Tips Supaya Nggak Terlambat Bekerja atau Sekolah

Kemacetan di Kota Jakarta - Blog Mas Hendra

Kota besar, seperti Jakarta, memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang terbilang cukup parah. Hampir di setiap ruas jalan pada jam-jam tertentu selalu saja mengalami kemacetan, entah karena traffic yang selalu padat, proses pembangunan fasilitas umum yang memakan sebagian badan jalan, angkot yang berhenti sembarangan, pengemudi yang nggak taat sama peraturan lalu lintas sampai pada kegiatan aksi damai para jomblo yang menuntut dihapusnya hari sabtu dari kalender.


Efek buruk dari kepadatan lalu lintas tersebut, sudah pasti sedikit banyak akan berpengaruh pada kinerja masyarakatnya, karena tentu saja masyarakat akan membutuhkan ekstra waktu yang lebih hanya untuk mencapai tempat yang akan ditujunya. Dan lagi-lagi masyarakat pun dituntut untuk pandai-pandai dalam me-manage waktu. Sebut saja seorang karyawan yang akan berangkat ke tempat kerjanya, siswa/siswi yang akan bersekolah atau mahasiswa yang akan berangkat ngampus harus memiliki perhitungan waktu yang tepat, supaya nggak terlambat.

Selama tinggal dan besar di kota Jakarta, saya terbiasa untuk menerapkan beberapa tips sederhana supaya nggak terlambat sampai ke tempat kerja. Yah minimal bisa sampai tujuan tepat waktu. Dan bukan nggak mungkin, tips sederhana ini bisa juga Anda terapkan di kota dimana Anda tinggal.

1. Niat kuat untuk selalu disiplin

Semuanya harus diawali dengan niat. Kuatkan niat untuk selalu disiplin dalam segala hal, terutama disiplin dalam bekerja atau menimba ilmu (sekolah dan kuliah). Karena saya yakin, kalau niat dan tekad untuk disiplin sudah kuat, mudah-mudahan nggak akan ada lagi kata terlambat. Hal ini justru berbanding terbalik dengan pasangan pengantin muda yang baru saja menikah dan mengharapkan kehadiran buah hati, seolah kata 'terlambat' ini menjadi sebuah keyword yang paling diburu.

2. Percepat jarum jam

Untuk menghindari terlambat, ada baiknya Anda untuk mempercepat sedikit jarum jam, yah mungkin bisa 15 menit, 20 menit atau selanjutnya.... terserah Anda. Pasalnya, dengan waktu yang 'seolah' bergerak cepat, akan membuat Anda selalu waspada dan takut terlambat. Sehingga akan membuat Anda selalu bergerak gesit, segesit pergerakan seorang jomblo dalam memperjuangkan cintanya.

3. Pasang alarm

Pasang alarm untuk membuat Anda terbangun sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Jangan sekali-kali untuk menekan 'snooze' ketika alarm berbunyi, karena akan membuat Anda malas untuk segera bangun. Usahakan untuk memilih nada atau suara alarm yang cukup 'mengagetkan', semisal suara instrument musik yang cukup keras atau bisa juga menggunakan rekaman suara mantan, biar semangat bangun tidurnya.

4. Persiapan matang

Siapkan semua keperluan yang akan dibawa sebelum berangkat kerja atau sekolah. Cek dengan teliti barang bawaan yang akan dibawa. Ketika semua persiapan sudah matang, Anda pun akan tenang dan nggak terlalu tergesa-gesa sewaktu akan berangkat.

Baca juga artikel : Tergesa-gesa yang Dibolehkan dalam Islam

5. Berangkat lebih awal

Guna menghindari resiko terlambat, sebaiknya Anda berangkat lebih awal. Estimasi waktu yang tepat sangatlah diperlukan ketika akan berangkat kerja atau sekolah agar bisa sampai di tujuan lebih awal atau paling tidak tepat waktu.

6. Update info lalu lintas

Biasakan juga untuk selalu mengikuti info sekitar lalu lintas terkini di kota Anda. Bisa melalui sosial media (Twitter, Facebook), berita di TV maupun info dari seorang teman lewat BBM. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui situasi yang sedang terjadi di luar sana. The Truth is Out There (ini apa coba).

7. Kuasai jalan alternatif

Terkadang terdapat beberapa kegiatan atau even di jalanan, semisal demo menuntut kenaikan harga BBM dan menolak kenaikan UMR, eh... terbalik, demo menolak kenaikan harga BBM dan menuntut kenaikan UMR, oleh sebab itu, biasanya akan ada pengalihan arus kendaraan. Nah disinilah peran pentingnya Anda untuk mengetahui jalan alternatif atau dikenal juga jalan tikus. Anda dapat melewati jalur alternatif tersebut guna menghindari keterlambatan ke tempat yang akan Anda tuju.

Jalan alternatif ini juga dapat diterapkan ketika secara nggak sengaja, Anda berpapasan sama sang mantan yang lagi boncengan sama pasangan barunya, guna menghindari perihnya perasaan Anda. Jiaaaaahh...

8. Dampak buruk akibat datang terlambat

Jangan lupa sama peraturan yang telah ditetapkan di sekolah maupun di tempat kerja. Selalu ingat dengan konsekuensi yang akan Anda dapatkan ketika terlambat ke sekolah atau tempat kerja. 

Anda mungkin akan malu ketika terlambat datang ke sekolah, kemudian kena hukuman harus berlari mengitari lapangan. Atau kena teguran dari boss ketika Anda datang terlambat ke tempat kerja, yang akan berakibat pada menurunnya reputasi Anda di mata boss.


-----


Gimana guys?? Ada yang sudah nerapin tips dan trik diatas?? Caranya memang kelihatan cukup mudah, namun tetap yang paling penting adalah NIAT!! 

Yuk sharing disini kalau ada tips tambahan dari teman-teman, siapa tau saja bermanfaat buat teman-teman yang lainnya.

<span data-iblogmarket-verification="_6eDvbHMbnqZ" style="display: none;"></span>

You May Like This :


EmoticonEmoticon