Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beragam Manfaat Belajar Bahasa Indonesia

Manfaat Belajar Bahasa Indonesia

Mungkin saja sebagian besar dari Anda ada yang bertanya, sebenarnya untuk apa kita belajar bahasa Indonesia, sedangkan bahasa ini adalah bahasa Ibu. Bahkan sudah sejak dari usia SD hingga SMU mata pelajaran Bahasa Indonesia akan selalu ada, tidak peduli apapun juruan yang Anda ambil. 

Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa nasional. Mulai ditetapkan sejak tanggal 28 Oktober 1928 pada saat hari peringatan Sumpah Pemuda. Dalam isinya, jelas sekali para pemuda ketika itu bersumpah untuk menjunjung tinggi bahasa persatuan, yakni bahasa Indonesia.

Sejak saat itulah, bahasa Indonesia digunakan hingga saat ini dan juga secara resmi telah menjadi bahasa negara. Lantas, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mempelajari bahasa Indonesia? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Manfaat Belajar Bahasa Indonesia

1. Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air
Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahasa Indonesia adalah bahasa nasional sekaligus bahasa persatuan. Tentu bukan waktu yang sebentar bagi para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan bahasa Indonesia menjadi bahasa yang digunakan antar suku ketika itu. Dengan belajar bahasa Indonesia, dapat meningkatkan rasa kecintaan terhadap tanah air.

2. Melestarikan Bahasa
Dengan mempelajarinya, sama artinya dengan Anda telah melestarikan bahasa Indonesia. Berbeda halnya jika tidak ada lagi satu orang pun yang berbicara dengan bahasa Indonesia, dapat menyebabkan kepunahan bahasa. Tidak perlu menjadi seorang pejabat untuk mempertahankannya, cukup dengan mempelajari dan menggunakannya di dalam kehidupan sehari-hari, Anda telah berperan besar dalam melestarikan bahasa Indonesia.

3. Mempermudah Komunikasi
Sebagaimana yang kita ketahui, bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Adanya bahasa persatuan ini membuat komunikasi antar orang yang berbeda suku menjadi lebih mudah.

Coba Anda bayangkan saja, jika di jalan Anda tidak sengaja bertemu dengan orang yang berasal dari daerah lain, tentu tidak mungkin berkomunikasi dengan bahasa daerah bukan? Maka dari itu, bahasa Indonesia bisa menjadi solusinya.

Memang harus diakui, kemampuan berbahasa Indonesia untuk masyarakat di suatu wilayah tertentu memang masuk kategori rendah. Namun selama kita mau terus belajar, maka Insha Allah berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar bukanlah sesuatu hal yang sulit.

4. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
Belajar bahasa Indonesia juga dapat menambah wawasan kita. Bukan hanya belajar soal berkomunikasi saja, namun ada banyak hal yanb bisa kita pelajari di dalam bahasa Indonesia. Mulai dari tanda baca, puisi, pantun, kalimat, ejaan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan semua materi itu sudah pasti saling berkaitan satu sama lain. Tentu saja bukan sesuatu yang rugi jika Anda mempelajari bahasa nasional ini, karena bisa menambah wawasan sekaligus pengetahuan.

5. Merangsang Munculnya Ide-ide Baru
Dalam bahasa Indonesia, kita juga akan belajar untuk membuat beragam karya sastra, seperti pantun, puisi dan yang lainnya. Tentu saja untuk membuatnya, membutuhkan ide-ide yang cemerlang, agar bisa menghasilkan karya sastra yang indah dan enak dibaca untuk semuanya.

Bukan hanya itu saja, sebuah survei membuktikan bahwa mempelajari bahasa dengan baik dan benar khususnya kosa kata, membuat seseorang lebih mudah dalam mendapatkan ide atau gagasan baru. Selain itu, mempelajari bahasa juga bisa membuat seseorang menjadi lebih cerdas.

Jika Anda ingin meningkatkan pengetahuan kosa kata, kuncinya ada dua, yaitu mendengarkan dan membaca. Dengan rutin mempelajarinya, maka perbendaharaan kata yang Anda miliki akan semakiin meningkat. Membuat sebuah karya sastra pun menjadi lebih mudah.

Nah demikian artikel tentang beragam manfaat belajar bahasa Indonesia yang bisa Blogmashendra.com bagikan. Ternyata ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Jadi, tidak ada ruginya untuk terus belajar, justru akan membuat Anda menjadi semakin cerdas.

Semoga bermanfaat.

2 comments for "Beragam Manfaat Belajar Bahasa Indonesia"

  1. Nilai bahasa Indonesia saya dulu banyakan 7 kang, padahal udah maksimal banget ngerjain soalnya, wkkw..

    ReplyDelete
  2. @Maman : Nilai saya juga biasa aja untuk pelajaran Bahasa Indonesia Kang... Keliatan mudah, padahal pada saat ujian sulit ya ngerjainnya, hehehe

    ReplyDelete

Berlangganan via Email