Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis SEO dalam Strategi Digital Marketing

Mengenal SEO untuk Strategi Digital Marketing

Sudahkah Anda paham apa itu SEO? Search Engine Optimization atau SEO adalah proses untuk mendapatkan trafik organik pada website Anda melalui peningkatan ranking pencarian Google atau search engine lainnya.

SEO merupakan salah satu strategi digital marketing paling efektif untuk dilakukan, dengan berbagai teknik penerapan. Berikut adalah empat jenis teknik SEO yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan trafik organik website Anda.

1. On Page SEO

On page SEO atau yang biasa disebut juga on-site SEO merupakan proses optimasi konten di dalam website Anda. Beberapa komponen yang bisa Anda optimasi antara lain kata kunci, header, meta title, meta description, gambar dan masih banyak lagi.

Lakukanlah beberapa tips ini untuk menjalani strategi on page SEO untuk website Anda :

Melakukan riset kata kunci

Tentukan kata kunci yang Anda inginkan untuk mendapatkan ranking di Google. Lakukanlah riset untuk menemukan kata kunci yang memiliki relevansi dengan website Anda dan juga memiliki volume pencarian yang tinggi. Setelah menentukan kata kunci, Anda bisa menambahkan kata kunci tersebut di konten page Anda.

Optimasi metadata

Metadata akan memberitahu Google mengenai isi konten dari web page Anda. Pastikan meta title dan meta description Anda terdapat kata kunci yang Anda targetkan untuk membantu meningkatkan ranking pencarian.

Internal linking

Internal link adalah URL yang menghubungkan web page Anda dengan page lainnya. Gunakan kata kunci yang fokus dalam anchor text internal link website Anda untuk membantu Google memahami konten pada website Anda.

2. Off Page SEO

Berbeda dengan on page SEO, off page SEO merupakan upaya SEO yang sepenuhnya dilakukan di luar website Anda. Off page SEO berguna untuk meningkatkan exposure website Anda dengan harapan pengunjung website Anda juga akan meningkat.

Sebagian besar teknik off page SEO merupakan strategi link building, praktik yang dilakukan untuk mendapatkan link menuju website Anda dari website-website lain yang kredibel.

Berikut beberapa teknik yang bisa Anda lakukan dalam mendapatkan link antara lain :

Guest posting

Terdapat banyak blog atau website publikasi online yang menerima konten untuk dipublikasikan pada website. Pastikan website tersebut relevan dengan niche website Anda dan juga kredibel.

Riset kompetitor

Cari tahu link apa saja yang didapatkan oleh kompetitor website Anda, lalu kontak website tersebut untuk mengajukan kerja sama untuk mendapatkan link.

3. SEO Teknis

SEO teknis adalah proses yang dilakukan untuk membantu search engine, seperti Google dalam melakukan crawl pada website. Untuk memastikan proses crawling (perayapan) yang dilakukan Google dapat berjalan lancar, maka struktur dan performa website Anda harus efisien.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan SEO teknis :

Meningkatkan kecepatan website

Kecepatan loading sebuah website menjadi salah satu faktor penting bagi Google dalam menentukan ranking pencarian. Maka dari itu, semakin cepat sebuah website, maka akan semakin baik nilainya.

Mobile friendly

Banyak pengguna search engine yang berpindah dari yang awalnya menggunakan desktop menjadi mobile untuk browsing. Oleh karena itu, pastikan tampilan website Anda telah disesuaikan dengan tampilan mobile, sehingga website Anda menjadi mobile friendly.

Struktur website

Stuktur website yang rumit akan mempersulit Google dalam melakukan crawling. Maka dari itu, gunakanlah struktur URL yang konsisten dan juga ramah pengguna.

4. SEO Lokal

SEO lokal merupakan jenis SEO yang difokuskan untuk skala lokal, bukan skala global. SEO ini dijalankan untuk meningkatkan onliine presence dari bisnis Anda dan mempromosikan produk atau layanan pada konsumen lokal.

Proses SEO lokal utamanya bergantung pada profil Google My Business Anda. Melalui profil Google My Business, Anda dapat menambahkan alamat, jam operasional, ulasan dan foto dari bisnis Anda.

Tampilan halaman hasil pencarian lokal akan bergantung pada kedekatan, relevansi dan keunggulan berdasarkan permintaan pencarian pengguna.

Menjalankan SEO tidaklah mudah, jika Anda ingin memulainya, ada baiknya Anda menggunakan jasa SEO dari digital agency yang telah berpengalaman di bidang SEO untuk terhindar dari penalti Google.

Semoga bermanfaat.

8 komentar untuk "Jenis-jenis SEO dalam Strategi Digital Marketing"

  1. Bicara SEO, berarti bicara tentang 'daleman'nya blog. Ini bukan pekerjaan mudah ya kang, butuh keahlian khusus yang tidak semua orang bisa.

    SEO sangat penting dalam dunia blogging kalau mau blognya berkembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi yang ingin hasil pencarian blognya lebih maksimal di mesin pencarian, ya wajib untuk belajar SEO ya Mang. Namun kayaknya hampir setiap blogger perlu banget mempelajari teknik SEO.

      Hapus
  2. Wah bermanfaat ini untuk blog apalagi strategi digital marketing agar website kita berada di pencarian teratas google. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat dan makasih atas kunjungan rutinnya.

      Hapus
  3. Seo ini gampang di pahami tapi sulit mendapatkan hasil yang maksimal... sampai kursus segala tapi hasil masih diam ditempat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tingkat persaiangan yang semakin tinggi Mas, makanya sulit mendapatkan hasil yang maksimal. Padahal cara yang dilakukan sudah maksimal.

      Hapus
  4. buat saya pribadi riset keyword masih yang paling sulit. susah mencari kata kunci terbaik yang sedang ramai-ramainya sekarang sesuai dengan niche blog saya sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagian besar blogger ada yang menganggapnya demikian Mas. Namun tetap harus semangat, jangan menyerah.

      Hapus