Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tes Seleksi Lowongan Kerja Bandung dan Tips Menghadapinya

Seleksi Lowongan Kerja Bandung

Di Indonesia, jumlah fresh graduate semakin bertambah setiap tahunnya. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada keharusan melakukan perluasan lapangan kerja yang ada. Salah satu kota yang banyak menawarkan lowongan pekerjaan adalah Kota Bandung.

Kota Bandung adalah Ibukota dari Provinsi Jawa Barat, yang bisa dikategorikan sebagai kota yang maju dan berkembang. Biasanya fresh graduate yang melamar lowongan pekerjaan di Bandung tidak hanya dari wilayah Jawa barat saja, tetapi bisa juga dari seluruh daerah di Indonesia.

Nah, sebelum Anda mencari tahu informasi mengenai loker Bandung, Anda harus mengetahui proses tahapan yang biasa disediakan perusahaan bagi calon karyawan.

Dengan mengetahui serangkaian tes seleksi lowongan pekerjaan, diharapkan Anda dapat mempersiapkan diri dan nantinya bisa dengan mudah mengerjakan tes.

Yuk simak ulasan tentang macam-macam tes seleksi lowongan pekerjaan dan tips untuk menghadapinya, di bawah ini :

1. Seleksi Administrasi / Berkas

Dalam mencari lowongan pekerjaan di Bandung, Anda akan menghadapi tes pertama, yakni seleksi administrasi atau seleksi berkas. Pada tahap seleksi ini, yang menjadi penilaian dari perusahaan untuk Anda berdasarkan dari surat lamaran dan CV yang Anda buat.

Biasanya, pelamar yang tidak lolos di tahap awal ini adalah para pelamar yang tidak sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan perusahaan.

Atau bisa juga dalam surat lamaran, ada kesalahan sepele yang Anda buat, misalnya seperti salah menyebutkan nama perusahaan, tidak mencamtunkan kontak pribadi dan lain sebagainya.

Tipsnya yakni :

Pastikan Anda mengirim berkas dengan lengkap, sertakan subjek pada email beserta isi yang formal dan jelas. Pastikan menulis nama perusahaan dengan ejaan yang benar sesuai dengan nama resminya.

Kemudian buat surat lamaran dengan isi surat mencantumkan posisi yang ingin dilamar serta alasan mengapa Anda adalah kandidat yang tepat.

2. Tes Kompetensi Dasar

Tes kedua adalah tes kompetensi dasar (TKD) yang berisi hitung-hitungan, pengetahuan umum, logika, pemahaman bacaan dan terkadang Bahasa Inggris.

Tipsnya adalah sebagai berikut :

Belajar mengatasi rasa panik dan tetap tenang selama mengerjakan soal tes. Pastikan Anda mengatur waktu dengan tepat dan kerjakan dengan teliti.

3. Psikotes

Tes untuk mengetahui dirimu, kecenderungan sikap, kepribadian dan cara kerjamu. Tes ini perlu untuk penyesuaian kualifikasi dari perusahaan.

Tipsnya :

Bersikap apa adanya, pastikan Anda sudah sarapan sebelum melakukan tes dan konsentrasi penuh terhadap soal tes yang diberikan.

4. Wawancara

Pada umumnya terdapat 3 jenis tes wawancara, yakni dengan HRD, calon atasan atau dengan orang-orang lintas departemen. Pertanyaan yang diberikan biasanya mengenai diri Anda dan apa rencana Anda ke depannya, baik untuk perusahaan maupun untuk diri sendiri.

Tipsnya yaitu :

Tetap tenang dan bersikap profesional, santun dalam berkata serta selalu jaga sikap.

5. Job Test

Job test adalah ujian yang dilakukan untuk menguji pelamar dalam bidang pekerjaan yang akan diterimanya nanti, entah dalam bentuk praktik maupun teori.

Tipsnya sebagai berikut :

Tunjukkan kemampuan terbaik Anda dan perhatikan petunjuk pengerjaan soal dengan seksama.

6. Tes Kesehatan

Tes ini bersifat opsional, karena biasanya ada beberapa perusahaan yang menggunakannya dan ada juga yang tidak perlu melakukan tes kesehatan.

Tipsnya adalah :

Terapkan gaya hidup sehat, jaga kondisi tubuh apalagi menjelang tes, jangan konsumsi minuman beralkohol. 

Demikian informasi yang bisa Blogmashendra.com bagikan. Semoga tips mengadapi seleksi lowongan kerja Bandung bisa menambah wawasan, terutama bagi Anda yang akan menghadapi proses wawancara.

2 komentar untuk "6 Tes Seleksi Lowongan Kerja Bandung dan Tips Menghadapinya"

  1. Banyak banget tesnya gak kaleng-kaleng memang karyawan yang dibutuhkan apalagi Bandung ini kota klasik dan unik yang membuat semua orang tertarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar lulusannya lebih berkualitas dan terbukti kredibilitasnya ya Mba Anisa.

      Hapus