Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Transaksi Online yang Aman

Tips Transaksi Online yang Aman

Teknologi yang semakin maju ini membuat perubahan gaya hidup manusia menjadi sangat signifikan. Simpel, mudah dan cepat adalah alasan kenapa orang lebih memilih melakukan segala sesuatu secara online di berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah belanja online. Namun di balik kemajuan teknologi itu, terdapat beberapa dampak negatif yang dapat merugikan kita, jika kita tidak berhati-hati. Misalnya saja belanja online yang tidak lepas dari yang namanya risiko, mulai dari penipuan dan lain sebagainya. 

Sebagai pengguna internet yang smart, sudah seharusnya Anda mengetahui bagaimana cara aman transaksi online agar terhindar dari berbagai penipuan yang kerap kali menghantui.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat aktivitas keseharian dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Bayangkan saja, saat ini internet adalah penolong bagi semua pelajar agar tetap bisa melaksanakan proses belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19 ini.

Selain itu, manfaat teknologi yang paling sering dirasakan dan digunakan banyak orang adalah belanja secara online. Namun di balik manfaat transaksi online yang ditawarkan, Anda tetap harus waspada agar terhindar dari penipuan dan segala macam kerugian yang timbul. Di bawah ini adalah beberapa cara aman transaksi online yang bisa Anda terapkan.

Tips Transaksi Online yang Aman
Banyaknya website online shop saat ini tidak jarang kerap membuat sebagian orang merasa bingung untuk memilih mana toko online yang terpercaya dan kredibel. Namun lagi-lagi Anda tidak perlu khawatir terhadap segala jenis penipuan jika Anda menerapkan tips cara aman transaksi online berikut ini :

Tips Transaksi Online yang Aman

1. Pilih Online Shop yang Terpercaya
Bagaimana cara kita mengetahui jika online shop itu bisa dipercaya? Salah satunya dengan mengetahui reputasi online shop tersebut. Ketika belanja, entah itu secara offline atau online, kita tidak hanya memperhatikan soal harga, namun juga reputasi dari toko tersebut. Perhatikan juga berbagai tanggapan atau testimoni dari orang yang sudah pernah berbelanja di toko tersebut. Lalu kita juga bisa melihat latar belakang toko online yang dituju.

2. Pilih Reseller dengan Reputasi Baik
Dalam urusan penjualan, sebuah perusahaan biasanya tidak perlu turun tangan secara langsung untuk melakukan pemasaran. Saat ini sudah banyak reseller yang juga menjual produk dari perusahaan. Walaupun toko online tersebut memiliki reputasi yang baik, namun belum tentu hal yang sama ditemui oleh reseller-nya.

Cara aman transaksi online yang sebaiknya Anda lakukan di sini yaitu mencari penjual yang telah direkomendasikan dan memiliki reputasi yang baik. Caranya sangat mudah, biasanya di website-website belanja online, masing-masing penjual memiliki bintang dan nilai yang menjadi tolok ukur reputasi mereka. Semakin banyak bintang atau nilai yang dimiliki, maka bisa dipastikan bahwa penjual tersebut bisa dipercaya.

3. Menggunakan Metode Pembayaran COD (Cash On Delivery)
Cash on Delivery atau pembayaran yang dilakukan ketika barang sudah diterima pembeli adalah salah satu cara transaksi online shop yang aman. Apalagi jika transaksi yang dilakukan cukup besar.

4. Menggunakan Rekening Bersama
Melakukan pembayaran dengan menggunakan rekening bersama adalah salah satu solusi terbaik untuk menghindari Anda dari penipuan. Dengan transaksi melalui rekening bersama, uang yang Anda transfer tidak langsung sampai ke rekening penjual, hingga Anda teleh mengonfirmasi bahwa pengiriman barang telah berhasil dilakukan. Jika penjual tidak kunjung mengirimkan barang, atau barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan pesanan, maka uang Anda dapat dikembalikan. Atau sesuai dengan kesepakatan bersama.

5. Usahakan Tidak Menggunakan WiFi Publik
Saat ini sudah banyak terjadi pencurian data-data kartu kredit, akun email bahkan akun mobile banking. Sebaiknya Anda tidak menggunakan koneksi WiFi di tempat publik ketika ingin berbelanja online untuk menghindari kebocoran dan pencurian data.

Nah demikian beberapa tips transaksi online yang aman yang bisa Blogmashendra.com bagikan kepada Anda. Di balik kemudahan yang diberikan untuk belanja online, tentu ada risiko-risiko yang kerap tidak Anda sadari. Sudah seharusnya Anda bertindak bijak dan lebih smart dalam memanfaatkan teknologi, khususnya dalam bertransaksi secara online.

Semoga bermanfaat.

4 comments for "Tips Transaksi Online yang Aman"

  1. kalau saya , 1,2 dan 4 sih. terutama kalau pake toped.
    cari yang bintang na banyak . heheh.
    insya allah terpercaya.
    kalau untuk c.o.d, belum pernah sih. cuma teman kantor pakai cod. lancar

    ReplyDelete
  2. @Fajar Herlambang : Saya juga selalu cari toko yang banyak testimoni positifnya, dan jumlah bintangnya juga banyak, jadi bisa sebagai tolok ukur sebelum belanja. Kalau COD juga pernah sekali sih, itupun harus tau cara COD yang benar, karena gak jarang juga COD pun masih rentan kasus penipuan ataupun perampasan.... Makasih sudah berkunjung Mas Fajar

    ReplyDelete
  3. Saat belanja online saya selalu memperhatikan reputasi seller kang, ini penting supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Soalnya kalau bicara uang, kita tak boleh sembarangan kalau tak ingin kecewa dibelakang hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga Kang, biar belanja online gak kecewa..

      Delete

Berlangganan via Email