Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Finger Painting Bagi Anak-anak

Manfaat Finger Print Bagi Anak-anak

Banyak cara dilakukan untuk bisa bonding dengan buah hati tercinta. Salah satunya adalah dengan melakukan finger painting atau dalam bahasa Indonesia artinya melukisdengan menggunakan jari (tangan). Aktivitas ini memang kerap dilakukan antara orang tua dan anak, tujuannya tentu cukup banyak, salah satunya adalah melatih motorik anak-anak.

Beberapa di antara kamu mungkin ada yang belum paham betul apa itu finger painting. Finger painting merupakan sebuah aktivitas membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna (bubur warna) secara langsung dengan jari tangan secara bebas di atas bidang gambar.

Artinya tidak hanya jari-jari saja yang terlibat di dalam aktvitias positif ini, melainkan bisa juga semua jari tangan, mulai dari telapak tangan hingga pergelangan tangan.

Finger painting juga bisa diartikan sebagai teknik melukis secara langsung tanpa menggunakan bantuan alat, seperti kuas. Anak-anak bisa menggunakan jari-jari tangan untuk berkreasi langsung. Anak-anak jadi merasakan sensasi pada jari saat melukis.

Cara Membuat Bubur Warna

Oh iya guys, sebenarnya anak-anak bisa saja menggunakan cat berwarna asli untuk melakukan finger painting. Namun ada risiko yang terlalu berbahaya, misalnya cat bisa tertelan oleh anak-anak. Apalagi bahan yang digunakan cat cukup berbahaya.

Maka dari itu, kamu bisa mengganti cat tersebut dengan menggunakan bubur warna yang telah diolah terlebih dulu. Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • 1/2 cangkir tepung kanji (maizena)
  • 3 sendok makan gula
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 cangkir air dingin
  • Pewarna makanan
  • Glitter

Selanjutnya campur semua bahan adonan ke dalam wajan anti lengket. Letakkan wajan di atas api kecil agar bahan adonan tidak cepat hangus. Proses memasaknya selama 10 - 15 menit. Aduk adonan hingga mengental dan matikan api, lalu biarkan catnya sampai dingin.

Tuang adonan cat ke dalam wadah-wadah berukuran kecil. Kamu bisa menggunakan cup es krim. Pisahkan adonan menjadi 4 - 5 wadah agar warna cat yang dihasilkan semakin beragam.

Langkah berikutnya tambahkan adonan dengan pewarna, aduk hingga merata ke seluruh bagian adonan. Agar tampilannya semakin menarik, kamu bisa menambahkan glitter ke dalam adonan cat.

Anak-anak bisa melukis dengan menggunakan karton tebal sebagai medianya. Namun beri alas terlebih dulu di bagian bawahnya, agar tidak mengotori lantai. Adapun jika terkena baju, kamu bisa menggunakan Rinso Anti Noda Deterjen Classic Fresh dalam varian bubuk atau cair. Baju yang ternoda bisa kembali bersih seperti sedia kala.

Jadi para orang tua tidak perlu terlalu khawatir jika noda-noda cat tersebut mengenai baju atau celana yang dikenakan oleh anak-anak. Serahkan saja pada sabun Rinso yang memang sudah populer di masyarakat. 

Manfaat Finger Painting Bagi Anak-anak

Meski terkesan hanya untuk kotor-kotoran dan coret-coret saja, tetapi finger painting punya banyak kelebihannya bagi anak-anak lho. Sudah bukan saatnya lagi melarang anak-anak untuk bermain kotor, selama tidak membahayakan dirinya dan juga orang lain.

Berikut adalah beberapa manfaat dari aktivitas finger painting bagi anak-anak yang perlu kamu ketahui :

1. Melatih motorik halus

Berbeda dengan melukis menggunakan kuas, finger painting membuat jari-jari anak akan bersentuhan langsung dengan cat dan media lukis lainnya. Hal ini mampu melatih keterampilan motorik halus anak-anak.

2. Meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas

Anak-anak bebas melukis di atas media lukis seperti karton. Biarkan ia menyalurkan imajinasi dan juga kreativitasnya agar bisa terlatih terus.

3. Sebagai media ekspresi

Emosi hati anak-anak biasanya akan terlihat saat mereka melukis. Apakah mereka sedang sedih, senang atau marah. Warna cat yang dipilihnya juga bisa mewakilkan perasaannya lho.

4. Meningkatkan koordinasi mata dan tangan

Melukis dipercaya mampu meningkatkan daya koordinasi antara mata dan tangan, karena ketika anak-anak melukis, mata dan tangan mereka akan saling bekerja sama.

5. Mengenalkan warna

Anak-anak akan mengenal aneka warna dasar. Namun mereka juga bisa bereksperimen untuk mencampur berbagai warna, mulai dari warna primer hingga warna sekunder.

Demikian manfaat finger painting bagi anak-anak yang perlu kamu ketahui. Jadi bukan sekedar asal melukis saja, ternyata aktivitas ini banyak memberikan manfaat positif bagi anak-anak. Orang tua pun bisa mengarahkan dan menemani aktivitas finger painting.

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi :

[rinso.com] - 8 Langkah Membuat Finger Painting dan Bermain Seru Dengan Anak

[ibudanbalita.com] - Ini 6 Manfaat Finger Painting Untuk tumbuh Kembang Anak

2 komentar untuk "Manfaat Finger Painting Bagi Anak-anak"

  1. Melukis dengan jari merupakan ajang kreativitas yang cukup menyenangkan kang, soalnya anak-anak biasanya malah senang main kotor-kotoran asal kotornya yang bermanfaat, yah, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah biasanya memang gitu. Suka main yang kotor-kotor atau corat coret. Makanya aktivitas finger painting ini bagus banget bagi perkembangan motorik anak-anak.

      Hapus