Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Belanja Hemat di Indomaret dan Alfamart. Anak Kost Wajib Tahu!

Cara Belanja Hemat di Indomaret dan Alfamart

Belanja kebutuhan sehari-hari di warung dekat rumah memang sudah biasa kita lakukan, apalagi jika kita sudah sering belanja di sana dan menjadi pelanggan tetapnya, tentu saja aktivitas berbelanja menjadi lebih akrab dan menyenangkan. Tidak hanya itu saja, selain harganya terjangkau, kita juga masih bisa menawar harga barang tersebut. Asalkan nawarnya jangan terlalu Afgan (sadis).

Namun ada kalanya barang yang kita cari tidak tersedia di warung langganan, seperti misalnya minuman atau sembako, maka tempat belanja alternatif yang biasanya kita pilih adalah Indomaret atau Alfamart. 

Keduanya merupakan minimarket paling populer di Indonesia. Selain lokasinya mudah dijangkau, di sini juga banyak menjual barang kebutuhan sehari-hari, kecuali sayur mayur dan daging/ikan yang hanya tersedia di supermarket tertentu saja.

Tidak sedikit juga yang menyimpulkan jika harga barang di Indomaret dan Alfamart jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga di warung.

Indomaret
Image : investor.id

Padahal kalau kita cerdik dalam menyiasatinya dan mengetahui trik belanja hemat, maka kita bisa mendapatkan harga barang yang justru bisa lebih murah di Indomaret atau Alfamart. Anda penasaran bukan? Simak ulasannya berikut ini :

1. Belanja Sesuai Kebutuhan
Sebelum Anda masuk dan disapa oleh kasir Indomaret atau Alfamart, pastikan Anda sudah membawa catatan kecil apa saja daftar barang yang perlu dibeli. Dengan demikian Anda tidak akan belanja melebihi budget jika belanja sesuai dengan kebutuhan.

2. Hindari Membawa Uang Terlalu Banyak
Tujuannya jelas, agar kita tidak khilaf ketika ingin berbelanja. Bayangkan saja, ketika kita membawa uang lebih, maka kita akan bebas belanja barang-barang yang memang tidak masuk dalam daftar belanja. Berbeda kalau kita membawa uang cukup, maka kita hanya belanja barang-barang yang prioritas saja. Ingat ya, bawa uang yang cukup, bukan berarti bawa uang pas-pasan!

3. Cari Info Produk Promo dan Diskon
Indomaret atau Alfamart sama-sama telah menerbitkan aplikasi yang bisa kita install di ponsel. Semua informasi yang disajikan di aplikasi sangat beragam, termasuk di dalamnya informasi mengenai berbagai promo menarik. 

Nah daripada Anda ketinggalan informasi promo dan diskon, coba untuk install aplikasinya di ponsel dan pantau terus, karena dengan demikian Anda jadi lebih mudah untuk mendapatkan produk dengan harga lebih murah.

4. Jangan Malu Bertanya ke Kasir
Selain melalui aplikasi, agar lebih yakin seratus persen, Anda juga bisa bertanya ke kasir secara langsung mengenai diskon apa saja yang sedang berlangsung. Jangan sungkan untuk bertanya, siapa tahu saja Anda bisa membeli produk yang Anda inginkan dengan harga yang jauh lebih murah.

5. Catat Tanggal Promo
Maksudnya, ketika sedang ada promo, sementara Anda tidak membawa uang lebih untuk membeli produk tersebut, sebaiknya catat sampai kapan promo tersebut berlangsung, agar Anda bisa membelinya nanti sebelum promo selesai.

6. Bandingkan Harga
Tidak ada salahnya jika Anda membandingkan harga barang dari satu minimarket dengan minimarket lainnya atau bisa dengan harga barang di warung. Setelah itu Anda bisa memutuskan untuk berbelanja di tempat yang menawarkan harga yang jauh lebih murah.

7. Manfaatkan Promo Buy 1 Get 1
Biasanya di Indomaret atau Alfamart ada promo beli satu gratis satu. Nah ini kesempatan bagi Anda jika ingin belanja hemat. Namun pastikan produk yang sedang ada promo adalah produk yang memang ingin dibeli. Namun jika tidak, Anda bisa mempertimbangkannya kembali, apakah ingin membelinya atau tidak.

8. Manfaatkan Bazaar
Anda bisa memanfaatkan momen seperti bazaar yang diadakan oleh Indomaret ataupun Alfamart. Biasanya produk bazaar akan dipajang di depan toko untuk menarik lebih banyak pembeli. Biasanya harga yang ditawarkan lebih murah.

9. Tinggalkan Kartu ATM di Rumah
Agar belanja tidak boros, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk tidak membawa kartu ATM saat Anda belanja ke Indomaret atau Alfamart. Kecuali Anda memang ingin bertransaksi dengan kartu ATM tersebut, namun tetap menerapkan tips belanja hemat.

10. Buat Komitmen
Trik belanja hemat yang terakhir adalah berkomitmen dalam diri Anda, untuk selalu berusaha hidup hemat dan mencoba menerapkan trik-trik di atas ketika ingin belanja ke Indomaret atau Alfamart maupun supermarket lainnya.

Trik cara belanja hemat di Indomaret dan Alfamart yang Blogmashendra tulis di atas bisa berlaku bagi siapa saja. Mulai dari ibu-ibu rumah tangga, bapak-bapak, karyawan yang sedang tanggung bulan, pemburu diskonan (discount hunter), mahasiswa, anak sekolahan bahkan hingga anak kost.

Semoga bermanfaat.

2 comments for "Cara Belanja Hemat di Indomaret dan Alfamart. Anak Kost Wajib Tahu!"

  1. Saya kalau belanja bulanan pasti ke alfamart mas. Soalnya sering ada diskon + promo menarik.
    Belanja bulanan jauh lebih murah.
    Apalagi banyak barang yang dijual dengan harga 60 persen dari awal.
    Waduh, senang sekali saya mas hendra...
    😂

    ReplyDelete
  2. @De Eka SAS : Kalau saya mana yang paling sering ada promo, hehehe

    ReplyDelete

Berlangganan via Email