap baja ringan yang standar. Ya sebenarnya sah-sah saja sih, tetapi kalau dananya masih banyak, ya mendingan sekalian saja pasang baja ringan yang berkualitas. Iya nggak sih?

BlueScope Zacs® Merek Baja Ringan Berkualitas Jenis Galvalum

Bagi kamu yang menginginkan rumah bergaya modern menjadi lebih kokoh dan awet, perhatikan juga masalah bahan yang digunakan untuk membangun rangka atap. Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih baja ringan jenis Galvalum merek BlueScope Zacs®, karena dibuat dari komposisi yang solid, yakni alumunium 55%, zinc 43,5% dan si 1,5%.

Kalau kamu mau tahu, baja ringan buatan BlueScope Zacs® ini kokoh banget lho, karena prosesnya dibuat menggunakan teknologi modern, sehingga menghasilkan kualitas baja ringan yang kokoh dan solid.

Genteng Metal BlueScope Zacs Natural Merah Gaharu
Genteng Metal BlueScope Zacs Natural Merah Gaharu

Kalau kamu punya dana yang cukup, sebaiknya sih pilih bahan material yang berkualitas, karena rumah adalah investasi jangka panjang. Jangan sampai baru tinggal 3 - 5 tahun, rumah kamu perlu direnovasi, karena salah memilih rangka atap.

Perlu kamu ketahui, atap atau genteng merupakan salah satu bagian rumah yang paling penting, karena berfungsi untuk melindungi seluruh penghuni rumah beserta isinya. Jadi sebagus apapun isi rumahnya, jika atapnya cepat rusak atau bahkan roboh, bukan hanya kerugian secara material saja yang akan dirasakan, tetapi parahnya lagi sampai ancaman kehilangan nyawa.

Jadi BlueScope Zacs® merupakan merek baja ringan berkualitas tinggi yang dihasilkan melalui teknologi canggih, mulai dari teknologi cool hingga natural yang telah dilengkapi dengan garansi resmi PT NS BlueScope Indonesia untuk perlindungan karat serta warna.

Produk BlueScope Zacs® tidak hanya dapat diaplikasikan untuk atap rumah saja, melainkan bisa juga untuk partisi bangunan lainnya, seperti interior, dinding rumah dan kanopi baja ringan.

Baja Ringan Bisa Diaplikasikan untuk Interior

Masih penasaran mengenai kualitas baja ringan dari BlueScope Zacs®? Yuk, simak artikel berikut ini : https://bluescopezacs.id/tanya-ahli/Memilih-Baja-Ringan-Yang-Bagus-Di-Pasaran.

Demikian artikel jenis-jenis baja ringan yang Blogmashendra.com bisa bagikan, semoga bisa menambah wawasan sekaligus referensi baja ringan yang berkualitas tinggi, sehingga kamu tidak perlu bingung memilih baja ringan untuk kebutuhan rumah atau bangunan lainnya.

2 komentar untuk "Mengenal Jenis-jenis Baja Ringan"

  1. Nah, pas bicara soal membangun rumah dan memikirkan atapnya yang disebut selalu galvalum karena bagus dan tidak seberat yang lainnya. Mantap, terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

      Hapus