Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Buka Cafe? Siapkan Dulu Semua Peralatan Ini!

Peralatan yang Wajib Disiapkan untuk Membuka Usaha Cafe

Perencanaan yang wajib masuk dalam daftar untuk membuka usaha cafe adalah peralatan. Layaknya membuka sebuah kantor, usaha cafe juga membutuhkan beberapa peralatan penting untuk membuat makanan, minuman hingga manajemennya.

Salah satunya adalah mesin kasir yang menjadi alat untuk transaksi. Untungnya saat ini tersedia aplikasi kasir untuk bisnis cafe, seperti Majoo yang membuat modal menjadi lebih hemat. Bagaimana tidak, aplikasi kasir ini tinggal di-install saja melalui tab atau ponsel.

Selain aplikasi kasir, masih ada beberapa peralatan penting lain yang harus disiapkan, apa sajakah itu?

Peralatan Penting untuk Membuka Usaha Cafe

Besar kecilnya modal usaha cafe juga dipengaruhi oleh peralatan apa saja yang Anda gunakan. Modal awal bisa saja membengkak ketika Anda memaksakan menggunakan peralatan kopi yang mahal, cup minuman mewan atau oven besar.

Peralatan Mesin Kopi untuk Bisnis cafe

Untuk apa membeli peralatan yang mahal jika ternyata menu yang disajikan juga bisa dihasilkan dengan alat yang lebih murah. Bahkan rasa yang diciptakan pun sama. Oleh karena itu penting untuk melakukan survey terlebih dulu peralatan makanan sebelum Anda membeli.

Berikut ini daftar peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam usaha cafe.

1. Alat penggiling kopi atau coffee grinder

Menu utama yang ditawarkan oleh sebuah cafe tentu saja minuman kopi. Minuman kopi pun diolah dari biji kopi, bukan sekedar minuman kopi sachet saja. Memudahkan konsumen untuk memilih biji kopi sesuai yang diinginkan.

Oleh karena itu Anda membutuhkan mesin penggiling biji kopi atau grinder yang sangat besar perannya. Cita rasa minuman kopi hadir berdasarkan penggilingan biji kopi, karena besar kecilnya bubuk kopi bisa disesuaikan.

2. Mesin kopi drip otomatis

Setelah menggiling biji kopi, saatnya untuk mengolahnya menjadi minuman. Anda membutuhkan mesin kopi drip otomatis yang bisa menghasilakn 12 cangkir sekaligus. Mesin ini tentu sangat menghemat waktu ketika banyak pesanan yang datang secara bersamaan.

Mesin ini juga cukup terjangkau untuk jenis usaha cafe menengah. Anda pun dapat memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen dengan lebih cepat. Selain itu mesin ini juga dapat menjaga cita rasa minuman kopi Anda.

3. Mesin espresso komersial

Peralatan ini menjadi salah satu mesin yang paling banyak didambakan barista dan pemilik coffee shop. Pasalnya alat ini harganya cukup mahal dan menggantikan mesin coffee drip. Satu mesin tidak hanya bisa menghasilkan espresso saja, tetapi juga dilengkapi dengan alat steam susu.

Hanya dengan satu alat ini, Anda dapat menciptakan berbagai menu kopi, seperti espresso, moccacino, cappucino, caffe latte dan masih banyak lagi. Mesin ini pun terdiri dari mesin sederhana hingga komersial yang tampilannya sangat gagah.

4. Chiller dan freezer

Bukan cafe namanya jika Anda tidak mempersiapkan alat chiller dan freezer untuk menyimpan bahan makanan dan minuman. Susu untuk membuat minuman perlu disimpan pada suhu udara dingin, seperti chiller.

Jika tidak disimpan dalam suhu yang dingin, susu bisa mudah basi. Hal lain juga bisa terjadi terhadap bahan makanan. Contohnya saja seperti sayuran atau daging yang mungkin menjadi menu makanan pada cafe Anda.

5. Peralatan memasak

Cafe tidak hanya menyediakan minuman saja, Anda membutuhkan peralatan masak untuk membuat menu camilan atau bahkan makanan berat. Jangan lupa siapkan peralatan untuk memasak yang benar-benar dibutuhkan dan fleksibel penggunaannya, bukan untuk satu menu saja.

Misalnya Anda membutuhkan teflon atau penggorengan dan juga alat pembuat waffle. Dangan satu peralatan pastikan Anda bisa membuat menu yang lebih bevariasi. Kualitas peralatan juga harus yang bagus sehingga awet.

6. Peralatan kebersihan

Terakhir adalah peralatan kebersihan, seperti pel, kain lap dan juga cairan pembersih. Peralatan ini menjadi bagian penting untuk menjaga kebersihan cafe Anda, sehingga pastikan untuk mengecek kualitasnya secara rutin.

Jangan sampai Anda menggunakan kain lap yang kotor untuk membersihkan meja cafe. Termasuk juga kain pel harus tetap dalam kondisi bersih, sehingga konsumen yang datang bisa tahu bahwa Anda menjaga kebersihan makanan, minuman dan ruangan secara optimal.

Mempersiapkan alat kebersihan yang berkualitas baik akan membantu meringankan beban operasional. Anda pun tidak terlalu sering service mesin dan keuntungan yang lebih besar bisa terus diperoleh.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Mau Buka Cafe? Siapkan Dulu Semua Peralatan Ini!"

  1. Nah, sekarang bisnis kafe sudah ada di mana-mana apalagi membangun bisnisnya tidak bisa dibilang murah. Banyak peralatan yang diperlukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski hanya kedai kopi biasa pun, pasti membutuhkan peralatan ya Mba.

      Hapus