Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Investasi dan Tips Melakukan Investasi Bagi Pemula

Mengenal Jenis Investasi Bagi Pemula

Setiap investor yang baru memasuki dunia investasi, harus memahami apa saja tips melakukan investasi bagi pemula. Hal ini menjadi penting, karena investasi harus dilakukan dengan benar agar bisa mendapatkan keuntungan yang optimal. Lalu, apa saja tips untuk melakukan investasi untuk pemula?

Pengertian Investasi

Secara garis besar, investasi merupakan bentuk penanaman modal. Sebagaimana tanaman yang akan terus bertumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu. Buah dari tanaman yang ditanam tersebut nantinya akan dipanen.

Investasi atau penanaman modal tidak hanya terpaku pada uang saja. Namun, bisa berupa surat berharga maupun properti yang pada waktu tertentu bakal dapat dicairkan menjadi uang.

Jika investasi Anda berupa surat berharga seperti saham, maka Anda akan mendapat keuntungan dari perusahaan yang Anda beli sahamnya berdasarkan keuntungannya. Jika investasi Anda berupa properti rumah, maka Anda bisa mendapat keuntungan lebih besar saat menjualnya di pergantian tahun saat harga properti naik.

Langkah Pertama Melakukan Investasi Bagi Pemula

Salah satu langkah pertama melakukan investasi bagi pemula adalah mengumpulkan uang. Apapun bentuk investasinya, tanpa uang, maka investasi tidak akan bisa berjalan. Untuk memulai langkah ini, sisihkan gaji bulanan Anda sedikit demi sedikit. Jika dirasa berat, targetkanlah sedikit uang setiap hari.

Misalnya, dalam satu hari Anda menyisihkan sejumlah uang sebesar Rp 10.000 atau bahkan lebih kecil sebesar Rp 5.000 atau Rp 2.000. Dengan demikian, Anda tidak merasa berat jika langsung menyisihkan  saat gajian. Saat Anda merasa cukup dari uang yang telah ditabung, mulailah berinvestasi menggunakan modal kecil. Tidak perlu menunggu terkumpul sangat banyak untuk memulainya.

Jenis-jenis Investasi Modal Kecil

Masyarakat umum mengenal beberapa jenis investasi, di antaranya adalah deposito, saham, obligasi, reksa dana, emas dan investasi properti. Namun, pada artikel kali ini akan membahas khusus tentang jenis investasi modal kecil.

Apa saja yang termasuk investasi modal kecil?

1. Reksa dana

Salah satu jenis investasi modal kecil adalah reksa dana. Anda bisa memulai dengan modal Rp 100.000. Cocok bagi Anda yang masih pemula dalam berinvestasi. Modal tersebut akan diputar oleh perusahaan. Anda hanya tinggal duduk manis menunggu hasil bunga dari putaran modal Anda serta menunggu masa tenor modal Anda.

Jadi, semacam Anda memberikan modal seseorang dengan waktu tertentu. Lalu orang tersebut memberi Anda keuntungan bulanan sambil menunggu jatuh tempo dari modal yang diberikan. Jadi, uang Rp 100.000 yang sudah Anda investasikan akan kembali lagi.

2. Investasi emas

Investasi jenis emas ini juga bisa menjadi pilihan bagi investor pemula. Hal ini disebabkan oleh perkembangan investasi jenis ini dapat dilakukan secara digital mulai dari angka yang sangat minim. Ada beberapa perusahaan investasi digital yang bahkan mematok nilai minimum, yaitu hanya mulai dari Rp 10.000 saja.

Tentu saja berat emas juga disesuaikan dengan jumlah investasi emas digital. Selain itu, Anda dapat menukar emas fisik sesuai jumlah investasi digital Anda atau menukarnya kembali dengan uang. Namun, dengan metode tersebut, Anda bisa belajar berinvestasi tanpa menunggu memiliki banyak uang. Apalagi, nilai dari emas juga fluktuatif. Anda bisa menjualnya kembali saat harga emas naik.

3. Saham

Saham juga merupakan salah satu investasi modal kecil. Anda bisa memulai berinvestasi mulai dari Rp 2.000 saja. Namun, hal yang perlu digaris bawahi di sini adalah memastikan instrumen investasi saham yang akan Anda beli. 

Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir terhadap janji-janji manis mendapatkan keuntungan besar, sebab keuntungan besar juga ditentukan oleh nilai yang diinvestasikan.

Cara melakukan investasi dengan modal kecil nantinya harus Anda sesuaikan dengan jenis investasi yang Anda pilih. Anda tidak perlu galau jika memang harus memulai investasi dari jenis investasi modal kecil. 

Pasalnya, hal itu bertujuan untuk meminimalisir risiko kerugian. Ditambah dengan tips melakukan investasi bagi pemula, investasi yang Anda lakukan diharapkan bisa menjadi semakin efektif dan lancar.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Jenis Investasi dan Tips Melakukan Investasi Bagi Pemula"

  1. Kalau inget maraknya investasi bodong dulu jadi apalah investasi, ternyata ini kalau dilakukan dengan baik dan benar pasti dapat keuntungannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kita memilih investasi yang tepat dan terpercaya, insha Allah akn dapat keuntungan Mba Anisa.

      Hapus