Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mari Mengenal Jenis Jangkar Kapal dan Fungsinya di Sini

Jenis Jangkar Kapal Laut

Jangkar kapal merupakan alat yang digunakan untuk penambat kapal ke dasar perairan. Dengan menggunakan jangkar kapal tentu saja bisa membuat kapal akan tidak bergerak walaupun terkena angin yang kencang, arus air atau gelombang yang besar.

Penggunaan jangkar kapal ini harus dilengkapi dengan menggunakan rantai atau tali yang digunakan untuk menghubungkan antara jangkar kapal dengan kapal saat diturunkan ke dasar perairan. Jangkar kapal biasanya dibuat dari bahan besi cor, di mana besi cor merupakan material yang mempunyai sifat yang kuat dan bobot yang sangat berat, sehingga bisa kuat untuk menahan kapal agar tidak bergerak saat di atas air walaupun terkena terpaan angin yang kencang sekalipun.

Bicara soal jangkar pada kapal, perlu Anda ketahui jika jangkar kapal ini terdiri dari beberapa jenisnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada Anda informasi mengenai jenis-jenis jangkar pada kapal dan juga fungsi jangkar pada kapal laut yang mungkin saja belum Anda ketahui.

Jenis Jangkar Pada Kapal dan Fungsinya
Jangkar kapal merupakan alat yang digunakan untuk menghambat kapal agar tidak bergerak ketika sedang parkir di perairan, entah itu di laut, sungai atau perairan lainnya. Dengan menggunakan jangkar kapal, tentu saja kapal bisa aman dan tidak bergerak walaupun terkena terpaan angin yang kencang, terkena goncangan ombak yang besar sekalipun. Namun perlu Anda ketahui jika jangkar kapal ini terbagi dalam beberapa jenis-jenis yang harus Anda ketahui. Berikut adalah beberapa jenis jangkar kapal :

1. Stockless Anchor
Jenis jangkar kapal yang pertama adalah stockless anchor atau juga sering dikenal dengan nama jangkar haluan. Jangkar haluan ini merupakan jangkar utama yang sering dipakai untuk menahan kapal yang sedang berlayar karena kemampuan dari jangkar kapal ini bisa menahan kapal di dasar laut.

Stockless Anchor
Image : en.wikipedia.org

Sebagaimana fungsi jangkar pada kapal laut, jangkar haluan ini selalu siap terpasang pada bagian lambung kiri dan juga kanan haluan kapal untuk menahan kapal agar tidak bergerak walaupun terkena terpaan angin yang kencang atau ombak yang sangat besar.

Biasanya kapal memiliki jangkar haluan cadangan yang siap juga digunakan ketika jangkar haluan utama hilang atau tidak bisa digunakan. Biasanya penempatan dari jangkar haluan cadangan ini berada di bagian muka dekat dengan haluan, hal ini supaya selalu siap jika diperlukan atau jika jangkar haluan utama hilang.

Jangkar haluan ini banyak dipakai untuk kapal dengan ukuran yang besar. Hal ini karena jangkar jenis ini mempunyai tiang jangkar yang bisa bergerak. Jangkar kapal jenis ini juga bisa dengan efektif bekerja saat jangkar diturunkan, maka pada bagian lengan bisa bergerak ke bawah, karena terdapat engsel di bagian mahkota jangkar.

2. Danforth Stock Anchor
Berikutnya ada danforth stock anchor yang merupakan jangkar yang memiliki daya cengkram lebih kuat jika dibandingkan dengan jangkar haluan atau stockless anchor. Namun karena memiliki tongkat jangkar, maka kedua tangan jangkar tidak bisa menancap ke dasar laut.

Danforth Stock Anchor
Image : aceboater.com

Selain itu tiang jangkar juga tidak bisa langsung masuk ke dalam hawse pipe atau ulup jangkar pada kapal. Jenis jangkar danforth stock anchor ini biasanya dipakai pada kapal jenis khusus yang memiliki ukuran panjang kapal hingga 100 kaki.

Sama seperti kebanyakan fungsi jangkar pada kapal laut, jangkar ini juga bisa digunakan untuk menahan kapal agar tidak bergerak ketika sedang berada di atas air. Namun tentu saja jangkar kapal jenis ini mampu jauh lebih bisa diandalkan daripada jangkar haluan.

3. Mushroom Anchor
Jenis jangkar yang terakhir adalah mushroom anchor. Di mana jenis jangkar yang satu ini hanya digunakan pada kapal-kapal tertentu yang banyak digunakan pada daerah perairan yang mempunyai dasar berlumpur. Hal ini karena jangkar kapal ini memiliki bentuk yang sama seperti mangkuk, sehingga bisa bekerja dengan lebih baik jika digunakan pada daerah yang berlumpur.

Mushroom Anchor
Image : en.wiktionary.org

Jangkar jenis ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan juga memiliki berat 1/6 kali jangkar haluan. Fungsi jangkar pada kapal ini adalah untuk digunakan pada daerah yang berlumpur dasar lautnya.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mari Mengenal Jenis Jangkar Kapal dan Fungsinya di Sini"

Berlangganan via Email